Halaman Depan / Pertanian / Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana Tipsnya Ada Disini

Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana Tipsnya Ada Disini

Cara membuat tanaman hidroponik sederhana – Di era modern seperti sekarang ini, untuk mendapatkan sayuran segar tanpa pestisida sudah tergolong sulit didapat. Apabila menginginkan sayuran yang bebas pestisida, mungkin Anda harus menanamnya sendiri dirumah. Namun jika Anda adalah seseorang yang tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk menanam sayur seperti didaerah perumahan, perkotaan dan sebagainya. Bagaimana solusinya? Terdapat beberapa cara untuk dapat menanam sayuran segar tanpa menggunakan lahan yang luas salah satunya adalah dengan bercocok tanam menggunakan hidroponik.

Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana
Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana-Dengan media jerigen bekas

Hidroponik merupakan sistem bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Dengan menggunakan teknik cara menanam hidroponik ini Anda dapat menanam sayuran segar tanpa membutuhkan lahan yang yang luas. Selain itu juga cara menanam hidroponik dapat disusun bertingkat, oleh sebab itu hidroponik merupakan solusi yang tepat bagi Anda yang ingin mendapat sayuran segar bebas pertisida dengan cara menanamnya sendiri. Hidroponik sudah ada sejak beberapa tahun lalu, namun sistem ini sekarang baru mulai populer kembali seiring makin padatnya pemukiman dan minimnya lahan untuk bercocok tanam. Cara membuat tanaman hidroponik sederhana kami akan bahas pada artikel kali ini. 

Hidroponik menggunakan media larutan nutrisi dengan ditambahkan media pembantu untuk perakaran berupa rockwool, pasir, cocopeat, kerikil, arang sekam dan sebagainya. Cara membuat tanaman hidroponik sederhana dapat Anda lakukan sebagai pengisi waktu senggang. Bertanam dengan hidroponik dapat digunakan untuk membuat Anda rileks dan sejenak melepaskan rutinitas yang membosankan. Bagi Anda yang baru belajar/pemula sebaiknya Anda mencoba cara membuat tanaman hidroponik sederhana terlebih dahulu.

Pembuatan sistem hidroponik sederhana hanya memerlukan beberapa bahan dan dapat dibeli ditoko peralatan ataupun memanfaatkan barang-barang bekas. Bahan-bahan yang dibutuhkan diantaranya yaitu botol plastik, jerigen, gelas plastik, kain sumbu dan bahan-bahan lainnya. Adapun tanaman yang populer di tanam dengan sistem hidroponik yaitu tanaman sayuran hijau. Misal, kangkung, sawi, bayam, selada, seledri, dan sebagainya. Tanaman sayur pada sistem hidroponik dapat dijadikan tanaman hias dirumah. Jadi selain sebagai tanaman untuk dikonsumsi, namun juga dapat berfungsi sebagai tanaman hias.

Sebelum mulai cara menanam hidroponik, persiapkan peralatan-peralatan berikut:

  • Botol plastik
  • Gelas plastik
  • Jerigen
  • Kain sumbu, gunakan kain flanel
  • Nutrisi hidroponik
  • Media tanam (rockwool, arang sekam, kerikil, pecahan batu bata atau genting, pasir)

Pilih media tanam hidroponik yang bisa Anda pergunakan, Anda dapat memilih satu dari beberapa media tanam yang telah disebutkan diatas. Media tanam yang digunakan sebaiknya dipastikan bahwa media tersebut memiliki poros sehingga nutrisi dalam air dapat diserap secara optimal serta dapat menopang laju pertumbuhan tanaman dengan maksimal. Penggunaan larutan nutrisi hidroponik juga wajib diperhatikan, sebab nutrisi inilah sumber makanan untuk tanaman yang di tanam dengan sistem hidroponik.

Tahapan Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana

Penyemaian Benih tanaman

Sebelum ditanam pada media hidroponik, cara membuat tanaman hidroponik sederhana adalah bibit harus disemaikan dahulu pada sebuah media tanam. Media tanam untuk penyemaian yang biasanya dipakai dalam hidroponik adalah menggunakan rockwool.sebab, rockwool terbebas dari kuman dan penyakit. Pilihlah bibit yang memiliki daya tumbuh hingga 80% supaya hasilnya perkecambahan dapat maksimal. Tempatkan potongan rockwool pada sebuah nampan kemudian dilubangi untuk menanam benih kemudian dibasahi dengan air secukupnya dan selanjutnya di tempatkan pada tempat yang gelap hingga berkecambah. Setelah bibit tumbuh, pindahkan bibit tersebut pada media tanam hidroponik.

Menyiapkan media tanam hidroponik

Terdapat berbagai jenis media tanam dalam cara membuat tanaman hidroponik sederhana yang dapat anda gunakan dalam bertanam dengan hidroponik. Anda dapat membelinya ditoko-toko pertanian ataupun membuatnya sendiri. Namun bila Anda masih kesulitan dalam mendapatkan media tanam hidroponik, Anda dapat membelinya dengan cara online. Buatlah campuran dari kerikil dan arang sekam atau campuran krikil dan rockwool. Tempatkan media tanam hirdroponik yang sudah dibuat kemudian ditempatkan pada wadah yang digunakan untuk menanam hidroponik. Anda dapat menggunakan botol bekas, maupun pipa paralon atau media lainnya yang ada disekitar Anda.

Pemberian Nutrisi Hidroponik

Pemberian nutrisi hidroponik sangat penting. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa hidroponik merupakan cara bertanam tanpa menggunakan tanah, oleh sebab itulah Anda harus memberikan larutan nutrisi hidroponik sesuai kebutuhan tanaman. Nutrisi yang diberikan pada tanaman dengan hidroponik adalah nutrisi cair supaya mudah diserap akar tanaman. Cara memberikan nutrisi dapat Anda lakukan dengan cara menyiramkan secara manual pada pagi atau sore hari. Jika Anda ingin praktis gunakanlah sumbu untuk kapilaritas larutan nutrisi cair ke akar tanaman.

Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana
Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana-Sawi hidroponik

Perawatan tanaman hidroponik

Cara perawatan pada tanaman hidroponik tidak jauh berbeda dengan sistem penaman konvensional. Yang harus anda lakukan yaitu melakukan penyiraman setiap pagi atau sore, bersihkan gulma jika ada gulma yang tumbuh. Berikan larutan nutrisi hidroponik secara berkala, sebab nutrisi akan berkurang dengan cepat seiring pertumbuhan tanaman yang cepat juga. Jangan sampai hidroponik terkena hujan sebab nutrisi akan tercecer keluar.

sumber gambar: caratanam, seputarhidroponik, kebunhidroponik

artikel terkait hidroponik:

Cara Membuat Tanaman Hidroponik Di Rumah

7 Langkah Ampuh Pemasaran Sayuran Hidroponik, Baca Di Sini

Wow, Peluang Usaha Hidroponik Raih Keuntungan 40 juta/Bulan, Klik Di Sini

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

kelebihan pupuk organik

Inilah 7 Kelebihan Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Kimia

Kelebihan pupuk organik – Salah satu komponen yang terpenting di dalam bidang pertanian adalah pupuk. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *