Halaman Depan / Pertanian / Mudah!! Cara Membuat Tanaman Hidroponik Dari Botol Bekas

Mudah!! Cara Membuat Tanaman Hidroponik Dari Botol Bekas

Cara membuat tanaman hidroponik dari botol bekas РBertanam menggunakan sistem hidroponik dengan perlengkapan serta peralatan yang komplit, biasanya biaya awal yang dibutuhkan cukup besar.  Jika untuk sekedar menyalurkan kegemaran atau hobi berkebun, maka bahan dan peralatan dapat disiasati menggunakan bahan yang murah dan sederhana serta mudah didapat disekitar rumah Anda. Untuk melakukan pengujian hidroponik sederhana Anda, maka dapat menggunakan tanaman kangkung darat. Berikut ini adalah beberapa langkah cara membuat tanaman hidroponik dari botol bekas.

artikel terkait: Inilah Cara Menanam Hidroponik Dengan Media Air

Bahan dan alat yang digunakan dalam cara tanam hidroponik sederhana

  • Botol Aqua bekas ukuran 1,5 liter
  • Cutter atau gunting
  • Gelas plastik bekas
  • Solder atau paku
  • Arang sekam
  • Cairan nutrisi hidroponik
  • Bibit kangkung darat

Cara Membuat Tanaman Hidroponik Dari Botol Bekas Model Botol Rebah

Pada cara tanam hidroponik model rebah ini botol  diposisikan sama seperti pipa horisontal. Hal ini juga dapat digunakan sebagai pembelajaran sistem instalasi hidroponik dengan PVC atau pipa paralon yang panjang. Model seperti ini termasuk dalam sistem hidroponik rakit apung yaitu tanpa menggunakan sumbu. Gelas kecil yang sudah diberi lubang secara merata dibagian samping dan bawah memutar. Gelas plastik kecil ini nantinya digunakan sebagai tempat sekam bakar guna penanaman bibit kangkung darat.

Cara membuat tanaman hdiroponik dari botol bekas
Cara membuat tanaman hdiroponik dari botol bekas model rebah

Rebahkan botol, buatlah 2 buah lubang yang cukup besar dibagian sisinya untuk tempat gelas plastik kecil. Apabila menggunakan botol yang lebih besar dan lebih panjang maka jumlah lubang untuk gelas tanam dapat ditambah sesuai ukuran botol. Cara membuat tanaman hidroponik dari botol bekas membutuhkan lubang untuk sirkulasi udara. Lakukan pelubangan dengan solder atau paku/kawat yang sudah dipanasi. Pelubangan dilakukan disekitar lubang yang digunakan untuk lubang tanam. Lubang sirkulasi udara dibuat dengan di atas ketingian air dalam botol.

Sebelum Anda menanam bibit kangkung pada botol, cara membuat tanaman hidroponik dari botol bekas selanjutnya adalah lakukan penyemaian terlebih dahulu. Kemudian kangkung yang telah disemai dipindah tanamkan ke botol. Namun sebelumnya botol harus dibersihkan menggunakan air bersih. Anda dapat membersihkan botol di pancuran keran maupun di dalam ember. Selanjutnya akar dari kangkung dimasukan pada gelas plastik dan sebagian akarnya dikeluarkan melalui lubang bagian bawah pada gelas plastik yang telah dibuat sebelumnya. Hal ini bertujuan supaya akar dapat langsung menyentuh larutan nutrisi.

Supaya nantinya akar dapat langsung menyentuh nutrisi, benamkan akar hingga tanaman dapat berdiri tegak dan kemudian siram dengan air. Masukkan larutan nutrisi kedalam botol kemudian disusul dengan memasukkan gelas plastik yang sudah diisi bibit kedalam lubang tanam pada botol. Cara membuat tanaman hidroponik dari botol bekas yang terakhir adalah agar botol yang bulat ini tidak berguling maka sebaiknya Anda merangkai 3 botol menjadi satu rangkaian dengan cara diikat menggunakan tali maupun di steples pada setiap sisinya.

Cara Membuat Tanaman Hidroponik Dari Botol Bekas Model Botol Berdiri

Pada cara tanam hidroponik ini botol dipotong menjadi dua bagian yaitu bagian atas sepanjang 1/3 panjang botol dan bagian bawah sepanjang 2/3 bagian botol. Potongan bagian atas diposisikan terbalik dengan ujung masuk kedalam botol. Bagian atas ini berfungsi untuk tempat sekam dan tempat penanaman. Pada bagian tutup botol dan sekitarnya diberikan lubang supaya udara dapat bersirkulasi. Bibit kangkung selanjutnya ditanam dengan cara mengeluarkan akar melalui lubang tutup botol hingga akar menyentuh larutan nutrisi.

Karena akar masih terlalu pendek maka Anda membutuhkan sumbu untuk kapilaritas nutrisi sampai ke akar. Sumbu yang digunakan biasanya menggunakan kain flanel, sebab kain flanel ini mempunyai daya serap yang tinggi. Sistem sumbu dalam cara membuat tanaman hidroponik dari botol bekas ini disebut hidroponik wick sistem. Langkah selanjutnya isi botol bagian bawah dengan larutan nutrisi hidroponik. Kedalaman akar tidak perlu terendam semua, namun cukup sebagian saja dan selanjutnya tinggal tunggu tanaman tumbuh dan berkembang.

Tanaman hidroponik sama dengan tanaman pada media tanah yaitu tetap membutuhkan sinar matahari. Oleh sebab itu tempatkan hidroponik ditempat yang mendapat sinar matahari namun jangan sampai kehujanan. Sebab jika kehujanan maka larutan nutrisi dapat menjadi encer dan meluap keluar sehingga kandungan nutrisi dalam botol akan terbuang serta kadarnya akan menurun. Tambahkan nutrisi secara berkala, sebab larutan nutrisi dalam botol akan berkurang dikarenakan diserap oleh tanaman dan penguapan.

Cara membuat tanaman hidroponik dari botol bekas
Cara membuat tanaman hidroponik dari botol bekas model berdiri

Hama dan Penyakit Pada Tanaman Hidroponik

Pada tanaman kangkung terdapat hama dan peyakit yang sering menyerang yaitu kutu putih sedangkan pada tanaman sawi adalah ulat daun. Dikarenakan jumlah hama yang masih terbatas maka pengendalian dilakukan dengan cara manual yaitu dengan di jilas dengan dua jari.

Saran Untuk Perbaikan

  • Supaya larutan tidak ditumbuhi oleh lumut maka cara membuat tanaman hidroponik dari botol bekas sebaiknya botol dicat dengan warna yang gelap atau pun di berikan pembungkus plastik berwarna supaya sinar matahari tidak tembus ke dalam botol.
  • Gunakan botol yang memiliki volume cukup besar, sebab jika terlalu kecil maka larutan nutrisi dalam botol akan cepat habis.
  • Pada saat penanaman masih awal, akar tidak harus selalu menyentuh larutan nutrisi. Sebab dalam prakteknya larutan nutrisi selalu diusahakan supaya dapat mencapai media sehingga tanaman tetap dapat tumbuh dengan baik. Cara yang digunakan biasanya dengan sistem sumbu.
  • Menggunakan spon sebagai media tanam setelah dipraktekan ternyata hasilnya kurang memuaskan.

artikel terkait: Wow, Peluang Usaha Hidroponik Keuntungannya Bisa Mencapai 40 jt/ bulan

Cara membuat tanaman hidroponik dari botol bekas memang sangat mudah. Selain bahannya murah dan mudah dicari, berkebun dengan cara ini juga sangat simpel namun hasilnya memuaskan. Oleh sebab itu cara ini dikatakan sebagai cara yang tepat bagi pemula untuk belajar hidroponik. Pemeliharaannya juga cukup tambahkan nutrisi secara berkala.

sumber gambar: abyspacetion, kabartani

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan

Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Pekarangan Ini Wajib Anda Coba

Cara menanam hidroponik sederhana di pekarangan – Pada tahun-tahun belakangan ini, cara bertanam dengan sistem …

Mudah Cara Membuat Tanaman Hidroponik Dari Botol Bekas


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mudah Cara Membuat Tanaman Hidroponik Dari Botol Bekas