Halaman Depan / Pertanian / 3 Kendala Pemasaran Produk Pertanian Yang Sering Anda Temui

3 Kendala Pemasaran Produk Pertanian Yang Sering Anda Temui

Pemasaran produk pertanian – Dalam menjalankan sebuah bisnis, peran pemasaran sangat strategis dalam mendukung kesuksesan usaha yang Anda jalankan. Tidak terkecuali dalam bisnis agribisnis. Anda sebagai petani membutuhkan beberapa strategi jitu sehingga hasil panen bisa laku keras di pasaran dengan harga yang cukup tinggi dan bisa menembus pasar nasional maupun pasar internasional.

Walaupun pada dasarnya strategi pemasaran produk pertanian tidak berbeda dengan cara pemasaran produk lainnya, akan tetapi masih banyak para petani yang masih disulitkan dengan beberapa kendala yang menghambat sistem pemasaran produknya. Sehingga sangat tidak mengherankan jika saat ini pemasaran produk pertanian belum semuanya bisa berjalan dengan maksimal dan masih mengalami kesulitan untuk menembus ketatnya persaingan di pasar luar negeri atau mancanegara.

pemasaran produk pertanian
Hasil penen kobis siap dipasarkan

Banyak sekali kendala yang dihadapi oleh para petani di Indonesia untuk memasarkan produk pertaniannya. Seperti apa saja kendala yang dihadapi oleh para petani di Indonesia? Berikut akan kami coba ulas permasalahan tersebut agar bisa menjadikan perhatian bagi Anda atau pun bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan Anda.

pemasaran produk jamur: Pemasaran Usaha Budidaya Jamur Dengan Media Online

Ketersedian Barang Yang Masih Bersifat Musiman

Sangat disayangkan selama ini para petani di Indonesia masih mengandalkan teknologi sederhana dalam usaha untuk mengembangkan produk pertaniannya. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi komoditas panen yang nantinya akan dihasilkan dan akhirnya persediaan barang akan bersifat musiman atau belum stabil untuk memenuhi permintaan pasar. Ketika panen raya terjadi maka stok barang akan menjadi sangat melimpah ruah dan mengakibatkan harga jualnya bisa terjun bebas dengan nilai yang sangat rendah. Sedangkan pada saat belum musimnya, ketersediaan barang akan sangat sulit dicari dan stoknya bisa sangat terbatas dan akan mengakibatkan harga jual yang ada akan melambung sangat tinggi.

Keberadaan produk yang kurang stabil inilah yang menjadi faktor atau menjadi salah satu kendala besar bagi para pelaku usaha untuk melakukan pemasaran produk pertanian. Akibat yang ditimbulkan adalah para petani belum bisa untuk memenuhi permintaan pasar ekspor secara berkelanjutan pada produk pertanian agribisnis.

Adanya Rantai Pemasaran Yang Panjang

Terkadang dengan panjangnya rantai pemasaran produk pertanian pada bidang agribisnis bisa menyebabkan biaya operasional akan menjadi sangat besar. Dengan biaya operasional yang membengkak tentunya akan mempengaruhi dari keuntungan yang akan didapat oleh para pelaku bisnis produk agribisnis ini. Dengan semakin banyaknya rantai atau perantara yang dilalui untuk sebuah pemasaran produk pertanian, maka mengakibatkan semakin kecilnya harga tawar dari produk tersebut.

Maka sangat wajar bila kadang harga yang ditawarkan oleh para tengkulak kepada para petani atau para pelaku bisnis terkadang sangat tidak sangat menguntungkan. Hal ini dikarenakan harga yang ditawarkan nilainya lebih rendah jika dibandingkan dengan harga jual normal yang ada di pasaran ( harga akhir yang berlaku dikalangan konsumen akhir ).

Minimnya Informasi Jaringan Pasar

Hingga saat ini masih banyak sekali para petani di daerah yang terpencil masih sangat minim dalam pengetahuan dan kemampuan dalam menganalisis pasar. Bahkan hampir sebagian dari petani tersebut belum bisa mendapatkan informasi tentang calon konsumen yang potensial itu seperti apa dan bagaimana cara mendapatkan konsumen potensial tersebut. Maka sangat tidak mengherankan bila pada saat ini banyak petani yang masih kebingungan dalam melakukan pemasaran produk pertanian. Akibat minimnya perencanaan untuk menjalankan usaha agribisnis serta masih kurangnya ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh para petani di Indonesia menyebabkan pemasaran produk pertanian di Indonesia masih belum sangat maksimal dan banyak ditemui hambatan ditengah jalan.

Untuk itu dibutuhkan solusi kerjasama antara dari pihak pemerintah ataupun swasta. Hingga nantinya kualitas pemasaran produk pertanian di Indonesia bisa menunjukkan peningkatan yang signifikan. Dengan adanya peningkatan yang signifikan diharapkan produk tersebut bisa memenuhi kebutuhan pasar yang diluar sana masih terbuka lebar.

pemasaran produk pertanian
Hasil dari produk pertanian di Indonesia

Demikian sedikit informasi yang bisa kami bagi tentang kendala pemasaran produk pertanian. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda pada pembaca dan semoga pula dapat memberikan semangat baru bagi Anda para pelaku dibidang usaha agribisnis sehingga mampu lebih melebarkan sayap hingga pasar internasional. Langkah kecil Anda akan menentukan seperti apa kesuksesan yang akan Anda dapatkan kedepannya. Terima kasih.

pemasaran hidroponik: 7 Langkah Ampuh Pemasaran Sayuran Hidroponik

sumber gambar: berdesa, merdeka

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

kelebihan pupuk organik

Inilah 7 Kelebihan Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Kimia

Kelebihan pupuk organik – Salah satu komponen yang terpenting di dalam bidang pertanian adalah pupuk. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *