Halaman Depan / Peluang Usaha / Datangkan Laba Besar Dari Bisnis Olahan Keripik Buah

Datangkan Laba Besar Dari Bisnis Olahan Keripik Buah

Olahan kripik – Sangat melimpahnya  potensi buah – buahan di Indonesia tidak hanya mampu memberikan vitamin dan nutrisi saja kepada Anda, akan tetapi bisa juga memberikan peluang bisnis yang sangat menjanjikan bagi Anda yang menjadi pelaku bisnis di dalamnya. Buah sering dipasarkan dengan kondisi yang segar, akan tetapi saat ini buah juga mulai diolah untuk dijadikan camilan unik berbentuk olahan keripik dengan cita rasa yang khas dan tekstur yang renyah.

bisnis keripik lainnya: Usaha Keripik Paru Keuntungan Besar

Pembuatan olahan keripik buah dalam prosesnya menggunakan buah yang segar dan berkualitas terbaik. Selain itu proses penggorengan menggunakan vacuum frying sehingga nutrisi yang terkandung dalam buah tidak mudah hilang. Bahan buah yang biasanya digunakan untuk membuat keripik adalah antara lain buah apel, nangka,melon, salak dan mangga. Setiap buah mempunyai proses pengolahan yang berbeda sehingga nantinya akan menghasilkan olahan keripik buah dengan cita rasa yang sempurna.

olahan keripik
Olahan keripik buah salak

Konsumen Olahan Keripik Buah

Keripik termasuk makanan ringan yang mempunyai banyak peminat. Berbagai macam jenis keripik yang sudah familiar di kalangan masyarakat adalah keripik singkong, keripik tempe, keripik buah dan keripik bayam. Peluang inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk dikembangkan dan mulai membidik kalangan masyarakat umum ini sebagai pangsa pasar yang potensial.  Cita rasa dari keripik buah yang khas ini bisa dinikmati oleh siapa saja, mulai dari anak – anak, remaja hingga orang tua pun sangat menggemari olahan keripik buah ini. Maka tak heran jika keripik buah ini menjadi camilan ringan yang paling banyak diincar dan tek heran pula pula jika olahan keripik buah bisa dijadikan alternatif oleh – oleh bagi para wisatawan yang berkunjung di daerah tertentu.

Informasi Bisnis Keripik Buah

Melihat permintaan pasar akan olahan keripik buah yang cukup besar. Maka usaha keripik buah ini adalah salah satu peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan. Bagi Anda yang tertarik untuk terjun dalam usaha keripik buah ini, berikut kami akan berikan beberapa tips yang harus Anda persiapkan, terutama untuk Anda para pemula yang ingin terjun ke dalam bisnis keripik buah ini.

  • Jika Anda ingin merintis bisnis keripik buah ini akan tetapi modal yang Anda miliki terbatas, maka Anda bisa memulainya dengan menjadi agen ataupun reseller sebuah produk keripik buah. Dengan menjadi agen, Anda tidak akan repot membeli alat dan perlengkapan produksi untuk pengolahan keripik. Usahakan untuk menyediakan sampel keripik untuk keperluan promosi Anda.
  • Untuk memudahkan dalam langkah bisnis, Anda bisa mempersiapkan katalog. Katalog berfungsi agar konsumen Anda tidak mengalami kesulitan pada saat akan memilih jenis produk yang telah Anda pasarkan. Katalog mempunyai peran yang sangat efektif untuk meyakinkan konsumen Anda. Buatlah desain katalog dengan semenarik mungkin sehingga konsumen tertarik untuk membeli produk olahan keripik buah Anda.
  • Pastikan Anda mempunyai stok persediaan keripik yang selalu terjaga. Hal ini sangat penting agar konsumen Anda tidak kecewa karena kehabisan keripik buah produk Anda. Tips penting jika Anda ingin menambah stok produk adalah perhitungkanlah hari apa biasanya produk Anda laku keras. Hal ini juga penting untuk Anda perhatikan agar tidak ada penumpukan produk yang berlebihan pada gudang produksi Anda.
  • Perluaslah jaringan pasar olahan keripik buah Anda. Dengan memperluas jaringan distribusi bisnis keripik buah Anda maka diharapkan akan mendatangkan omzet yang lebih besar setiap bulannya. Cara “klasik” yang bisa Anda gunakan untuk memperluas pasaran adalah dengan menitipkan produk keripik buah Anda ke beberapa toko – toko buah tangan, kantin, supermarket atau toko – toko ritel yang ada di daerah Anda. Hal ini akan membantu dalam memperkenalkan dan memperluas distribusi keripik buah Anda.

Keuntungan Usaha Keripik Buah

Dengan penggunaan vacuum frying pada proses pembuatan keripik buah, maka keripik yang dihasilkan mempunyai cita rasa yang lebih renyah dan sangat enak tanpa mengurangi dari kadar nutrisi yang terkandung dalam buah. Dengan menggunakan suhu rendah yang berkisar 85oC keripik tidak akan gosong atau pun berubah warna secara ekstrim. Keunggulan inilah yang menjadikan olahan keripik buah Anda akan menjadi istimewa dan akan cocok jika dijadikan sebagai oleh – oleh atau buah tangan.

Masa olahan keripik buah ini mempunyai waktu kadaluarsa yang sangat tahan lama. Jika Anda mengemas dengan menggunakan alumunium foil sebungkus keripik buah nangka mampu bertahan selama satu tahun lamanya. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi akan resiko kerusakan produk karena produk Anda akan tahan selama 1 tahun.

Kekurangan Bisnis Keripik Buah

Kendala dalam bisnis olahan keripik buah yang bisa Anda temui adalah harga jualnya yang sangat tinggi atau terbilang cukup mahal. Proses produksi yang menggunakan vacuum frying serta kelangkaan bahan baku yang berkualitas tinggi menjadikan proses produksi keripik buah cukup tinggi. Hal inilah yang menyebabkan banderol harga jual keripik buah menjadi mahal di pasaran.

Untuk mengantisipasinya, Anda bisa membidik pasar untuk kalangan menengah keatas. Misalnya saja Anda bisa menitipkan produk Anda ke supermaket, toko oleh – oleh, kantin – kantin kantor, bandara atau stasiun dan tempat umum lainnya yang biasa dikunjungi oleh kalangan tersebut.

Strategi Pemasaran Bisnis Keripik Buah

Untuk memasarkan produk olahan keripik Anda, maka manfaatkanlah orang – orang disekitar Anda sebagai agen penjualan keripik yang siap membantu memasarkan produk keripik buah Anda. Bila perlu berikanlah komisi penjualan bagi para agen Anda, sehingga para agen akan semakin termotivasi untuk memasarkan produk keripik Anda.

Disamping itu Anda juga bisa memanfaatkan dunia internet untuk memasarkan produk. Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan peran dari sosial media, seperti facebook, twitter, email, youtube ataupun forum – forum online untuk memasarkan produk olahan keripik Anda. Semakin Anda aktif untuk berpromosi maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan untung yang sangat besar setiap bulannya.

olahan keripik
Contoh olahan keripik buah nangka

Kunci Sukses Usaha Keripik Buah

Mengingat jika produk olahan ini sangat mudah untuk melempem, maka sangat penting untuk Anda melengkapinya dengan media yang kedap udara. Pada kemasan berilah label produk untuk mempercantik penampilan dari kemasan olahan keripik Anda. Untuk lebih meyakinkan konsumen Anda bisa menambahkan sertifikasi halal dari MUI atau izin produk dari dinas terkait setempat. Jika ijin ada telah resmi maka konsumen tidak akan meragukan lagi kualitas produk Anda.

Peluang usaha lainnya: Peluang Usaha Hidroponik Keuntungan 40 Juta/bulan

sumbergambar: alehetron, bisnisukm,duniausaha

 

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

produk olahan jagung image

Alternatif Produk Olahan Jagung Yang Menguntungkan

Produk olahan jagung – Tanaman jagung merupakan salah satu jenis makanan pengganti beras. Jagung memiliki …

2 komentar

  1. langkah awal dan apa,kemana saya bertindak klu saya pingin usaha kripik buah.makasih

    • admin-infoagribisnis

      Cara untuk memulai bisnis kripik buah yaitu Anda minimal memiliki mesin produksi sederhana untuk pengorengan, seperti vacuum frying terlebih dahulu pak.

Datangkan Laba Besar Dari Bisnis Olahan Keripik Buah


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Datangkan Laba Besar Dari Bisnis Olahan Keripik Buah