Halaman Depan / Pertanian / Ulasan Cara Bercocok Tanam Hidroponik Tanaman Tomat

Ulasan Cara Bercocok Tanam Hidroponik Tanaman Tomat

Cara bercocok tanam hidroponik – Tomat atau tanaman yang memiliki nama latin Solanum Lycopersicum ; Lycopersicum Estulentum merupakan tanaman yang tergolong keluarga Solanaceae, tanaman ini adalah tumbuhan yang berasal dari Amerika Tengah serta Amerika Selatan, yaitu dari Meksiko hingga Peru.

Tomat juga tergolong tanaman yang memiliki usia yang relatif singkat, ketinggian pohonnya berkisar 1 – 3 meter. Jenis tanaman ini mempunyai buah yang warnanya hijau ketika masih muda, serta kuning dan merah ketika sudah matang. Biasanya ibu rumah tangga menjadikan tanaman ini sebagai sayur pada masakannya, atau dapat juga Anda konsumsi secara langsung tanpa dimasak terlebih dahulu. Tomat memiliki batang serta daun yang tidak dapat Anda konsumsi, karena tanaman ini masih satu keluarga dengan kentang serta terong yang memiliki kandungan Alkaloid.

Cara Bercocok Tanam Hidroponik
Cara Bercocok Tanam Hidroponik Tanaman Tomat

Cara Bercocok Tanam Hidroponik Tomat 

Menanam tomat dengan cara hidroponik terbilang gampang dan murah. Yang terpenting dari berkebun tomat dengan hidroponik yaitu kemauan untuk belajar serta praktek langsung. Pada pembahasan ini, Anda akan diberi ilmu tentang cara bercocok tanam hidroponik menggunakan tanaman tomat hidroponik dan memanfaatkan lahan terbatas atau sempit.

artikel terkait: Menanam Dengan Cara Hidroponik Sangatlah Menguntungkan

Memilih benih tomat

Langkah awal cara bercocok tanam hidroponik yang dapat Anda lakukan yaitu memilih benih tomat dengan kualitas tinggi. Cara sederhananya yaitu Anda dapat membeli benih kemasan di internet ataupun toko pertanian terdekat. Belilah benih yang keunggulannya sudah teruji serta tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

Menyemai benih tomat

Dalam penyemaian biji atau benih tanaman tomat hidroponik, Anda harus menggunakan rockwool sebagai media semai hidroponik, hal ini akan memudahkan Anda pada saat pindah tanam nantinya. Langkah selanjutnya adalah Anda harus mengiris rockwool atau memotong rockwool hingga seperti dadu kecil. Setelah itu, potongan rockwool Anda rendam di air yang sudah diberi nutrisi. Setelah itu Anda dapat menyelipkan benih tomat kedalam rockwool. Setiap 1 potongan rockwool hanya diisi 1 benih tomat. Setelah itu, simpan potongan rockwool ditempat yang tidak terkena sinar matahari selama beberapa hari hingga tumbuh tunas. Setelah itu Anda dapat menempatkan rockwool yang terkena sinar matahari, hal ini berjalan hingga tumbuh 4 daun sejati. Setelah 4 daun sudah ada, barulah tanaman siap Anda pindahkan pada wadah hidroponik sederhana yang lebih besar.

Pindah tanam ke wadah yang lebih besar

Anda dapat memindahkan benih tanaman tomat hidroponik ke dalam pot atau vas bunga ataupun botol plastik. Hal tersebut bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan dari tanaman tomat Anda. Perhatikanlah bagian akar tanaman. Akar tanaman tidak boleh terbenam semua dan harus ada jarak antara akar tanaman dengan air nutrisi. Jarak tersebut merupakan tempat oksigen yang akan dibutuhkan tanaman.

Pembesaran dan nutrisi tanaman hidroponik

Agar dapat membesarkan tomat hidroponik, Anda dapat melakukan beberapa cara bercocok tanam hidroponik. Cara yang paling sederhana untuk Anda gunakan adalah wicky system atau lebih dikenal dengan sistem sumbu. Anda juga dapat menggunakan hidroton atau batu kerikil sebagai penahan batang tanaman.

Cara bercocok tanam dengan hidroponik pada saat ini peminatnya sangatlah besar. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya praktisi atau pakar – pakar hidroponik yang sering mengadakan pelatihan atau kursus untuk mengenalkan hidroponik pada kalangan luas. Hal ini juga didukung oleh ketertarikan masyarakat untuk belajar hidroponik yang baik dan benar.

Faktor lainnya cara bercocok tanam hidroponik cepat berkembang di Indonesia adalah mudahnya untuk mendapatkan peralatan hidroponik dengan harga yang murah. Petani hidroponik dengan taraf komersil juga semakin berkembang di Indonesia. Sehingga hal semacam inilah yang membuat penasaran di kalangan masyarakat dan membuat banyak yang ingin mencoba berkecimpung di dalamnya.

Untuk memulai cara bercocok tanam hidroponik sangatlah mudah. Jika Anda memang mempunyai kemauan yang besar maka segala sesuatunya pasti akan mudah dan bisa. Dalam belajar hidroponik sederhana Anda bisa mempelajarinya dengan otodidak. Sangat banyak sekali tutorial – tutorial cara mebrcocok tanam hidroponik yang bisa Anda jadikan panduan. Turioal tersebut bisa berbentuk buku, ebook ataupun media online lainnya yang menyediakan tema informasi tentang hidroponik.

Cara Bercocok Tanam Hidroponik
Cara Bercocok Tanam Hidroponik Tanaman Tomat Dengan Sistem Tetes

Demikian cara becocok tanam hidroponik dengan menggunakan tanaman tomat. Artikel hidroponik lainnya bisa Anda lihat pada halaman – halaman artikel kami lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang mencari cara bercocok tanam hidroponik tanaman tomat. Sekian dan terima kasih.

artikel hidroponik lainnya: 7 Langkah Ampuh Pemasaran Sayuran Hidroponik

 

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

fungisida organik

Langkah Mudah Cara Membuat Fungisida Organik – Baca Di sini

Fungisida organik – Bercocok tanam atau bertani saat ini telah menjadi lahan bisnis yang mempunyai …

Ulasan Cara Bercocok Tanam Hidroponik Tanaman Tomat


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ulasan Cara Bercocok Tanam Hidroponik Tanaman Tomat