Halaman Depan / Pertanian / Cara Bertanam Hidroponik Bagi Pemula-Baca Disini Untuk Lengkapnya

Cara Bertanam Hidroponik Bagi Pemula-Baca Disini Untuk Lengkapnya

Cara bertanam hidroponik bagi pemula – Bagi Anda yang gemar berkebun namun tidak memiliki banyak waktu luang serta lahan yang Anda miliki terbatas, hidroponik sederhana adalah solusi yang patut Anda coba. Anda tidak perlu menyirami tanaman sebab media yang digunakan dalam hidroponik adalah air. Berkebun dengan hidroponik berarti Anda termasuk orang yang suka dengan kebersihan. Sebab kelebihan dari berhidroponik adalah kebun bersih dan mudah dipindah-pindahkan atau di tata serta tidak perlu berhubungan dengan cacing tanah.

cara bertanam hidroponik bagi pemula
Hidroponik sederhana

Sebelum Anda memulai menanam hidroponik, perlu Anda pikirkan jenis tanaman hidroponik yang akan Anda tanam serta cara berhidroponik apa yang akan akan Anda gunakan. Jika Anda adalah seorang baru belajar atau pemula, sebaiknya mencoba yang paling sederhana dahulu dari berbagai cara dalam hidroponik. Apabila Anda sudah mendapat hasil yang maksimal barulah pindah ke cara lain yang dapat Anda gunakan untuk tujuan komersil.

artikel terkait hidroponik: Peluang Usaha Hidroponik Raih Keuntungan 40jt/bulan

Berikut adalah beberapa bahan cara bertanam hidroponik bagi pemula:

Wadah plastik

Tahap pertama cara bertanam hidroponik bagi pemula adalah menyiapkan wadah. Berbagai bentuk dan macam wadah plastik yang dapat Anda gunakan. Namun yang cukup ideal adalah wadah plastik berbentuk kotak dengan ketinggian 20 cm. Bahkan botol minuman atau soda pun dapat Anda gunakan. Hal yang paling penting dalam hidroponik dasar ini adalah wadah plastik tersebut mampu menyimpan air dan dapat untuk menaruh lubang diatasnya. Wadah bekas yang sudah tidak digunakan pun dapat Anda pakai sebagai hidroponik sederhana.

Tutup plastik atau styrofoam jika menggunakan wadah plastik kotak.

Tahap kedua cara bertanam hidroponik bagi pemula adalah menyiapkan penutup. Menggunakan styrofoam memiliki kelemahan yaitu mudah patah, oleh sebab itu disarankan menggunkan tutup berbahan plastik seperti plastik penutup pagar (impraboard) karena tidak mudah pecah dan mudah dilubangi. Untuk melubanginya Anda dapat menggunakan kaleng ataupun kawat yang dipanaskan serta ukuran disesuaikan ukuran netpot.

Netpot dan sumbunya

Tahapan ketiga cara bertanam hidroponik bagi pemula adalah menyiapkan netpot dan sumbunya. Untuk hidroponik sistem wick (sumbu), Anda memerlukan pot kecil dengan sumbu berbahan kain flanel. Flanel memiliki daya serap yang tinggi, mampu menyerap air dan nutrisi dalam wadah untuk diteruskan ke akar tanaman. Selain itu flanel juga sebagai media perambatan akar hingga masuk kedalam wadah yang berisi air nutrisi.

cara bertanam hidroponik bagi pemula
Cara bertanam hidroponik bagi pemula dengan botol bekas

Rockwool

Rockwool merupakan serat yang terbuat dari batu yang dipanaskan dan menghasilkan serat yang menyerupai kapas. Pembenihan sangat baik apabila menggunakan rockwool khususnya untuk pembenihan hidroponik. Maka tahapan selanjutnya dalam cara bertanam hidroponik bagi pemula adalah menyiapkan rockwool.

Nutrisi

Saat ini telah banyak toko-toko pertanian yang menjual nutrisi hidroponik A dan B, baik untuk tanaman buah-buahan maupun sayuran. Nutrisi adalah hal penting dalam cara bertanam hidroponik bagi pemula. Nutrisi harus dilarutkan kedalam air satu persatu, jika dilakukan bersamaan dalam satu tempat maka akan terjadi penggumpalan. Kandungan yang terdapat dalam nutrisi hidroponik yaitu mineral-mineral yang dibutuhkan oleh tanaman. Harga nutrisi hidroponik berkisar antara Rp. 30.000,00 hingga Rp. 100.000,00 tergantung pada merk dan ukuran.

Persiapan Cara Bertanam Hidroponik Bagi Pemula

Siapkan peralatan dan bahan yang akan digunakan untuk hidroponik sederhana. Anda dapat membeli berbagai peralatan serta bahan di toko-toko pertanian disekitar Anda. Bahan dan alat yang harus disiapkan antara lain:

Bahan.

  • Bak plastik lengkap dengan tutupnya.
  • Rockwool.
  • Netpot 12 buah.
  • Sumbu dari kain flanel 12 buah.
  • Nutrisi A dan B.
  • Benih tanaman sayuran atau buah.

Alat

  • Cuter.
  • Lidi/ tusuk gigi.
  • Gergaji besi.
  • Kaleng atau kawat.

Langkah-langkah cara bertanam hidroponik bagi pemula adalah sebagai berikut:

  • Siapkan rockwool yang telah dipotong potong dadu dan siapkan juga benih. Potonglah rockwool dengan menggunakan cuter atau gergaji besi.
  • Lubangi rockwool dengan menggunakan lidi atau tusuk gigi, kemudian basahi sampai terlihat basah kemudian tiriskan sebentar (jangan diperas)
  • Tempatkan beberapa benih pada lubang rockwool dengan rapi
  • Simpan pada tempat atau wadah semacam baki kemudian tempatkan ditempat yang gelap.
  • Dalam sehari hingga dua hari, benih sudah berkecambah. Kemudian pada hari ke empat kenalkan benih tersebut dengan sinar matahari supaya batang tanaman tidak menjadi kurus, tinggi, langsing (etiolasi).
cara bertanam hidroponik bagi pemula
Pembibitan hidroponik
  • Campurkan nutrisi dan ikuti petunjuk pada kemasan supaya takarannya tepat.
  • Pindahkan rockwool dengan benih berdaun empat (minimal) ke net pot yang telah dipasangi sumbu. Kemudian langsung tempatkan pada wadah plastik yang telah diisi dengan larutan air bernutrisi. Pastikan sumbu hingga ke batas bawah ketinggian larutan air bernutrisi dalam wadah plastik.
  • Tempatkan tanaman hidroponik pada tempat yang sejuk dengan sinar matahari yang tercukupi. Hindari kehujanan supaya nutrisi tidak tumpah atau luber dari wadah. Gunakan atap plastik tranparan supaya tidak kehujanan namun tetap mendapat sinar matahari.
  • Penggantian nutrisi tanaman hidroponik dapat dilakukan setiap dua minggu sekali hingga panen.

Catatan:

  • Untuk cara bertanam hidroponik bagi pemula gunakanlah tanaman hidroponik sayur karena mudah perawatannya. Tanaman sayur pada hidroponik umumnya adalah sayuran yang berumur pendek, misal; kangkung, selada, bayam,pakcoy dan sebagainya.

artikel hidroponik lainnya: 7 Langkah Ampuh Pemasaran Sayuran Hidroponik

sumber gambar: usahacerdas, hidroponiklombok, saefullah

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara tanam cabe hidroponik

5 Langkah Mudah Cara Tanam Cabe Hidroponik Bagi Pemula

Cara tanam cabe hidroponik – Belakangan ini harga cabe di Indonesia sangat tinggi, oleh sebab …

Cara Bertanam Hidroponik Bagi Pemula-Baca Disini Untuk Lengkapnya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Bertanam Hidroponik Bagi Pemula-Baca Disini Untuk Lengkapnya