Halaman Depan / Pertanian / Tips Jitu Cara Bikin Tanaman Hidroponik Tomat Tidak Busuk & Retak

Tips Jitu Cara Bikin Tanaman Hidroponik Tomat Tidak Busuk & Retak

Belajar cara bikin tanaman hidroponik buah Tomat agar terhidar dari busuk dan retak dari praktisi hidroponik langsung akan kami kupas secara lengkap pada pembahasan kali ini . Masih teringat betul dibenak Sapto Prayitno seorang petani hidroponik di Yogyakarta pada Agustus 2013. Pada saat itu lagi musim hujan, langit selalu mendung dan intensitas sinar matahari rendah. Hasil panen buah tomat yang dihasilkan mengalami kegagalan sebesar 15% dari 1200 buah. Buah tersebut mengalami kebusukan pada bagian ujung buah alias blossom end rot (BER). Busuk ujung buah menyebabkan kerusakan fisiologis buah pada saat buah berukuran bola bekel.

Tips cara bikin tanaman hidroponik tomat terhidar dari busuk dan retak image
Tips cara bikin tanaman hidroponik tomat terhidar dari busuk dan retak

Pembusukan dan masalah keretakan pada buah memang menjadi permasalahan serius bagi para petani hidroponik, bagaimana tidak, buah yang seharusnya dapat menghasilkan keuntungan ternyata tidak dapat dijual sama sekali. Buah tomat yang mengalami kebusukan memiliki gejala serangan berwarna hitam pada bagian bawah buah tomat, lambat laun buah mengalami kebusukan pada bagian ujung dan pertumbuhan tanaman berhenti, “tutur petani hidrponik dengan teknik nutrient film technique (NFT) sejak 2005 itu”.

A. Cara Bikin Tanaman Hidroponik Tomat Agar Buah Tidak Busuk

Ir Yos Sutiyoso seorang pakar pupuk hidroponik di Jakarta menuturkan “pembusukan  terjadi disebabkan kekurangan asupan kalsium“. Asupan kalsium yang kurang, disebabkan oleh intensitas matahari sehingga Solanum Lycopersicum tidak maksimal menyerap kalsium.

Menurut Profesor Marry M Peet dari Departemen Hortikultura, North Carolina State University, kalsium berfungsi untuk pembentukan dinding sel saat pembentukan buah. Seperti dinukil “Practical Hydroponics & greenhouse” peet mengungkapan saat dinding sel lemah, buah tomat mudah terserang blossom end rot. “Kalsium membuat buah menjadi keras sehingga tak mudah terserang BER”. Tutur pakar pupuk dan hidroponik di Jakart, Ir Yos Sutiyoso.

Baca Juga : Tips Mudah Cara Menanam Hidroponik Di Rumah

Cara bikin tanaman hidroponik pada tomat agar terhindar dari busuk ujung  buah, sangat disarankan untuk memperhatikan asupan pupuk mikro pada tanaman, tutur Yos. Anjuran pemakaian pupuk yang disarankan oleh Yos adalah dengan dosis pupuk kalsium paling rendah, yakni 130 ppm, sedangan yang ideal sebesar 160 ppm. Pada saat musim hujan sebaiknya dosis pupuk campuran AB mencapai 160 ppm, kalium 300 ppm, magnesium 60-80 ppm dan fosfat 60 ppm. Sementara ammonium justru dikurangi karena membuat klorofil encer yang menyebabkan kekuatan menyerap kalsium berkurang.

Kekurangan kalsium membuat buah tomat busuk image
Kekurangan kalsium membuat buah tomat busuk

Kekurangan kalsium juga dapat disebabkan oleh transpirasi tinggi. Penguapan berlebih mengakibatkan cadangan air di daun sedikit. Padahal, pengangkutan kalsium ke jaringan tanaman membutuhkan air. Untuk itu, cara bikin tanaman hidroponik pada tomat agar tidak mengalami kebusukan pada ujung buah sebaiknya petani hidroponik selalu mencukupi kebutuhan air agar tanaman tidak kekurangan kalsium. Menurut Peet kandungan kalsium yang ideal di daun Antara 2 – 4%.

Belajar dari pengalaman pahit itu akhirnya pada musim tanam berikutnya Sapto memperhatikan secara detail asupan kalsium tanaman tomat hidroponiknya. Sapto menjaga kadar pH kalsium yaitu dengan kadar 5,5 – 6,5 atau pH standar. Menurut sapto pH yang terlalu tinggi atau rendah menyulitkan tanaman untuk menyerap kalsium. Selain itu, ia menjaga electro conductivity (EC) tak lebih dari 3 agar proses penyerapan pupuk lancar.

Selain itu cara bikin tanaman hidroponik pada tomat agar tidak busuk dan patah adalah dengan memilih benih dengan varietas yang lebih unggul, Sapto juga mengganti varietas tomat dengan yang lebih bagus (tahan busuk ujung buah). Adapun varietas tomat yang tahan busuk adalah vernal, permata dan amara. Sejak saat itu, tanaman tomat Sapto terhindar dari gangguan fisiologi busuk ujung buah dan tak pernah lagi menyambangi kebun hidropoinik miliknya.

B. Cara Bikin Tanaman Hidroponik Tomat Agar Buah Tidak Retak

Selain busuk ujung buah yang sering terjadi pada tanaman tomat adalah buah retak sebelum panen. Buah retak tidak akan laku terjual dipasaran. Buah retak hanya bisa dimanfaatkan untuk konsumsi pribadi. Buah tomat yang retak biasanya dijadikan untuk bahan jus. Hal yang paling umum terjadi adalah keretakan buah tomat pada saat sebelum dan pas panen. Angka rata-rata retak buah yang dialami petani hidroponik dengan angka rata-rata 10% dari hasil panen. Tentunya, angka ini cukup tinggi dan merugikan para petani hidroponik. Sebaiknya Anda harus mengetahui cara bikin tanaman hidroponik pada tomat agar tidak retak saat panen.

Kebanyakan para petani tidak mengetahui penyebab terjadinya keretakan buah tomat. Terus bagaimana cara bikin tanaman hidroponik pada tomat agar tidak mudah retak? Berikut paparan yang disampaikan oleh ahli hidroponik. Menurut Yos sebagai ahli hidroponik, sebenarnya kuncinya sederhana, “kebutuhan air pada tanaman tidak boleh berlebihan dan kekurangan, ucap Yos”. Pada saat tanaman kekurangan air atau dehidrasi lalu diberi air yang berlebihan, sementara kelembapan kalsium tanaman minim, maka kulit tomat mudah pecah. Saat itulah terjadi cracking atau retak.

buah tomat tidak boleh kelebihan atau kekurangan air agar tidak retak image
buah tomat tidak boleh kelebihan atau kekurangan air agar tidak retak

Cara bikin tanaman hidroponik pada tomat agar buah tidak retak adalah dengan memperhatikan kekurangan air yang disebabkan oleh electro conductivity (EC) yang terlalu tinggi. EC adalah kemampuan untuk menghantarkan ion-ion listrik yang terkandung di dalam larutan nutrisi ke akar tanaman. “EC yang terlalu tinggi membuat larutan menjadi sangat kental sehingga penyerapan air hanya sedikit”, ujar Yos. Untuk EC pada tomat, ia membatasi di angka 4,5.

Artikel Terkait Bisnis : Membangun Usaha Budidaya Tomat & Analisis Bisnis Lengkap

Selain itu, hal yang harus juga Anda perhatikan terkait cara bikin tanaman hidroponik agar mendapatkan buah yang berkualitas, kelebaban lingkungan tanaman harus pula dijaga dengan baik. Angka kelembapan relative harian relative humidity (RH). Menurut Yos kelembapan yang sesuai adalah 50%. Kelembapan harus selalu dikontrol, kata Yos. Pada saat RH sudah diangka 52% sebaiknya petani harus waspada. Untuk meningkatkan kelembapan petani harus menyiram lantai greenhouse. Dengan mengontrol air dan kondisi lingkungan buah retak dapat diatasi dengan mudah.

Itu lah sedikit informasi cara bikin tanaman hidroponik pada buah tomat agar tidak busuk ujung buah dan retak menurut ahli pupuk dan hidroponik dan pelaku tanaman hidroponik. Anda dapat mengaplikasikannya. Semoga informasi ini bermanfaat buat Anda dan selamat mencoba, semoga sukses.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

budidaya tanaman lada

Sejahtera Karena Budidaya Tanaman Lada Di lahan Sempit

Budidaya tanaman lada tidak selamanya memerlukan lahan yang luas. Romli telah membuktikannya. Dengan menggunakan lahan …

Satu komentar

  1. Terima kasih informasinya, kalau cara menanam bunga euphorbia di sekitar rumah bagaimana ya?

Cara Bikin Tanaman Hidroponik Tomat Tidak Busuk & Retak


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Bikin Tanaman Hidroponik Tomat Tidak Busuk & Retak