Halaman Depan / Peternakan / Bisnis Kelinci Reza Ini Prospeknya Sangat Menjanjikan Loh

Bisnis Kelinci Reza Ini Prospeknya Sangat Menjanjikan Loh

Pemenuhan kebutuhan daging tidak hanya bisa dipenuhi dari hewan ayam dan sapi saja, karena daging kelinci pun kontribusinya untuk pemenuhan daging tidaklah kecil. Kelinci pedaging jenis reza adalah salah satu contoh kelinci yang saat ini mulai banyak dibudidayakan. Keunggulan dari kelinci reza ini adalah mempunyai proporsi daging yang sangat tinggi. Selain laku keras sebagai kelinci pedaging, kelinci reza ini juga diburu untuk dijadikan kelinci hias. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bisnis kelinci reza ini bisa mendatangkan keuntungan.

artikel terkait kelinci: Tips Cara Merawat Kelinci Anakan, Baca Di Sini

Kelinci dengan nama reza ini memiliki beberapa karakteristik yang sangat berbeda dengan jenis kelinci lainnya. Kelinci reza adalah kelinci hasil persilangan dari kelici rex dan kelinci satin. Kelinci ini adalah hasil dari periset Balai Penelitian Ternak Kementrian Pertanian yaitu Bapak Yono Raharjo pada tahun 1998. Tubuh kelinci reza ini sangat proporsional yakni dengan ujung badan yang membentuk membulat, kaki belakang kuat serta berisi. Selain itu kelinci reza mempunyai tulang yang solid, bentuk kepala lebar, dan telinganya berdiri tegak. Jenis kelinci ini mempunyai bobot hidup yang bisa mencapai ukuran 3 kg.

kelinci reza
Bisnis kelinci reza blue

Keunggulan kelinci reza memiliki bulu yang halus serta mengkilap sehingga memberikan kesan mewah dan elegan. Bulu kelinci reza lebih rapat dan tidak mudah mengalami kerontokan. Panjang bulu kelinci jenis ini bisa mencapai 1,27cm. Jika pada kelinci rex kerontokan bulu bisa sampai ke akar maka bulu pada kelinci reza terputus atau rontok pada tengah bulu. Selain sebagai kelinci hias, kelinci reza bisa juga untuk bisnis kelinci pedaging, karena karkas atau daging yang dihasilkan bisa mencapai kisaran 2 kg.

Saat ini para peneliti masih berupaya keras untuk meningkatkan produktivitas dari kelinci pedaging jenis reza ini. Kelinci jenis ini dikenal memiliki produktivitas yang rendah. Resiko kematian jenis kelinci ini masih sangat tinggi, hal ini ditunjukkan dengan jumlah anakan yang dihasilkan hanya 2 – 3 ekor saja. Padahal jenis kelinci lainnya mampu menghasilkan lebih dari 7 ekor anakan.

Bisnis Kelinci Reza

Kelinci pedaging reza memang menjadi idola para penghobi kelinci untuk dijadikan incara hewan peliharaan. Hal ini dikarenakan perawatan jenis kelinci ini sangat mudah jika Anda bandingkan dengan kelinci jenis anggora. Adapun jenis – jenis kelinci reza seperti reza hitam, reza putih, castor, siamese, blue, cincilla, papillon hitam, broken castor, broken blue, red sable, tri colours dan papillon blue.

Kelinci reza tri colour adalah kelinci hias yang sering menjadi incaran pecinta kelinci hias. Tri colour diperoleh dengan menyilangkan kelinci reza putih betina dengan kelinci reza papillon hitam jantan. Akan tetapi sangatlah susah untuk langsung memperoleh keturunan tri colour. Dari 4 anakan yang lahir hanya 1 saja yang bisa berjenis tri colour. Jenis tri colour terbilang kelinci hias yang sangat menawan karena kombinasi dari warna – warna ( coklat, hitam dan putih ) masih sangat susah didapatkan atau langka. Meskipun indukan yang Anda kawinkan bukan tri colour akan tetapi bisa dipastikan bahwa tetuanya pasti ada yang tri colour. Jika tri colour yang Anda hasilkan adalah kelinci jantan, maka genetik warna bisa diturunkan dengan mudah.

Selain kelinci tri colour, kelinci reza broken blue juga jenis kelinci langka yang banyak diburu oleh pecinta kelinci hias. Kelinci reza jenis ini sangat sulit dicari. Kelinci reza broken blue bisa diusahakan melalui perkawinan antara kelinci cincilla jantan dengan kelinci broken blue betina. Itupun tidak gampang untuk bisa mendapatkan keturunan broken blue langsung untuk ternak kelinci hias Anda.

Masih banyak para peternak yang sangat kesulitan untuk memenuhi ketersediaan untuk bisnis kelinci reza. Harga jual kelinci reza terbilang mahal. Harga per ekor dari jenis kelinci reza disesuaikan dengan umur kelinci. Pada kelinci dengan umur 6 – 7 bulan dengan kisaran bobot antara 3,5 – 4 kg dibandrol dengan harga mencapai Rp 1,5 juta sampai dengan Rp 2,5 juta. Harga yang sangat menjanjijan sekali untuk sebuah bisnis kelinci. Untuk anakan kelinci reza laku dipasaran dengan kisaran harga mencapai 500 ribu per ekornya.

Selain keuntungan dari bisnis kelinci daging dan bisnis kelinci hias, keunggulan lainnya adalah bulu kelinci reza yang lebih bagus dari kelinci rex. Bulu kelinci reza lebih halus dan dapat digunakan sebagai bahan membuat selendang, bahan jaket, bahan membuat tas, ikat pinggang hingga sampai membuat bahan baku boneka.

bisnis kelinci
Kelinci reza blue – Bisnis kelinci

Jika dilihat dari potensi pasar jenis kelinci ini yang bisa dijadikan kelinci pedaging , maupun ternak kelinci hias maka jelas sudah bahwa prospek bisnis produksi kelinci jenis reza sangatlah menjanjikan untuk Anda jadikan usaha ternak kelinci. Demikian keunggulan bisnis kelinci reza yang kami bisa sampaikan, semoga bisa menjadikan inspirasi kepada Anda yang ingin memulai sebuah usaha bisnis kelinci.

artikel kelinci lainnya: Cara Membuat Ransum Pakan Kelinci, Ada Di Sini

sumber gambar: grahakelinci,kaskus

 

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

bisnis penggemukan sapi

4 Kunci Sukses Dalam Bisnis Penggemukan Sapi Baca Disini

Bisnis penggemukan sapi – Sapi adalah hewan yang mempunyai banyak manfaat. Tapi tahukah Anda bahwa …

Bisnis Kelinci Reza Ini Prospeknya Sangat Menjanjikan Loh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bisnis Kelinci Reza Ini Prospeknya Sangat Menjanjikan Loh