Halaman Depan / Peternakan / Budidaya Pakan Hijau Pilihan Rumput Gajah Odot Baca Disini

Budidaya Pakan Hijau Pilihan Rumput Gajah Odot Baca Disini

Alternatif pakan pilihan dalam bentuk hijauan yang banyak dianjurkan oleh kalangan kelompok tani sapi adalah rumput gajah odot. Rumput gajah odot adalah jenis rumput pakan ternak hijauan yang terhitung masih baru di Indonesia. Rumput ini berasal dari Negara Amerika Serikat, rumput dengan nama latin Pennisetum purpureum cv. Mott ini konon masih satu jenis dengan rumput gajah. Yang membedakannya adalah rumput gajah odot tumbuh pendek dan mempunyai ketinggian mencapai satu meter, mempunyai batang yang lunak dan tidak berbulu.

artikel terkait pakan ternak: Pakan Ternak Kambing Mineral Block Gizi Tinggi

Untuk menghasilkan produksi rumput gajah odot secara maksimal, maka ada beberapa langkah yang mesti Anda perhatikan.

Pemilihan Lokasi Budidaya

Ada beberapa faktor yang mesti Anda perhatikan dalam pemilihan lokasi penanaman budidaya jenis rumput odot ini.

  • Tingkat kesuburan tanah dan topografi. Lahan subur yang tidak lagi Anda manfaatkan untuk menanam komoditi pangan bisa dimanfaatkan untuk lahan penanaman rumput gajah odot. Untuk penanaman rumput ini hendaknya Anda lengkapi dengan pengolahan lahan yang benar dan pemupukan dengan menyesuaikan dari topografi lahan yang digunakan.
  • Adanya sumber air. Air merupakan sarana bagi rumput ini agar bisa mendapatkan unsur hara di dalam tanah yang nantinya akan disebarkan keseluruh bagian tanaman. Unsur hara ini dibutuhkan sebagai bahan baku proses fotosintesis yang berguna untuk kelangsungan produksi rumput gajah odot.

Pemilihan Bibit/Benih

Hendaknya Anda memilih bibit rumput yang berkualitas. Dengan bibit rumput yang bermutu baik, maka akan menghasilkan hijauan pakan ternak yang berkualitas juga. Adapun keunggulan dari rumput pakan ternak ini adalah:

  • Rumput gajah odot sangat mudah untuk menyesuaikan dengan lingkungan kondisi sekitarnya.
  • Rumput odot sangat mudah untuk dikembangkan atau dibudidayakan.
  • Tanaman ini adalah salah satu pakan dengan kualitas terbaik dan sudah terbukti mampu menjaga kualitas ternak sapi Anda.

Agar Anda bisa menghasilkan produksi rumput gajah ini dengan kualitas terbaik, maka bahan baku yang digunakan untuk bibit tanaman bisa berasal dari stek dan stolon. Stek tanaman ini bisa Anda ambil dari batang rumput gajah odot yang sudah mempunyai cukup umur untuk Anda gunakan sebagai bibit tanaman. Untuk stek rumput, kondisi batang sudah Anda potong dengan ukuran 20 – 30 cm yang terdiri dari 2 – 3 ruas batang rumput. Sedangkan stolon adalah potongan batang rumput yang menjalar pada permukaan tanah dengan membentuk tunas atau anakan.

rumput gajah odot
Bibit rumput gajah odot

Pengelolaan Tanah dan Proses Penanaman

Keberhasilan budidaya rumput gajah odot tergantung dari cara pengolahan tanah pada lahan dan waktu yang tepat pada proses penanaman rumput. Adapun beberapa tahap pengolahan lahan dan proses penanaman rumput odot adalah sebagai berikut:

  • Penanaman rumput gajah odot sebaiknya dilakukan tepat pada saat musim penghujan.
  • Anda harus memperhitungkan jarak waktu dalam pengolahan lahan dengan waktu penanaman rumput odot.
  • Adapun proses pengolahan lahan rumput gajah odot dapat Anda lakukan dengan 4 cara berikut. 1) Bersihkanlah lahan dari gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman rumput Anda. Bersihkan juga semak belukar disekitar lahan. 2) Lakukan pencangkulan pada tanah untuk menggemburkan. Pencangkulan bisa Anda lakukan pada lahan yang tidak terlalu luas. Tetapi jika lahan yang akan Anda gunakan mempunyai luas yang besar, maka Anda bisa melakukan pembajakan. 3) Tujuan dari penggemburan tanah adalah untuk menghancurkan bongkahan – bongkahan tanah yang keras agar menjadi tanah yang lunak sehingga tanaman mampu dengan mudah menyerap unsur hara. Pada lahan yang miring penggemburan dilakukan dengan menyesuaikan kondisi pada lahan. Pada saat proses penggemburan Anda bisa melakukan pemupukan dasar. 4) Pemupukan dasar bisa Anda lakukan dengan menggunakan pupuk NPK dengan rincian setiap hektarnya membutuhkan 80 kg TSP, 60 kg KCL dan 110 kg Urea. Setelah Anda melakukan pemupukan dasar kemudian diamkan lahan selama 7 hari.
  • Metode penanaman rumput gajah odot dilakukan secara stek dan stolon. Cara stek dilakukan dengan cara memasukkan kurang lebih 30 % dengan kemiringan 30 derajat. Untuk penanaman model stolon caranya adalah dengan menimbun bagian stolon yang berjarak 30 – 50 cm dari buku. Untuk jarak tanam Anda bisa menggunakan variasi 90 x 60 cm, 90 x 90 cm dan 60 x 120 cm.

Perawatan Tanaman

Adapaun beberapa kegiatan perawatan rumput pakan ternak ini yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan produksi rumput gajah odot adalah sebagai berikut:

  • Lakukan pendangiran. Pendangiran dilakukan sebanyak 3 – 4 kali dalam setahun atau bisa juga dilakukan pada saat kegiatan pemangkasan. Pendangiran rumput gajah odot bisa Anda lakukan dengan dua cara. Cara pertama adalah membersihkan tanaman liar baru kemudian menggemburkan tanah sekitar tanaman. Sedangkan cara yang kedua adalah langsung melakukan pencangkulan disekitar tanaman rumput gajah odot.
  • Pemupukan dilakukan dengan tujuan untuk menambah zat – zat yang dibutuhkan tanaman. Selain itu pemupukan dilakukan untuk mempertahankan kesuburan dan memperbaiki struktur tanah.
  • Lakukan pengairan setelah 7 hari pasca pemupukan. Jangan lakukan pengairan sampai air menggenang karena akan menyebabkan kematian pada tanaman rumput odot Anda.
rumput gajah odot
Penanaman stek bibit rumput gajah odot

Pemanenan Rumput

Panen harus dilakukan tepat waktu. Jika waktu tidak tepat atau melebih waktu yang ditentukan maka akan berpengaruh terhadap kandungan gizi rumput gajah odot. Dianjurkan untuk melakukan panen pertama pada saat umur tanaman berkisar 60 – 70 hari setelah tanam. Pada panen selanjutnya jika musim penghujan maka panen dapat dilakukan pada umur 40 – 45 hari. Sedangkan pada musim kemarau panen rumput bisa dilakukan pada saat 50 – 55 hari. Kami sarankan menggunakan sabit yang tajam untuk melakukan panen. Lakukan pemotongan saat posisi daun bersentuhan dengan tanah, hal ini dimaksudkan agar merangsang munculnya tunas – tunas baru.

Peremajaan Tanaman

Lakukan peremajaan pada tanaman rumput gajah odot Anda saat berumur 3 – 4 tahun. Peremajaan bisa dilakukan secara bertahap. Caranya adalah dengan menanam stek atau stolon baru diantara tanaman lama. Setelah tanamam dari setek atau stolon baru tumbuh makan lakukan pembongkaran pada tanaman lama. Lakukan seterusnya, sehingga kebutuhan rumput gajah odot tetap terus tersedia sepanjang waktu.

Pakan ternak alternatif: Mengubah Keong Menjadi Pakan Ternak Berkualitas

sumber gambar: tokoternak, bukalapak, lembahgoganti

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

inseminasi buatan pada sapi

4 Cara Wajib Merawat Ternak Setelah Inseminasi Buatan Pada Sapi

Pada inseminasi buatan pada sapi, kunci sukses inseminasi buatan selain kesehatan reproduksi ternak yang baik …

Budidaya Pakan Hijau Pilihan Rumput Gajah Odot Baca Disini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Budidaya Pakan Hijau Pilihan Rumput Gajah Odot Baca Disini