Halaman Depan / Peluang Usaha / Cara Pembuatan Yoghurt Kesemek Bisa Anda Baca Di Sini

Cara Pembuatan Yoghurt Kesemek Bisa Anda Baca Di Sini

Anda mungkin biasa mengenal buah kesemek sebagai jenis buah yang sangat jarang disukai oleh kalangan masyarakat. Tapi ternyata, jika Anda berhasil mengolah buah kesemek dengan benar maka akan mendatangkan keuntungan yang tidak akan Anda kira. Dalam hal ini buah kesemek dapat Anda olah menjadi minuman sejenis yoghurt yang segar dan disukai oleh banyak orang. Cara pembuatan yoghurt dengan bahan baku buah kesemek sangatlah mudah.

artikel peluang usaha: Yuk, Bisnis Bibit Buah Peluang Untungnya Besar Loh 

Buah kesemek mengandung kandungan serat dan vitamin yang sangat tinggi dari pada yang dikandung pada buah semangka dan buah apel.

cara pembuatan yoghurt
Bahan dasar (yoghurt) cara pembuatan yoghurt

Khasiat Dari Yoghurt Kesemek

Penelitian yang dilakukan pada buah dengan nama latin Diospyros kaki ini mempunyai kandungan zat yang lebih tinggi dan lebih kaya jika dibandingkan dengan buah apel. Jumlah serat yang terkandung dalam buah kesemek satu butirnya bisa mencapai dua kali lipat dari jumlah serat yang terkandung dalam buah apel. Termasuk juga pada kandungan vitamin dan mineral lainnya. Kandungan vitamin A dan vitamin C pada buah kesemek jauh lebih tinggi dibandingkan dengan buah semangka dan buah apel. Setiap 100 gram kesemek bisa mengandung protein 0,8 gram, lemak 0,5 gram, kalori 78 kkal, kalsium 6 mg, karbohidrat 20 gram, vitamin A 2,71osi, vitamin B1 0,05 mg, vitamin C 11 mg dan kalsium 6 mg.

Kandungan lengkap inilah yang bisa menjadi unggulan dalam Anda mengolah buah kesemek menjadi minuman yoghurt yang bernilai jual tinggi di pasaran. Cara pembuatan yoghurt dengan bahan buah kesemek yaitu melalui proses fermentasi dengan bantuan bakteri yoghurt sehingga nantinya dari proses fermentasi tersebut akan menghasilkan yoghurt kesemek dengan rasa yang segar dan minuman yang baik untuk kesehatan Anda.

Kandungan lainnya dalam buah kesemek yang baik buat tubuh Anda adalah kandungan likopen atau senyawa antioksidan. Senyawa ini dipercaya mempunyai khasiat mampu mencegah kanker dan mencegah proses penuaan dini. Sedangkan kandungan senyawa polifenol yang terdapat di dalam buah kesemek dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan mencegah terjadinya penyakit jantung. Buah kesemek dapat juga membantu menjaga dan menstabilkan tekanan darah Anda agar tidak melebihi dari ambang batas normal.

Bisnis Yoghur Kesemek

Dalam membuat yoghurt dari bahan kesemek, Anda dapat menggunakan bahan dan alat yang terbilang cukup sederhana. Bahan – bahan baku yang bisa Anda gunakan dalam cara pembuatan yoghurt kesemek adalah botol, panci alumunium, kompor, alat pengaduk, selimut atau handuk tebal serta alat pemotong yang tajam dan steril.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan dalam cara pembuatan yoghurt buah kesemek adalah mencampurkan susu murni serta susu krim. Setelah itu masak campuran dengan menggunakan api kecil selama 30 menit dan jangan lupa untuk selalu diaduk agar campuran tidak sampai mendidih. Membuat yoghurt selanjutnya, setelah larutan diangkat dan suhunya sudah mulai hangat, tambahkanlah bibit yoghurt kemudian diamkan selama 24 jam di dalam wadah yang tertutup dan steril. Setelah itu rebus selama 5 – 10 menit sampai terasa kental dan asam.

Cara pembuatan yoghurt di atas akan menghasilkan larutan yang disebut plain yoghurt atau yoghurt yang masih belum mempunyai rasa apapun. Yoghurt plain ini bisa Anda pakai sebagai bibit yoghurt untuk proses pembuatan selanjutnya. Langkah terakhir cara pembuatan yoghurt kesemek adalah tambahkan olahan kesemek yang telah dijadikan jus ke dalam plain yoghurt kemudian bisa Anda kemas ke dalam botol atau wadah plastik. Setelah itu dinginkan untuk mendapatkan hasil dan kesegaran yang maksimal.

cara pembuatan yoghurt
Yoghurt kesemek

Cara pembuatan yoghurt ini sangatlah mudah untuk Anda lakukan. Demikian cara pembuatan yoghurt sederhana yang bisa kami berikan. Semoga bisa memberikan ide kreatif kepada Anda untuk memanfaatkan buah kesemek di lingkungan Anda dan bisa memberikan inspirasi bagi pemula untuk terjun dalam sebuah bisnis.

peluang usaha lainnya: Peluang Usaha Hidroponik Keuntungan 40 Juta/ bulan

sumber gambar: oomph,ariakiki,amazon

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

budidaya unggas

9 Peluang Usaha Budidaya Unggas Ini Patut Anda Coba

Di Indonesia peluang usaha ternak masih sangat terbuka lebar khususnya budidaya unggas. Namun, budidaya unggas …

Cara Pembuatan Yoghurt Kesemek Bisa Anda Baca Di Sini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Pembuatan Yoghurt Kesemek Bisa Anda Baca Di Sini