Halaman Depan / Pertanian / 7 Langkah Cara Menanam Cabe Hidroponik Baca Di Sini

7 Langkah Cara Menanam Cabe Hidroponik Baca Di Sini

Cara menanam cabe hidroponik- Anda tentu sudah tahu tentang tanaman cabe. Tanaman satu ini memang sudah dikenal di seluruh penjuru dunia khususnya di Indonesia, karena pada umumnya tanaman cabe hampir setiap hari Anda kelola untuk dikonsumsi. Tanaman hasil pertanian yang satu ini sering mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi pada musim – musim tertentu.

Sudah banyak petani yang membudidayakan cabe untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya dan sisannya dijual untuk menambah pendapatan keluarga. Cara tanam tanaman cabe yang digunakan biasaya masih menggunakan cara konvensional. Bagaimana jika Anda menanam cabe dengan cara hidroponik?. Cara menanam cabe hidroponik merupakan salah satu terobosan terbaru yang saat ini banyak digemari oleh masyarakat.

artikel hidroponik lainnya: Menanam Dengan Cara Hidroponik Yang Menguntungkan

Cara menanam cabe hidroponik biasanya dilakukan oleh masyarakat yang berada di kota-kota besar dimana masyarakat perkotaan memiliki kesibukan serta tidak memiliki lahan yang cukup untuk bercocok tanam. Menanam hidroponik cabe ini sangat cocok bagi Anda yang hobi bercocok tanam tapi tidak memiliki waktu yang luang serta lahan yang Anda miliki sangat terbatas.

Perlu Anda ketahui, bahwa cara menanam cabe hidroponik tidak memanfaatkan atau menggunakan tanah. Anda juga tidak perlu menyirami tanaman setiap harinya. Bagaimana menurut Anda tentang cara menanam cabe hidroponik? Apakah Anda tertarik membuat hidroponik cabe sederhana? Berikut adalah tahapan cara menanam cabe hidroponik yang dapat Anda praktekkan di rumah.

Cara Menanam Cabe Hidroponik Sebagai Berikut :

Menyiapkan bibit cabe

Pada prinsipnya, untuk memulai menanam cabe hidroponik Anda harus menyiapkan bibit tanaman cabe. Anda dapat memilih bibit cabe yang berkualitas dengan cara melakukan perendaman menggunakan air hangat. Bibit cabe yang tenggelam adalah merupakan bibit cabe yang berkualitas baik dan layak untuk dibudidayakan, sedangkan bibit cabe yang mengapung ataupun mengambang berarti itu adalah bibit cabe yang tidak berkualitas dan dapat Anda buang karena tidak layak untuk ditanam.

cara menanam cabe hidroponik
Cara menanam cabe hidroponik pembibitan

Menyiapkan wadah pot/ember

Untuk langkah selanjutnya cara menanam cabe hidroponik, Anda dapat menggunakan sistem sumbu. Dimana Anda harus menyiapkan wadah berupa 2 buah ember atau pot. Untuk pot pertama akan Anda gunakan sebagai wadah larutan nutrisi sedangkan wadah yang kedua dapat Anda gunakan sebagai tanaman cabenya.

Menyiapkan media tanam

Selanjutnya dalam cara menanam cabe hidroponik, Anda harus menggunakan media tanaman berupa cocopeat serta arang sekam dengan menggunakan skala perbandingan 1:1. Setelah itu Anda dapat mengaduknya secara merata. Kemudian media tanam yang sudah Anda campur dengan merata di masukkan kedalam wadah atau pot yang sudah Anda siapkan. Langkah selanjutnya dalam hidroponik cabe sederhana adalah bibit yang sudah Anda semai pindahkan kedalam pot.

Menyiapkan larutan nutrisi hidroponik

Setiap tanaman tentunya membutuhkan pupuk yang akan menjadi sumber nutrisinya. Dalam cara menanam cabe hidroponik Anda bisa menggunakan nutrisi yang disebut AB mix. Dimana formula A dan formula B di campurkan ke dalam air kemudian diaduk sampai merata. Setiap nutrisi AB mix yang dijual di pasar memiliki spesifikasi yang berbeda – beda. Sehingga Anda harus memperhatikan jenis nutrisi yang akan Anda gunakan untuk tanaman hidroponik Anda. Nutrisi AB mix yang cocok untuk Anda gunakan pada cabe hidroponik adalah nutrisi AB mix jenis sayuran buah.

Memberikan nutrisi tanaman cabe hidroponik

Pada awal pindah tanam nutrisi A dan B Anda campurkan pada 1 liter air hingga mencapai 600-700 ppm. Campurkan secara merata. Setelah itu, larutan nutrisi Anda masukkan ke dalam wadah yang telah disediakan. Langkah selanjutnya, pot yang berisi tanaman ditumpuk di atas ember yang berisi nutrisi AB mix. Anda harus memastikan bahwa akar tanaman cabe menyentuh bagian permukaan air. Setelah 10 hari pindah tanam pada tanaman cabe hidroponik, Anda harus menaikkan tingkat kadar nutrisi hingga mencapai 1260-1540 ppm.

Pengendalian hama

Serangan hama yang biasanya terjadi pada tanaman cabe hidroponik diantaranya adalah busuk buah, ulat, kutu, serta bercak. Anda tidak perlu khawatir dan risau dengan serangan hama tersebut. Anda dapat memberikan pestisida pada cabe hidroponik Anda. Jika tanaman cabe Anda sudah mencapai fase generatif, Anda dapat menyemprotnya menggunakan pupuk buah. Banyak jenis pupuk buah yang bisa Anda dapatkan di toko pertanian, seperti POC Nasa, gandasil A/B, bayfolan, growmore, serta supergrow.

Panen cabe hidroponik

Panen dapat Anda lakukan setelah umur cabe hidroponik Anda sudah mencapai umur 80-90 HST (hari setelah tanam). Jika Anda melihat secara fisik, buah cabe yang sudah berwarna merah menandakan siap untuk Anda panen.

cara menanam cabe hidroponik
Sistem sumbu cara menanam cabe hidroponik

Jika Anda membandingkan sistem budidaya cabe secara konvensional tentu cara konvensional tergolong lebih sulit, cara menanam cabe hidroponik akan membantu Anda dari segi perawatan yang sangat mudah hingga kualitas cabe hidroponik yang akan Anda dapatkan akan sangat berkualitas. Jika Anda tertarik untuk skala bisnis untuk cabe hidroponik, maka lebih baik Anda memahami terlebih dahulu prinsip-prinsip dasar tentang cara menanam cabe hidroponik yang baik dan benar. Selamat mencoba cara hidroponik cabe ini.

artikel hidroponik: Membuat Media Tanam Hidroponik Untuk Tanaman Semangka

sumber gambar: cocoktanamyuk, aku, greenwordkita

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

kelebihan pupuk organik

Inilah 7 Kelebihan Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Kimia

Kelebihan pupuk organik – Salah satu komponen yang terpenting di dalam bidang pertanian adalah pupuk. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *