Halaman Depan / Pertanian / Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Pekarangan Ini Wajib Anda Coba

Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Pekarangan Ini Wajib Anda Coba

Cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan – Pada tahun-tahun belakangan ini, cara bertanam dengan sistem konvensional seperti bertanam dengan tanah di pekarangan dan halaman sudah mulai berkurang atau ditinggalkan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya aktifitas dan semakin sempitnya lahan atau tanah pekarangan. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang yang tinggal di perkotaan mulai beralih bertanam dengan hidroponik. Dibeberapa negara di dunia, hidroponik mulai populer untuk dikembangkan bahkan dengan berbagai inovasi.

artikel terkait hidroponik: Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana. Baca Di sini

Meskipun dikatakan mulai populer, cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan masih dinilai sulit bagi sebagian orang. Namun bagi yang mereka yang mengerti cara bertanam hidroponik menilai bahwa bertanam dengan hidroponik memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan bertanam dengan metode lainnya. Jika Anda bertanam dengan menggunakan hidroponik, Anda tidak memerlukan peralatan yang biasa digunakan dalam bertanam secara konvensional seperti cangkul, sabit dan sebagainya.

cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan
Hidroponik sederhana dengan botol bekas

Cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan tidak membutuhkan bahan-bahan yang terlalu sulit dicari, sekarang ini sering dijumpai berbagai jenis tanaman hidroponik yang ditanam menggunakan instalasi dari barang–barang bekas. Hal ini bertujuan supaya bertanam dengan metode hidroponik menjadi lebih ramah lingkungan. Tanaman yang sering ditanam dalam hidroponik mayoritas adalah sayuran. Sebab, selain menjadi tanaman konsumsi dapat juga digunakan sebagai tanaman hias. Hidroponik juga lebih menghemat pengeluaran dapur pada beberapa bahan makanan.

Meskipun bertanam hidroponik terbilang mudah, namun hidroponik tetap membutuhkan alat dan bahan yang khusus untuk hidroponik. Alat dan bahan tersebut biasanya dapat diperoleh dengan mudah di toko-toko pertanian disekitar rumah Anda. Adapun cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan membutuhkan berapa persiapan alat dan bahan.

Alat dan bahan yang dibutuhkan dalam cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan adalah sebagai berikut:

  • Media semai berupa rocwool
  • Benih tanaman berupa sayuran hijau misal sawi, kangkung dan sebagainya (untuk pemula)
  • Botol bekas (air mineral)
  • Pupuk (nutrisi hidroponik)

Langkah-langkah dalam menanam hidroponik sederhana:

  • Lakukan penyemaian; siapkan rockwool kemudian dibasahi dengan air selanjutnya diberi benih sayuran. Simpan ditempat yang gelap dan tunggu hingga berkecambah, biasanya memakan waktu 2-3 hari. Selanjutnya pindahkan ditempat yang terang namun jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung.
  • Mempersiapkan nutrisi tanaman; untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tanaman, berikan pupuk berupa larutan nutrisi hidroponik.
cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan
Hidroponik sederhana
  • Pemindahan media tanaman; siapkan botol bekas kemasan air mineral kemudian dipotong menjadi dua bagian yaitu bagian atas botol dan bagian bawah botol. Potongan botol bagian atas berukuran 1/3 bagian, sedangkan potongan botol bagian bawah berukurang 2/3 bagian. Masukan larutan nutrisi hidroponik kedalam potongan bagian bawah, kemudian tutup menggunakan potongan bagian atas dengan posisi terbalik. Sebelum potongan bagian atas ditutupkan berilah kain flanel atau kain jenis lain yang mampu menyerap cairan nutrisi. Kain ini berfungsi sebagai sumbu untuk mengantarkan nutrisi dari botol bagian bawah ke botol bagaian atas. Setelah ditutupkan, isilah potongan botol bagian atas dengan media tanam berupa rocwool, cocopeat, atau pun sekam bakar. Media ini berfungsi sebagai perambatan perakaran tanaman (pengganti tanah). Setelah instalasi hidroponik ini siap ditanami dan bibit sudah berdaun empat, maka pindahkan bibit tersebut kedalam instalasi hidroponik ini.

artikel lainnya: Cara Membuat Tanaman Hidroponik Di Rumah Baca Di sini

  • Perawatan tanaman sampai panen. Jangka waktu pemanan tidak lah selalu sama tiap tanaman, tergantung jenis tanaman yang di tanam. Cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan memang diperuntukan bagi Anda yang baru belajar menggunakan metode hidroponik. Oleh sebab itu gunakan tanaman yang mempunyai tingkat daya tumbuh tinggi seperti tomat dan cabai untuk sayuran buah dan sawi, selada, kangkung, bayam dan sebagainya untuk sayuran daun. Pastikan nutrisi dari botol bagian bawah terserap sampai keatas supaya tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Teknik penanaman dengan hidroponik sangat minim pemeliharaan. Perhatikan intensitas sinar matahari serta jumlah air. Tanaman yang ditanam dengan hidroponik sebaiknya ditempatkan pada tempat yang cukup teduh, sebab jika terlau panas maka penguapan akan membuat tanaman mudah layu. Selain itu jika curah hujan tinggi maka tanaman menjadi kelebihan air. Keuntungan dari bertanam hidroponik sangat banyak. Selain dari segi finansial, dari segi pemberdayaan lahan juga sangat mendukung. Sebab, hidroponik dapat di buat secara bertingkat dan pemeliharaannya juga tidak membutuhkan banyak waktu.

cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan
Hidroponik untuk lahan terbatas

Cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan sangatlah praktis sebab Anda dapat memanfaatkan barang-barang bekas. Selain itu dengan menyusun botol-botol secara horisontal Anda dapat merangangkai satu intalasi hodroponik sederhana. Anda juga dapat menyusun secara vertikal dengan cara menggantungnya dengan menggunakan tali. Anda dapat menempatkan instalasi hidroponik ini sampai mengelilingi rumah, namun intensitas pencahayaan atau kebutuhan tanaman akan sinar matahari juga harus diperhatikan. Jangan sampai berlebihan, sebab dapat menimbulkan kelayuan yang karena penguapan yang berlebihan. Usahakan berada ditempat yang sejuk namun tetap mendapat sinar matahari dengan baik.

artikel peluang hidroponik: 7 Langkah Ampuh Pemasaran Sayuran Hidroponik

sumber gambar: tipsinspirasi, metrohidroponik,pinterest

 

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

kelebihan pupuk organik

Inilah 7 Kelebihan Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Kimia

Kelebihan pupuk organik – Salah satu komponen yang terpenting di dalam bidang pertanian adalah pupuk. …

2 komentar

  1. dengan menanam sendiri, kita bisa menghindari penggunaan pestisida.. tentunya makin sehat. makasih gan buat artikelnya

  2. Terima kasih atas ilmunya, sangat bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *