Halaman Depan / Pertanian / Kulit Buah Naga Anda Jangan Dibuang, Baca Di Sini Pengolahannya

Kulit Buah Naga Anda Jangan Dibuang, Baca Di Sini Pengolahannya

Bagi Anda penggemar buah naga pasti mengetahui khasiat apa saja yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi buah naga. Zat – zat yang tekandung di dalam buah naga mampu membantu menjaga metabolisme tubuh Anda. Disamping buahnya, kulit buah naga juga banyak mengandung zat – zat yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan  apa saja manfaat kulit buah naga dan bagaimana cara mengolahnya agar bisa Anda gunakan.

artikel terkait: Cara Budidaya Buah Naga Pada Lahan Gambut, Baca Di Sini

Buah naga termasuk buah pendatang baru yang banyak dibudidayakan. Meskipun termasuk buah baru akan tetapi peminat dan pembudidayanya juga semakin bertambah dengan semakin luasnya areal pengembangan budidaya buah naga. Buah naga daging merah saat ini masih menjadi favorit bagi para penggemar dan petani buah naga untuk dibudidayakan. Buah naga merah menjadi favorit karena bentuk buahnya yang lebih besar dibandingkan dengan jenis buah naga lainnya. Selain itu daging buahnya sangat menarik dengan warna merah yang sangat mencolok. Buah naga super red contohnya, selain mempunyai warna yang sangat menarik rasanya pun juga sangat manis dan sedap.

Pada berbagai penelitian yang dilakukan, disebutkan bahwa daging pada buah naga disamping mempunyai nilai kandungan air yang tinggi, buah ini juga kaya akan kandungan serat, mineral, vitamin. Terutama kandungan kalsium dan fosfornya yang tinggi. Oleh karena itu manfaat buah naga dinilai mampu dan sangat baik untuk menjaga kesehatan Anda. Terutama untuk menurunkan kolesterol, mampu menyeimbangkan gula darah, mencegah kanker usus, dapat meningkatkan fungsi dari ginjal dan menguatkan tulang Anda.

Sebagaimana daging buah naga, kulit buah ini juga mengandung beberapa unsur yang penting bagi tubuh. Antara lain vitamin B1, B12 dan vitamin C, protein, mineral dan zat – zat antioksidan. Dengan banyaknya zat penting yang terkandung di dalam kulit buah naga maka tak mengherankan bila belakangan ini sudah banyak orang dengan ide kreatif mereka menghasilkan aneka produk herbal dengan bahan dasar kulit buah naga.

Manfaat Kulit Buah Naga

Dengan adanya zat antioksidan di dalam kulit buah naga maka membuat banyak pihak mengolah kulit buah naga untuk dijadika produk kosmetik alami. Produk kosmetik yang bisa dibuat dengan bahan dasar kulit buah naga adalah masker pelembab kulit. Untuk membuat masker pelembab kulit ini bagian dari kulit yang digunakan adalah bagian dalamnya karena tekstur dalam kulit buah naga tersebut lebih halus.

kulit buah naga
Kulit buah naga sebagai masker

Cara membuat masker pelembut kulit dari kulit buah ini sangatlah mudah. Pertama, siapkan 1 – 2 lembar kulit buah naga kemudian dihaluskan dengan cara ditumbuk atau diblender. Haluskan sampai kulit buah naga benar – benar dalam kondisi halus. Setelah selesai menghaluskan, maka cara selanjutnya adalah Anda bisa segera mengaplikasikannya ke wajah. Caranya, dengan mengoleskan pada permukaan wajah Anda kemudian diamkan hingga mengering.

artikel buah naga lainnya: Efek Sambung Produksi Untuk Budidaya Buah Naga

Setelah larutan mengering, maka tahap selanjutnya adalah membasuh / membersihkan wajah yang telah diolesi masker dengan air hangat. Basuh sampai bersih. Pemakaian masker dapat Anda lakukan atau sangat disarankan setiap tiga hari sekali. Pemakaian yang teratur selain dipercaya dapat menjaga kelembaban kulit juga dapat mencegah kulit mengalami penuaan dini.

Disamping manfaat kulit buah naga diolah menjadi masker, bahan ini juga dapat diolah menjadi teh. Kulit buah ini sangat populer untuk dijadikan minuman teh kulit naga. Untuk membuat teh kulit naga ini sangatlah mudah. Pertama, kulit Anda iris tipis, kemudian Anda potong membentuk dadu dan dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari selama 2 – 3 hari. Tergantung juga pada intensitas sinar matahari yang menyinari. Bila kulit sudah kering maka segera sisihkan untuk segera dikonsumsi menjadi teh. Tinggal Anda seduh dengan air mendidih maka teh kulit buah naga sudah dapat Anda nikmati.

Teh kulit buah naga ini dipercaya mempunyai khasiat dapat memelihara fleksibilitas pembuluh darah Anda sehingga darah dapat mengalir dengan lancar ke seluruh bagian pembuluh darah tubuh Anda. Sebagaimana dengan minuman teh lainnya, teh kulit buah naga ini cocok untuk dijadikan pendamping aneka snack atau camilan diwaktu senggang Anda.

Selain dibuat sebagai masker dan teh, manfaat kulit buah naga lainnya yaitu bisa juga dijadikan sebagai bahan masakan. Mengolahnya pun sangat simpel cukup dengan menumisnya. Iris bawang merah, bawang putih, cabe dan bumbu – bumbu penyedap lainnya kemudian tumis dengan kulit buah naga. Lakukan seperti Anda biasa menumis sayur kangkung atau sawi. Tumisan kulit buah ini bisa Anda jadikan menu pelengkap sehari – hari.

kulit buah naga
Teh dari kulit buah naga

Demikianlah beberapa manfaat buah naga, lakukan langkah – langkah kebersihan agar bahan yang dihasilkan tidak terkontaminasi oleh bakteri penyakit. Semoga tips ini bisa memberikan inspirasi kepada Anda. Selamat mencoba dan salam sukses.

manfaat buah naga: Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil, Klik Di Sini

sumber gambar: manfaaco,juana

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

fungisida organik

Langkah Mudah Cara Membuat Fungisida Organik – Baca Di sini

Fungisida organik – Bercocok tanam atau bertani saat ini telah menjadi lahan bisnis yang mempunyai …

2 komentar

  1. trims infpnya…sy akn coba

Kulit Buah Naga Anda Jangan Dibuang, Baca Di Sini Pengolahannya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kulit Buah Naga Anda Jangan Dibuang, Baca Di Sini Pengolahannya