Halaman Depan / Peluang Usaha / Investasi Pohon Ini Bisa Memberi Anda Keuntungan Besar

Investasi Pohon Ini Bisa Memberi Anda Keuntungan Besar

Investasi pohon – Negara Indonesia sangat terkenal dengan aneka tanaman pohonnya yang beraneka ragam. Hal inilah yang memancing inspirasi dari beberapa wirausahawan untuk dijadikan lahan bisnis mereka. Bisnis tersebut adalah investasi pohon. Investasi pohon ini sangat menguntungkan maka tidak heran dari tahun ketahun muncul wirausahawan baru dalam bisnis ini.

Ada beberapa jenis pohon yang bisa Anda investasikan.

Investasi Pohon Karet

Pohon karet adalah tanaman yang sangat penting untuk menunjang proses kegiatan manusia sehari – hari. Mengapa demikian? Karena pohon ini menghasilkan getah yang kemudian diolah untuk menghasilkan produk berbahan dasar karet. Seperti ban motor atau ban mobil. Iklim dan cuaca di Indonesia sangat mendukung untuk perkembangan pohon karet.

artikel terkait tanaman karet: 5 Langkah Cara Pembibitan Karet Pada Budidaya Karet

Kebutuhan masyarakat akan bahan dasar karet membuat investasi pohon ini mempunyai peluang yang sangat besar. Akan tetapi Untuk memulai usaha ini Anda harus memiliki lahan yang luas untuk ditanami pohon karet.

investasi pohon
Investasi pohon karet

Investasi Pohon Sengon

Kayu yang dihasilkan pohon sengon adalah jenis kayu keras yang bersifat empuk dengan serat kayu standar. Banyak pengusaha yang telah membudidayakan pohon sengon ini untuk dijadikan investasi. Kayu sengon cocok untuk dijadikan bahan dasar pembuatan furniture dan bahan baku bangunan.

Harga kayu sengon terhitung cukup murah, karena kayu sengon tergolong kayu kelas bawah jika dibandingkan dengan kayu jati. Akan tetapi peluang Anda untuk sukses investasi sengon tetaplah terbuka lebar.

Investasi Pohon Tin

Pohon tin mungkin masih asing terdengar di telinga Anda. Hal ini dikarenakan masing jarang orang yang melakukan investasi pohon tin. Pohon tin sangat langkah ditemui dan langkah di Indonesia. Akan tetapi Anda akan mudah menemuinya di daerah Gresik Jawa Timur.

Pohon tin disebut juga pohon Ara. Buahnya mengandung khasiat untuk kesehatan. Peluang usaha investasi pohon ini masih terbuka lebar, karena masih sedikitnya pesaing yang membudidayakan pohon tin.

Investasi Pohon Jabon

Pohon jabon adalah pohon yang mampu tumbuh dengan cepat hingga mencapai ketinggian 200 m. Selain itu pohon jabon mampu tumbuh subur pada daerah tropis. Untuk kualitas kayu tidak usah dipertanyakan lagi, kayu yang dihasilkan pohon ini sangat berkualitas dan biasa menjadi bahan baku industri. Maka dari itu sangat tidak mengherankan jika permintaan kayu jabon semakin meningkat dari tahun ketahun dan ini adalah peluang usaha yang harus Anda manfaatkan.

 

 

investasi pohon
Pohon jabon

artikel terkait jabon: Investasi Pohon Jabon Untung Berlipat

Investasi Pohon Jati

Sangat tak terbantahkan lagi bahwa pohon jati adalah pohon unggulan. Jika Anda melakukan investasi pohon ini maka keuntungan yang didapatkan sangatlah besar. Permintaan jati yang terus meningkat adalah peluang yang bisa Anda manfaatkan.

Pohon jati dikenal menghasilkan kayu dengan kualitas tinggi dan biasa dipakai sebagai bahan untuk furniture, bahan baku bangunan dan lain – lain. Kayu jati terkenal akan kekuatan dan tahan lamanya. Tak heran jika banyak orang mengincar furniture dengan bahan baku kayu jati ini. Peluang usaha yang sangat menguntungkan bukan?

Jati membutuhkan waktu yang lama untuk bisa Anda nikmati hasilnya.

Investasi Pohon Aren

Arengan piñata atau pohon aren dapat tumbuh baik pada daerah dengan iklim tropis. Pohon yang sangat mirip pohon kelapa ini dapat tumbuh menjulang hingga mencapai ketinggian 25 meter.

Keunggulan pohon aren adalah mampu menghasilkan berbagai macam produk makanan, seperti kolang kaling dan gula aren. Tidak hanya sebagai bahan makanan, pohon aren juga bisa dimanfaatkan untuk campuran obat dan bahan baku kerajinan.

Peluang investasi pohon aren sangatlah menjanjikan jika dilihat dari permintaan akan pohon aren yang terus meningkat.

Investasi Pohon Cendana

Cendana merupakan pohon atau tanaman langka. Cendana digolongkan dalam tanaman industry dan komoditi bagi masyarakat. Hal ini dikarenakan harga jual minyak cendana yang sangat tinggi. Minyak cendana sudah dikenal di masyarakat sebagai obat alternative.

Pohon cendana dapat bertahan hidup pada iklim tropis dengan curah hujan yang cukup. Sekitar 1000 – 3000 mm / tahun dengan suhu udara optimal dan kelembaban udara sekitar 60 %. Pohon cendana dapat hidup pada tanah pasir, kerikil dan lahan gambut.

investasi pohon
Pohon cendana, A=batangmuda, B=batang dewasa, C=batang setelah dikupas

Demikian beberapa pohon yang tumbuh di Indonesia dan bisa Anda gunakan sebagai investasi. Keuntungan pohon – pohon tersebut tidak Anda dapatkan secara instan. Perlu perawatan secara telaten dan pemberian pupuk yang sesuai dengan dosis agar pertumbuhan dan hasil yang Anda inginkan bisa tercapai. Selamat mencoba dalam melakukan investasi pohon ini.

artikel terkait investasi pohon: 6 Langkah Cara Menanam Sengon

sumber gambar: anugerahbersama, tumbuhanbali, desaparakan

 

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

budidaya tanaman lada

Sejahtera Karena Budidaya Tanaman Lada Di lahan Sempit

Budidaya tanaman lada tidak selamanya memerlukan lahan yang luas. Romli telah membuktikannya. Dengan menggunakan lahan …

Investasi Pohon Ini Bisa Memberi Anda Keuntungan Besar


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Investasi Pohon Ini Bisa Memberi Anda Keuntungan Besar