Halaman Depan / Pertanian / 5 Langkah Cara Mengatasi Hama Wereng Ini Wajib Anda Coba

5 Langkah Cara Mengatasi Hama Wereng Ini Wajib Anda Coba

Cara mengatasi hama wereng – Sedari dulu hingga saat ini hama wereng masih menjadi musuh “abadi” bagi para petani padi di Indonesia. Terjadinya beberapa serangan hama wereng pada sejumlah daerah di musim penghujan ini membuat orang – orang kembali diingatkan bahwa hama dengan bentuk serangga tersebut masih menjadi bahaya yang wajib untuk terus diwaspadai.

Hama wereng terus saja menjadi ancaman nyata bagi para petani padi di Indonesia dan itu merupakan sebuah fakta. Banyak fakta menunjukkan bahwa memasuki tahun 2017 ini beberapa sentra padi di Indonesia mendapatkan serangan wereng yang dahsyat. Di kabupaten Karawang  terdata sekitar 900 ha tanaman padi positif terserang kawanan hama wereng.

cara mengatasi hama wereng
Hama wereng pada padi-cara mengatasi hama wereng

Dikabupaten Bojonegoro sendiri, lahan tanaman padi seluas 2.500 ha juga mengalami nasib yang sama, terserang kawanan hama wereng. Begitu juga di wilayah Jawa Tengah, kawanan wereng menyerang sentra padi di daerah kabupaten Boyolali dan kabupaten Wonogiri.

artikel terkait cara mengatasi hama wereng: Khasiat Daun Sirsak Untuk Mengusir Hama Wereng

Serangan wereng yang membabi buta ini menyebabkan para petani yang berada di Jawa Tengah dan Jawa Barat sangat berduka, karena hasil panen yang diperoleh sangat menurun drastis. Bahkan dibeberapa daerah ada yang mengalami puso atau sama sekali tidak memperoleh hasil gabah dari usaha budidaya padi yang dilakukannya.

Berbicara tentang hama wereng, pada umumnya langsung membahas pada jenis hama wereng coklat. Padahal wereng ada beberapa macam yang biasa menyerang tanaman padi. Di samping hama wereng coklat yang biasanya langsung menyerang fisik dari tanaman padi, ada juga hama wereng loreng dan hama wereng hijau.  Kedua jenis hama tersebut merupakan vector dari virus tungro. Virus tungro dapat menyebabkan tanaman padi menjadi kerdil dan bulir – bulir padi menjadi tidak berisi atau hampa.

Hama wereng coklat tergolong sebagai hama utama yang menyerang tanaman padi. Wereng coklat sangat ditakuti oleh para petani padi, karena keberadaan dari hama ini bisa menyebabkan tanaman padi yang ditanam akan menjadi kering. Kerusakan yang ditimbulkan bisa dari skala ringan, berat hingga sampai puso. Hama wereng coklat menyerang tanaman padi hampir pada semua fase. Mulai dari fase pembibitan, fase anakan, sampai dengan pada masa fase masak susu/pengisian bulir padi.

Cara Mengatasi Hama Wereng Dan Pengendaliannya

Gejala yang sering muncul pada serangan wereng adalah pada rumpun padi terlihat menguning pada daunnya. Setelah itu tanaman akan menguning dengan cepat dan terlihat seperti terbakar. Tanaman yang mulai mengering akan terlihat berbentuk lingkaran atau biasa disebut dengan gejala “Hopperburn”. Jika tanaman sudah seperti itu maka dapat dipastikan bahwa populasi wereng biasanya sudah sangat tinggi.

Hama serangga mungil ini sangat betah hidup pada daerah yang lembab denga suhu yang berkisar antara 20 – 30oC. Oleh karena itu perlu ditingkatkan kewaspadaan pada saat musim tanam yang berbarengan dengan musim penghujan. Jika Anda sebagai petani padi lengah sedikit saja dalam pengambilan keputusan untuk pengendalian hama wereng, maka akan berdampak pada gagal panen.

Cara mengatasi hama wereng, tim peneliti dari Balai Besar Penelitian Tanaman Padi telah menyarankan lima tips cara mengatasi hama wereng yang dapat diterapkan oleh para petani padi. Cara mengatasi hama wereng tersebut adalah sebagai berikut:

  • Hendaknya Anda melakukan pengamatan rutin pada pertanaman padi Anda.
  • Berlakukan jarak tanam penanaman padi dengan jarak tanam yang tidak terlalu rapat. Sebaiknya menggunakan sistem tanam jajar legowo 2:1 atau 3:1.
  • Gunakanlah varietas tanaman padi yang tahan terhadap serangan hama wereng.
  • Lakukanlah pergiliran varietas padi.
  • Memanfaatkan musuh alami sebagai predator hama wereng. Musuh alami yang dapat Anda gunakan adalah kepik, kumbang, laba – laba, capung kecil dan belalang.
cara mengatasi hama wereng
Musuh alami wereng-cara mengatasi hama wereng

Jika serangan hama wereng sudah terlanjur masif maka Anda bisa melakukan penyemprotan insektisida dengan bahan aktif sesuai label anjuran yang tercantum pada kemasa insektisida.

Cara mengatasi hama wereng lainnya adalah menggunakan sistem peringatan dini atau early warning system. Cara ini sangat dianjurkan untuk pengendalian hama wereng pada lahan pertanian Anda. Tujuan dari sistem peringatan dini adalah untuk mendeteksi gejala serangan dari hama wereng. Sehingga langkah untuk mengatasi hama wereng dapat segera diambil.

Cara mengatasi hama wereng dengan sistem peringatan dini ini terus menerus disosialisasikan di tingkat yang paling bawah/ petani padi. Sosialisasi dilakukan oleh institusi Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan dibantu oleh Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura serta dinas – dinas daerah yang membawahi budidaya tanaman pangan.

artikel terkait hama: Cara Membuat Pestisida Nabati Sederhana Baca Disini

sumber gambar: caramengatasiwereng, thlbanyumas, tugutani

 

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

kelebihan pupuk organik

Inilah 7 Kelebihan Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Kimia

Kelebihan pupuk organik – Salah satu komponen yang terpenting di dalam bidang pertanian adalah pupuk. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *