Halaman Depan / Peluang Usaha / Peluang Usaha Renyah Dengan Bisnis Kerupuk Teripang

Peluang Usaha Renyah Dengan Bisnis Kerupuk Teripang

Kerupuk teripang – Anda pasti adalah seorang penggemar makanan kerupuk? Yup bagi Anda yang penggemar kerupuk sangat aneh rasanya jika mengkonsumsi nasi, mie ataupun bakso tanpa makanan pendamping ini. Kerupuk sering Anda jumpai pada berbagai restoran, warung – warung tegal, rumah makan padang dan lain sebagainya.

kerupuk teripang
Bahan baku pembautan kerupuk

Di Indonesia kerupuk sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Dengan harga yang murah, kerupuk juga dengan mudah bisa didapatkan di toko – toko atau pasar dekat dengan lingkungan Anda. Kini perkembangan kerupuk tidak hanya dikenal sebagai pendamping lauk saja, kerupuk sudah semakin berkembang dengan sedikit kreativitas dan inovasi. Saat ini kerupuk sudah menjadi camilan untuk disuguhkan pada tamu atau menemani waktu santai Anda.

artikel peluang usaha lainnya: 7 Inspirasi Peluang Usaha Pertanian Yang Menjanjikan

Salah satu inovasi kerupuk yang sekarang sedang berkembang adalah kerupuk teripang. Kerupuk teripang sangat cocok untuk cemilan dan mempunyai cita rasa yang khas. Kerupuk yang satu ini juga mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah sebagai penyembuhan diabetes. Jangan heran jika saat ini peluang bisnis kerupuk teripang sudah mulai dilirik oleh pebisnis untuk dijadikan sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Memulai Bisnis 

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis kerupuk teripang dengan modal kecil maka bisnis ini sangat cocok sekali. Kerupuk teripang adalah olahan dari hasil laut yang sangat cocok untuk dijalankan dengan kondisi di Indonesia. Bisnis kerupuk teripang ini bisa Anda jadikan sebagai bisnis rumahan ataupun bisnis sampingan dengan skala kecil. Usaha kerupuk ini mempunyai potensi yang bagus untuk mendatangkan keuntungan yang besar jika Anda menekuni dengan bersungguh – sungguh.

Untuk memulai bisnis kerupuk teripang ini bisa Anda mulai dengan mengetahui apa saja yang dibutuhkan, misal bahan – bahan apa saja yang digunakan, alat apa saja yang dibutuhkan, tempat usaha dan lain sebagainya.

Keuntungan Bisnis

Sudah banyak orang yang meilirik bisnis ini untuk dijadikan usaha dengan berbagai alasan. Selain akan mendapatkan keuntungan yang sangat menjanjikan, olahan ini mempunyai banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Keunggulan inilah yang membuat banyak konsumen menjatuhkan pilihannya pada kerupuk teripang.

Keuntungan lainnya dalam bisnis kerupuk teripang ini adalah kebutuhan atau permintaan akan kerupuk ini terus meningkat dan itu adalah peluang pasar yang bisa menguntungkan Anda. Permintaan kerupuk ini terus meningkat karena masyarakat Indonesia yang sangat gemar untuk mengkonsumsi kerupuk. Proses pembuatan kerupuk teripang tidaklah terlalu sulit. Jadi? Tunggu apa lagi Anda bisa segera untuk memulai bisnis kerupuk ini.

Hambatan Dalam Bisnis 

Hambatan yang sering terjadi dalam sebuah bisnis adalah banyaknya pelaku sejenis yang mulai bermunculan dan siap untuk bersaing dengan produk Anda. Sehingga persaingan di pasaran akan semakin ketat. Faktor penghambat lainnya adalah dari bahan bakunya sendiri. Tekstur teripang yang kurang menarik kadang mengakibatkan masyarakat tidak ingin mengkonsumsinya.

Cuaca adalah kondisi yang bisa menjadi hambatan dalam bisnis kerupuk Anda. Jika cuaca sering hujan maka produksi kerupuk teripang akan menurun karena proses penjemuran tidak akan berjalan dengan maksimal.

Strategi Pemasaran 

Untuk memasarkan produk camilan kerupuk ini, Anda bisa menjualnya ke dalam kemasan plastik ataupun alumunium foil. Setelah itu Anda bisa menitipkan pada warung makan, restoran, pasar swalayan, pusat oleh – oleh dan beberapa tempat yang berpotensi untuk penjualan kerupuk teripang Anda.

Untuk pengemasan produk selain menggunakan plastic, Anda bisa juga bisa menambahkan label kemasan yang menarik dan unik. Kemasan yang menarik akan menarik perhatian konsumen untuk membelinya. Kemas produk kerupuk teripang Anda dalam berbagai ukuran. Misalnya seperti ukuran 500 gram atau 1000 gram.

Konsumen 

Pada umumnya semua orang menyukai kerupuk baik itu tua maupun muda. Kerupuk hasil olahan laut yang banyak diperjual belikan sangatlah beraneka ragam, baik itu kerupuk kerang, kerupuk cumi, kerupuk ikan dan kerupuk teripang. Kerupuk tersebut tidak hanya dijadikan sebagai pelengkap hidangan saja, tetapi cocok juga dikonsumsi sebagai camilan disaat santai. Oleh karena itu bidiklah segmen pasar yang pas. Segmen pasar tersebut meliputi rumah tangga, restoran, pasar swalayan maupun di toko pusat oleh – oleh disekitar Anda.

kerupuk teripang
Kerupuk teripang

Kunci Sukses Bisnis 

Pastikan Anda benar – benar menguasai cara membuat kerupuk teripang dengan benar agar ada nilai tambah pada produk Anda. Ciptakanlah varian – varian baru agar konsumen Anda semakin menarik konsumen. Misalnya Anda menciptakan varian rasa baru yang belum ada di pasaran sama sekali. Pilih juga bahan baku dengan kualitas terbaik dan hindari pemakaian bahan kimia yang berbahaya. Kemas produk kerupuk Anda dengan menggunakan kemasan yang menarik dan terjamin kebersihannya. Selamat mencoba dan selamat menjalankan bisnis kerupuk ini. 

peluang bisnis lainnya: Peluang Usaha Telur Asin Aneka Rasa, Rasakan Keuntungannya

sumber gambar: yuwienda, mochtarlazim

 

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

olahan dari ikan

Kisah Sukses-Olahan Dari Ikan Untungnya Memang Memanjakan

Memanfaatkan hasil tangkapan dari laut ibu Shofia Aqilah bisa memproduksi berbagai macam variasi produk makanan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *