Halaman Depan / Pertanian / Tips Sederhana Bertanam Cabai Pada Lahan Gambut Baca Disini

Tips Sederhana Bertanam Cabai Pada Lahan Gambut Baca Disini

Sangat tidaklah mudah untuk mengolah lahan gambut, apalagi untuk budidaya tanaman sayuran. Diperlukan keuletan dan teknologi dalam mengelola lahan gambut untuk menjadi lahan yang produktif. Jika Anda bisa mengolah lahan gambut menjadi produktif bagi tanaman sayuran maka itu akan mendatangkan keuntungan yang besar bagi Anda. Bagaimana dengan budidaya tanaman cabai? Apakah bisa tumbuh dengan baik pada lahan gambut? Bertanam cabai dapat Anda lakukan pada lahan gambut, tentunya dengan beberapa tahap menanam cabai yang harus Anda perhatikan.

bertanam cabai
Ilustrasi lahan gambut-bertanam cabai

Bertanam cabai pada lahan gambut dapat memberikan Anda hasil tanaman cabai yang melimpah. Awalnya mungkin Anda akan menyangka bahwa budidaya tanaman cabai pada lahan gambut adalah hal yang mustahil, tapi kenyataannya lahan gambut sekarang bisa menjadi lahan yang produktif. Jenis cabai yang bisa Anda budidayakan pada tanaman gambut adalah cabai keriting, cabai rawit dan cabai besar.

artikel cabai lainnya: 12 Langkah Cara Menanam Cabai Di Musim Penghujan/Off Season

Berikut beberapa langkah pengolahan lahan gambut menjadi lahan yang produktif untuk bertanam cabai:

Pengolahan Tanah

Kunci utama kesuksesan bertanam cabai pada lahan gambut adalah sistem pengolahan tanah yang baik dan benar, khususnya pada pembuatan bedengan untuk menanam cabai. Bedengan yang baik untuk lahan gambut adalah dengan ukuran lebar sekitar 100 – 120 cm, dengan tinggi 40 cm dan jarak antar bedengan 150 cm. Ukuran tersebut dibuat dengan mempertimbangkan muka air tanah. Sehingga permukaan bedengan berada diatas muka air tanah. Hal itu dapat mencegah kerusakan akar karena pembusukan.

Dalam pembuatan bedengan untuk bertanam cabai, pada permukaan tanah bagian atas bedengan tidak perlu melakukan pengolahan. Lapisan tanah yang perlu Anda olah adalah bagian tanah yang berada pada bagian samping bedengan. Naikkan bagian tanah tersebut ke atas bedengan sekitar kurang lebih 25 cm.

Setelah bedengan Anda terbentuk, maka tambahkan dolomit atau kapur untuk mengurangi kadar asam pada tanah. Tambahkan dolomit sekitar 5 ton/ha. Setelah pemberian dolomit, kemudian tambahkan pupuk kandang sapi dengan cara ditabur merata dengan dosis sekitar 30 ton/ha. Gunakan juga mulsa plastik untuk memutus sirkulasi hama yang sering berkembang biak pada tanah. Selain efektif memutus perkembangan hama, mulsa juga efektif untuk menekan pertumbuhan tanaman pengganggu/gulma, menjaga suhu tanah, mengurangi penguapan tanah sehingga kelembaban tanah terus terjaga.

Pemupukan

Dalam memberikan pupuk dasar pada proses bertanam cabai, sebaiknya Anda berikan satu minggu sebelum proses tanam. Pupuk dasar yang bisa Anda berikan pada budidaya tanaman cabai lahan gambut adalah terdiri dari pupuk kandang kotoran ayam sebanyak 30 ton/ha, pupuk phonska 700kg/ha dan pupuk KCL sebanyak 150 kg/ha. Sedangkan pemupukan susulan bisa Anda berikan pada saat tanaman berumur 3 mst, 6 mst dan 9 mst ( minggu setelah tanam ). Berikan masing – masing sekitar sepertiga dari dosis. Pupuk yang Anda berikan pada pemupukan susulan adalah pupuk Urea sebanyak 240 kg/ha. Tambahkan juga pupuk daun secara berkala. Tujuan pemberian pupuk daun pada proses bertanam cabai adalah untuk meningkatkan pertumbuhan dari tanaman cabai Anda.

Pengendalian hama dan penyakit tanaman cabai pada lahan gambut sangatlah penting. Untuk mengatasi hama dan penyakit pada tanaman cabai, sebaiknya Anda lakukan pengawasan secara berkala setiap satu minggu sekali pada budidaya tanaman cabai Anda. Tujuan dilakukan pengawasan seminggu sekali adalah agar Anda bisa mengenali dan mengidentifikasi jenis serangan atau gejala, jenis penyakit atau hama dan musuh alami yang bisa Anda gunakan untuk menanggulangi hama dan penyakit yang menyerang tanaman cabai Anda.

Dalam melakukan pengendalian hama dan penyakit pada tanaman cabai, sebaiknya Anda menggunakan jenis pestisida yang sesuai dengan jenis hama dan penyakit yang menyerang dan tingkat serangan yang telah terjadi pada tanaman cabai Anda. Pastikan juga penggunaan pestisida sesuai dengan ambang batas pengendalian. Selain menggunakan pestisda Anda juga bisa menggunakan perangkap kuning untuk menguragi serangan dari hama tanaman cabai.

bertanam cabai
Pengapuran pada lahan untuk mengurangi kemasaman-Bertanam cabai

Demikian beberapa tips bertanam cabai pada lahan gambut. Lakukan perawatan secara berkala untuk menghasilkan tanaman dengan produktivitas tinggi. Semoga artikel yang kami berikan ini dapat berguna bagi Anda yang ingin mencoba bertanam cabai di lahan gambut. Selamat menanam cabai Anda. 

artikel terkait cabai: Ini Dia Cara Menanam Cabe Hidroponik Dalam Botol

sumber gambar: jitunews, petanihebat

 

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

kelebihan pupuk organik

Inilah 7 Kelebihan Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Kimia

Kelebihan pupuk organik – Salah satu komponen yang terpenting di dalam bidang pertanian adalah pupuk. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *