Halaman Depan / Tips Bisnis / Tips Meledakkan Daya Jual Hasil Budidaya Melon Kuning Anda

Tips Meledakkan Daya Jual Hasil Budidaya Melon Kuning Anda

Saat ini perkembangan agrobisnis di Indonesia menunjukkan prospek usaha yang sangat menjanjikan. Dahulu usaha budidaya melon hanya berpusat pada daerah tertentu saja akan tetapi saat ini perkembangannya semakin meluas ke berbagai wilayah di Indonesia. Dari sekian jenis melon yang tumbuh di Indonesia, sebagian petani memilih untuk membudidayakan jenis melon kuning dibandingkan dengan varietas tanaman melon hijau. Hal ini karena minat pasar pada melon kuning sangat besar dan harga jual dari melon jenis ini bisa mencapai dua kali lipat jika dibandingkan dengan harga dari melon hijau. Sehingga sangat tidak mengherankan jika petani lebih memilih peluang bisnis budidaya melon kuning karena dapat mendatangkan keuntungan yang besar setiap bulannya.

Info Peluang Usaha Bisnis Melon Kuning

Untuk membantu bagi Anda pemula yang ingin menekuni budidaya melon kuning maka kami akan berikan syarat penting apa saja yang perlu Anda perhatikan sebagai seorang pelaku usaha dalam budidaya tanaman melon.

melon kuning
Panen buah melon kuning

Faktor pertama adalah Anda harus memperhatikan kondisi iklim dan media tanam. Suhu yang ideal untuk budidaya melon adalah sekitar 25 – 30o C, dengan ketinggian 300 – 900 mdpl, pancaran sinar matahari penuh serta curah hujan yang tidak terlalu tinggi atau relatif rendah. Untuk media tanam yang baik adalah Anda bisa menggunakan tanah liat berpasir, tidak terlalu basah dengan unsur pH sekitar 5,8 – 7,2 dan mempunyai kandungan bahan organik berupa latosol, andosol, grumosol dan regosol.

Setelah itu faktor selanjutnya adalah penyemaian, pembibitan, pindah tanam dan perawatan. Hal ini akan kami berikan pada artikel di bawah ini

artikel terkait melon: Panduan Praktis Cara Menanam Melon, Baca Di Sini

Keuntungan Bisnis Budidaya Melon Kuning

Jika dibandingkan dengan tanaman melon hijau, jenis melon kuning adalah melon eksklusif yang memiliki harga jual yang tinggi di pasaran. Diperkirakan saat ini harga jual melon kuning harganya lebih tinggi dua kali lipat jika dibandingkan dengan jenis melon hijau. Keunggulan dari buah melon kuning adalah kulit buahnya berwarna kuning mulus, dagingnya bertekstur tebal, rasa buahnya segar, renyah dan manis. Hal inilah yang menjadikan buah ini berdaya jual tinggi. Melon kuning biasanya dihargai berkisar antara 10.000 – 15.000 rupiah /buah jika ditilik pada harga pasar tradisional. Harga tersebut akan melonjak tinggi mencapai 30.000 rupiah/buahnya jika masuk ke pasar modern atau supermarket – supermarket. Tidaklah mengherankan jika keuntungan yang Anda akan dapatkan cukup besar.

Kekurangan Bisnis Budidaya Melon Kuning

Selain akan mendatangkan keuntungan yang besar, tanaman melon adalah salah satu tanaman semusim yang cukup rumit dalam perawatannya. Banyak pelaku bisnis melon yang rela harus menelan kerugian yang lumayan besar akibat tanaman melon yang dibudidayakannya terserang penyakit dan hama, sehingga akibatnya tanaman melon mengalami gagal panen atau tidak menghasilkan atau berproduksi secara maksimal. Jenis penyakit yang sering menyerang tanaman melon kuning adalah layu bakteri, embun bulu dan layu fusarium. Penyakit pada tanaman melon biasanya mucul karena kondisi cuaca yang sulit ditebak, proses pemupukan yang tidak seimbang, tingkat kelembaban lingkungan terlalu tinggi, dan kondisi drainase yang kurang baik. Oleh karena itu untuk mencegah hal tersebut terjadi sebisa mungkin lakukan perawatan tanaman melon kuning Anda dengan ketelitian dan ketelatenan agar terhindar dari resiko kegagalan panen.

Strategi Pemasaran Bisnis Melon Kuning

Saat ini strategi pemasaran yang sering digunakan adalah dengan sistem kemitraan. Biasanya para eksportir akan menawarkan kerjasama dengan para petani di sentra tanaman melon untuk membeli hasil panen para petani dengan harga beli yang sama – sama menguntungkan kedua belah pihak. Misalnya pada petani melon di daerah Jawa Barat yang menjual hasil panennya dengan sistem kemitraan dengan perjanjian harga beli sekitar 7.000 – 8.000 rupiah/kg.

Disamping sistem kemitraan, Anda bisa juga memasarkan hasil panen ke kota – kota besar  yang potensial untuk memasarkan melon Anda. Misal seperti yang dilakukan oleh para petani di Purwodadi yang memasarkan atau mendistribusikan hasil panennya keluar daerah. Contohnya ke daerah Solo, Yogyakarta, Jepara dan daerah Jawa Tengah lainnya.

Kunci Sukses Bisnis Melon Kuning

Dalam membidik peluang bisnis budidaya melon ini yang terpenting adalah Anda menggunakan bibit dengan kualitas terbaik, serta keuletan dan ketelitian Anda. Hal ini dapat dimulai dari proses pembibitan dimulai, penanaman, pemeliharaan tanaman sampai pada saat masa panen buah melon tiba. Dengan menggunakan bibit dari varietas unggul dan keuletan Anda sebagai pelaku usaha dalam memelihara tanaman melon maka tidak menutup kemungkinan bila nantinya hasil panen yang akan didapatkan akan maksimal dan bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar bagi Anda.

melon kuning
Buah melon kuning

Demikian peluang bisnis buah melon kuning yang kami sampaikan. Semoga bisa memberikan kepada Anda sebuah inspirasi penting dalam menjalankan bisnis budidaya melon. Selamat berwiraswasta dan salam sukses.

artikel melon lainnya: Inilah Manfaat Buah Melon Jika Anda Mengkonsumsinya

sumber gambar: kabarkabur,animhosnan,digilines

Tentang admin-infoagribisnis

Tips Meledakkan Daya Jual Hasil Budidaya Melon Kuning Anda


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips Meledakkan Daya Jual Hasil Budidaya Melon Kuning Anda