Halaman Depan / Peluang Usaha / Alternatif Peluang Usaha Olahan Ikan Laut Ini Wajib Anda Coba

Alternatif Peluang Usaha Olahan Ikan Laut Ini Wajib Anda Coba

Ingin memulai usaha tetapi masih bingung ingin usaha apa? Kenapa Anda tidak mencoba untuk memulai bisnis kuliner. Salah satu usaha kuliner yang Anda bisa coba adalah usaha kuliner aneka olahan ikan laut. Ikan adalah salah satu sumber bahan pangan yang sangat digemari oleh masyarakat di Indonesia. Hal ini didukung pula dengan lokasi Indonesia yang dikelilingi oleh lautan yang luas. Sehingga kebutuhan akan ikan selalu tercukupi dengan baik.

artikel ikan lainnya: Peluang Usaha Budidaya Ikan Konsumsi

Berikut beberapa peluang usaha kuliner aneka olahan ikan laut yang kami rangkum untuk Anda yang ingin memulai usaha kuliner ikan.

Usaha Olahan Ikan Asin

Olahan ikan laut ini mungkin terdengar “ndeso”, tetapi jika Anda jeli maka peluang olahan ikan laut ini adalah usaha yang sangat menjanjikan. Bahan baku ikan yang bisa Anda gunakan adalah ikan tenggiri, ikan kakap. Anda juga bisa menggunakan ikan kembung dan ikan teri sebagai bahan utama pembuatan ikan asin.

olahan ikan laut
Olahan ikan laut menjadi ikan asin

Kendala dalam usaha olahan ikan laut ini adalah cuaca. Jika cuaca sedang hujan maka ikan asin tidak dapat dijemur. Kondisi seperti ini akan membuat ikan asin tidak kering dan ikan tidak dapat Anda jual.

Usaha Olahan Kuliner Ikan Asap

Ikan adalah bahan makanan yang sangat mudah untuk rusak atau basi. Salah satu cara pengolahan untuk memperlama umur simpan ikan adalah dengan metode pengasapan. Selain memperlama umur penyimpanan, pengasapan juga akan menambah cita rasa olahan ikan laut ini.

Jenis olahan ikan asap yang banyak digemari oleh masyarakat adalah ikan tuna, ikan pari, ikan layaran dan ikan cakalang. Pengolahan ikan asap bisa juga di proses pada ikan air tawar. Persaingan olahan ikan laut asap ini adalah peluang usaha yang sangat menguntungkan. Persaingannya pun masih sedikit.

Usaha Olahan Kuliner Ikan Bakar

Kuliner adalah usaha yang tidak mengenal krisis. Begitu juga dengan usaha kuliner olahan ikan laut bakar. Peluang usaha bisnis ikan bakar sangat terbuka lebar bagi siapa saja. Jika Anda pandai dalam mengolah ikan dan menciptakan rasa yang spesial pada ikan bakar olahan Anda maka konsumen akan selalu kembali untuk mencicipinya.

Usaha Olahan Ikan Laut Bandeng Presto

Siapa yang tidak mengenal jenis olahan ikan ini? Bandeng presto adalah olahan ikan yang sangat populer. Cara pengolahannya adalah dari olahan ikan bandeng kemudian dipresto. Presto adalah cara memasak dengan menggunakan uap air yang dipanaskan. Uap inilah yang menjadikan proses presto berbeda dengan proses mengkukus.

Bumbu untuk menghasilkan rasa presto yang lezat pun sangat sederhana. Seperti bawang putih, garam dan kunyit. Namun, Anda juga bisa berinovasi jika ingin menghasilkan rasa presto yang lebih lezat lagi.

olahan ikan laut
Olahan ikan bandeng presto

Usaha Olahan Ikan Balita

Ikan balita atau baby fish adalah jenis olahan ikan laut yang bisa Anda gunakan untuk memulai bisnis kuliner ikan. Baby fish biasanya sudah bisa dikonsumsi pada saat ikan berusia 30 – 45 hari dan berukuran 5 – 7 cm. ikan balita ini biasanya diolah menjadi keripik ikan ataupun digoreng langsung sampai kering dan kriuk. Rasa yang dihasilkan baby fish ini sangat renyah dan lezat pada saat dikonsumsi.

Usaha Olahan Nugget Ikan

Nugget adalah makanan yang mempunyai banyak penggemar. Makan ini sangat mudah dan cepat dalam penyajiannya. Nugget ikan merupakan sumber protein yang hewani yang sangati dibutuhkan oleh tubuh. Permintaan akan olahan ikan laut jenis nugget saat ini sangat tinggi dan ini merupakan sebuah peluang usaha yang bisa Anda manfaatkan.

Peluang usaha olahan ikan ini bisa Anda lakukan dengan modal kecil. Saat ini produk nugget yang menguasai pasaran adalah nugget ayam, untuk nugget ikan sendiri masih sedikit yang menekuninya sehingga usaha ini masih sangat terbuka lebar. Untuk bahan baku pembuatan nugget ikan Anda bisa menggunakan hampir semua jenis ikan yang ada.

Usaha Olahan Kerupuk Ikan

Kerupuk adalah makanan yang sangat populer di masyarakat Indonesia. Bahkan beberapa orang mewajibkan adanya kerupuk saat akan makan. Kerupuk pada dasarnya hanya terbuat dari tepung namun Anda bisa menginovasikannya dengan mencampurkan daging ikan. Ikan dapat Anda jadikan campuran kerupuk karena bahannya sangat mudah untuk didapatkan. Hampir semua jenis ikan bisa Anda jadikan bahan baku pembuatan kerupuk.

Modal yang dibutuhkan dalam pembuatan kerupuk ikan ini tidaklah besar, Anda bisa menjadikan usaha ini sebagai usaha sampingan atau usaha rumahan. Cara pengolahannya pun sangat mudah dan tidak memakan waktu yang lama.

artikel terkait kerupuk: Peluang Usaha Bisnis Kerupuk Yang Menjanjikan

Usaha Olahan Abon Ikan

Abon terbuat dari serat – serat daging yang nampak seperti kapas dan dalam kondisi kering. Bahan baku pembuatan abon ikan adalah daging ikan. Abon ikan terbilang masih sedikit yang menekuninya untuk dijadikan usaha, sehingga ini membuka peluang Anda untuk berkecimpung di dalamnya. Harga abon ikan dipasaran lebih murah dibandingkan dengan abon daging. Sehingga daya jualnya pun tinggi karena harganya yang murah.

olahan ikan laut
Olahan abon ikan

Demikian aneka olahan ikan laut yang bisa kami rangkum untuk Anda, semoga bisa menjadi inspirasi. Terima kasih.

sumber gambar: hartaku, trendezia, antaranews

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

pembenihan ikan mas

Intip Di Sini 6 Tips Sukses Bisnis Pembenihan Ikan Mas

Dari sekian banyak jenis ikan air tawar yang ada di Indonesia, ikan mas adalah salah …

Alternatif Peluang Usaha Olahan Ikan Laut Ini Wajib Anda Coba


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Alternatif Peluang Usaha Olahan Ikan Laut Ini Wajib Anda Coba