Halaman Depan / Pertanian / Cara Menyemai Bibit Hidroponik Dengan 4 Media Yang Berbeda

Cara Menyemai Bibit Hidroponik Dengan 4 Media Yang Berbeda

Hidroponik merupakan salah satu trobosan baru cara bercocok tanam yang saat ini banyak digemari oleh para pencinta tanaman. Hal ini karena budidaya hidroponik memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan cara   budidaya tanaman pada umumnya. Salah satu keunggulan yang dimiliki hidroponik adalah cara menyemai bibit hidroponik unik dan hasilnya lebih cepat serta sangat mudah untuk diaplikasikan.

Pada prinsipnya, cara menyemai bibit hidroponik hampir sama dengan cara konvensional, yang berbeda adalah teknik cara menyemai bibit hidroponik itu dilakukan, seperti pada teknik hidroponik penyemaian selalu dengan tetap menjaga kebersihan atau tidak kotor, bibit tumbuh dengan cepat, memiliki pertumbuhan yang seragam dan cara menyemai hidroponik dapat dilakukan pada berbagai jenis media tanam.

Teknik Cara Menyemai Bibit Hidroponik image
Teknik Cara Menyemai Bibit Hidroponik

Media tanam sendiri merupakan bahan yang digunakan sebagai media tumbuh tanaman seperti halnya tanah. Namun dalam budidaya hidroponik Anda tidak akan menggunakan media tanah, tetapi media-media tanam lainya. Sehingga pemilihan media tanam harus Anda lakukan secara tepat. (Baca Artikel terkait : Jenis jenis Media tanam hidroponik Sederhana). Karena hal ini akan berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman secara langsung.

Pada materi kali ini kami akan membahas secara sepesifik bagaimana cara penyemaian bibit hidroponik dengan 4 media yang berbeda, nah bagaimana carannya? Berikut akan kami bahas secara lengkap mengenai cara jitu cara menyemai bibit hidroponik secara baik dan benar.

1. Cara menyemai bibit hidroponik dengan media rockwool

Rockwool merupakan salah satu media tanam ramah lingkungan, media ini terbuat dari bahan dasar batu yang diproses melaluli pembakaran dengan suhu 1600 derajad C. Cara menyemai bibit hidroponik menggunakan media rockwool sangatlah mudah Anda hanya perlu menyiapkan alat dan bahan sebagai berikut:

  1. Pisau yang tajam atau gergaji
  2. Rockwool
  3. Benih tanaman
  4. Tusuk gigi
  5. Plastik
  6. Penampan atau tray semai

Setelah semua bahan sudah terkumpul, langkah pertama cara menyemai bibit hidroponik, Anda bisa langsung potong rockwool dengan jumlah dan ukuran yang sudah anda sesuaikan. Potong rockwool dengan diameter 2 x 2 cm menyerupai dadu, atau anda bisa sesuaikan potongan dengan ukuran netpot sebagai penyangga tanaman. Langkah kedua masukan setiap potongan rockwool kedalam nampan yang biasa disebut tray semai. Kemudian basahi rockwool lalu tiriskan agar tidak ada genangan air yang menggenang di tray semai, lubangi sampai kedalaman 1-2 cm dengan menggunakan tusuk gigi, untuk setiap potongan anda cukup melubangi satu kali agar hasilnya lebih efektif.

cara menyemai bibit hidroponik dengan media rockwoll image
cara menyemai bibit hidroponik dengan media rockwoll

Langkah selanjutnya cara menyemai bibit hidroponik yaitu masukkan benih yang sudah di siapakan kedalam lubang dengan menggunakan tusuk gigi, masukkan benih satu persatu sampai semua potongan rockwool terisi semua. Setelah semua terisi tutup benih menggunakan plastik, simpan ditempat yang gelap dan lembab.

Setelah bibit berumur 2 hari atau sudah berkecambah lakukan penjemuran hingga bibit berdaun 4 atau di sebut sebagai daun sejati.   Dalam perawatan bibit penyiraman dilakukan minimal satu hari 2 kali agar tanaman tidak kekeringan pada saat di jemur. Setelah benih ber daun 4 langkah selanjutnya yaitu pindah tanam ke instalasi yang sudah Anda siapkan.

2. Cara menyemai bibit hidroponik dengan media sekam bakar

Media arang sekam sangat popular dikalangan para petani hidroponik terutama pada kelas hobi, hanya saja dengan menggunakan media sekam baka Anda akan bekerja 2 kali, setelah bibit tumbuh 4 daun, Anda masih harus memindah bibit kedalam instalasi secara hati-hati. Bagaimana cara penyemaian bibit hidroponik dilakukan dan apa saja yang harus disiapkan:

  1. Sekam bakar
  2. Baki/nampan plastik
  3. Air bersih dengan pH netral
  4. Benih

Cara menyemai bibit hidroponik dengan media sekam yaitu langkah pertama taburkan arang sekam ke dalam nampan plastik secara teratur dan merata dengan ketebalan    1-2 cm. kemudian tebar benih dengan jarak tebar ½ cm atau anda bisa membuat lubang terlebih dahulu. Setelah bibit tersebar merata beri taburan sekam kembali untuk menutupi benih, dengan ketebalan ½ sampai 1 cm diatas benih yang di tebar.

Penyemaian dengan media sekam bakar image
Penyemaian dengan media sekam bakar

Kemudian basahi media dengan menggunakan air sampai media arang sekam terlihat lembab. Simpan ditempat yang lembab dan gelap, setelah muncul kecambah pada benih, tugas anda selanjutnya yaitu menjemur benih dan menggontrol kelembapan media, sampai benih siap dipindahkan ke dalam instalasi.

3. Cara menyemai bibit hidroponik dengan media pasir

Teknik cara menyemai bibit hidroponik dengan media pasir cukuplah mudah dan hasilnya juga cukup bagus, karna pasir memiliki lubang pori-pori yang banyak sehingga banyak menghasilkan oksigen yang sangat di butuhkan oleh benih sebagai perangsang pertumbuhan. Berikut kami jelaskan bagaimana caranya.

  1. Pasir
  2. Tray semai
  3. Air
  4. Benih
  5. Plastik sebagai penutup tray semai

Cara menyemai bibit hidroponik yaitu pertama siapkan tray semai isi lubang tray semai dengan pasir yang sudah di basahi, setelah semua tray semai penuh dengan pasir masukan benih pada masing-masing lubang tray semai, selain benih kangkung dan bayam isi masing-masing lubang dengan satu biji tanaman. Jika biji sudah masuk semua siram menggunakan air bersih secara merata.

Penyemaian dengan media pasir image
Penyemaian dengan media pasir

Kemudian tutup tray semai yang sudah berisi benih dengan menggunakan plastik dan simpan sampai benih berkecambah. Biasanya benih akan berkecambah pada usia 2 hari. Jika benih sudah berkecambah langsung kenakan sinar matahari dan jaga kelembapan media sampai benih siap pindah tanam, demikian cara menyemai bibit hidroponik dengan menggunakan media pasir mudah bukan, Anda perlu mencobanya di rumah.

4. Cara meyemai bibit hidroponik dengan media kain flannel

Kain flannel yang biasanya digunakan untuk sumbu pada sistem DFT atau sistem wicksistem ternyata bisa dimanfaatkan sebagai media semai. Nah bagaimana cara semai bibit hidroponik dengan menggunakan kain flannel sebagai mediannya.

Langkah cara menyemai bibit hidroponik dengan kain flanel yaitu pertama siapkan kain flanel dengan ukuran 30 x 30 cm, benih, air hangat, wadah semai, rockwool, dan nampan plastik. Sebelum memulai menyemai yang harus Anda ketahui cara menyemai bibit hidroponik dengan media ini hanya untuk digunakan pada tanaman biji keras yang lama berkecambah seperti, benih cabe, tomat, sledri dan benih biji keras lainnya. Kemudian Setelah semua bahan siap, lakupakan perendaman benih terlebih dahulu dengan menggunakan air hanggat semala 30 menit, tergantung benih dengan tingkat kekerasannya semakin keras semakin lama dalam perendaman.

Penyemaian dengan media flanel image
Penyemaian dengan media flanel

Setelah benih di rendam tebar benih di kain flannel yang sudah di basahi dengan air dingin, tebar benih di bagian tengah, kemudian lipat bagin pingir kiri dan kanan kain flanel, simpan di tempat yang lembab dan jauh dari jangkauan sinar matahari.

Setelah benih mulai berkecambah siapkan rockwoll yang sudah di potong membentuk dadu dengan ukuran 2 x 2 cm. lubangi sampai kedalaman 1 cm dengan menggunakan tusuk gigi, masukkan benih yang sudah berkecambah ke dalam lubang, pastikan penempatan benih tidak tebalik. Jika semua benih sudah dipindah dalam rockwool kenakan ke sinar matahari langsung dan jaga kelembapan rockwool sampai benih ber daun sejati.

Demikian materi cara menyemai bibit hidroponik dengan menggunakan 4 macam media, selamat mencoba.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara menanam dengan hidroponik

Cara Menanam Dengan Hidroponik Pada Tanaman Semangka

Cara menanam dengan hidroponik – Tanaman semangka merupakan tanaman buah buahan yang sudah sangat populer …

Satu komentar

  1. Good info, terimakasih infoagribisnis, informasi ini udah saya cari cari, akhirnya nemu juga

Cara Menyemai Bibit Hidroponik Dengan 4 Media Yang Berbeda


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Menyemai Bibit Hidroponik Dengan 4 Media Yang Berbeda