Halaman Depan / Pertanian / Cara Berkebun Hidroponik Untuk Pemula Tipsnya Ada Disini

Cara Berkebun Hidroponik Untuk Pemula Tipsnya Ada Disini

Cara berkebun hidroponik untuk pemula – Ayo mulai bertanam. Selain dapat membantu penghijauan di lingkungan sekitar, bertanam juga merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan untuk dikerjakan di rumah. Di daerah perkotaan saat ini terasa sangat susah untuk berkebun terutama bagi Anda yang memiliki lahan yang sangat terbatas. Salah satu solusi bagi Anda yang yang memiliki lahan yang terbatas, kesibukan yang cukup padat namun tetap ingin berkebun adalah dengan cara berkebun hidroponik.

Bertanam dengan hidroponik mungkin Anda sudah sering mendengar istilah ini. Sebab, bertanam dengan menggunakan sistem hidroponik saat ini sedang populer untuk mengatasi berbagai masalah seperti keterbatasan lahan dan minimnya media tanam seperti tanah di daerah perkotaan. Hidroponik berasal dari bahasa yunani yakni “hydro” yang berarti air dan “ponics” yang berarti tenaga atau daya.

cara berkebun hidroponik untuk pemula
Hidroponik pemula dengan botol bekas

Dapat disimpulkan bahwa bertanam dengan menggunakan sistem hidroponik yaitu bertanam dengan menggunakan media air atau tanpa menggunakan tanah. Artinya bertanam dengan hidroponik lebih difokuskan paka kekuatan nutrisi dalam air. Untuk dapat sukses dalam bertanam dengan hidroponik terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan salah satunya adalah nutrisi yang dilarutkan dalam air sebagai media tumbuh kembangnya. Dengan adanya nutrisi yang terlarut dalam air inilah tanaman dapat memenuhi kebutuhan supaya dapat tumbuh dengan maksimal.

artikel terkait hidroponik: Cara Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana

Kandungan nutrisi yang dimaksutkan disini adalah bahan-bahan yang memiliki kandungan-kandungan yang dibutuhkan oleh tanaman dan sebagai pengganti kandungan yang terdapat dalam tanah. Media yang dapat digunakan dalam bertanam menggunakan sistem hidroponik dan sebagai pengganti tanah diantaranya: sabut kelapa, pasir, serat mineral, pecahan batu bata/genteng, kayu dan sebagainya.

Tanaman yang populer untuk ditanam dengan sistem hiroponik yaitu berbagai jenis sayuran misal: selada, pakchoy, tomat, bayam, cabai, bawang, kangkung, sawi, brokoli, strowbery, kailan dan sebagainya. Beberapa jenis sayuran tersebut memang sedang menjadi primadona dalam dunia pertanian modern, terutama bagi para pecinta sayuran atau vegetarian yang selalu memperhatikan unsur proses dalam pembuatan suatu makanan dan selalu memastikan apakah makanan yang dibuat mengandung bahan kimia ataupun tidak.

Kelebihan Bertanam Secara Hidroponik

Berkebun hidroponik memiliki berbagai macam kelebihan, adapun kelebihan-kelebihan yang dimiliki cara berkebun hidroponik untuk pemula akan kami bahas supaya Anda lebih bersemangat dalam menjalankan hidroponik dirumah Anda. Kelebihan–kelebihan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Hemat Lahan.

Terbatasnya lahan merupakan suatu masalah yang umum dialami oleh masyarat yang tinggal di perkotaan maupun perumahan. Media tanam berupa tanah sangat terbatas di daerah perkotaan, namun masalah ini dapat diatasi jika bertanam dengan sistem hidroponik. Sebab apabila menggunakan sistem hidroponik ini Anda dapat menanam dimana saja sesuai keinginan dan dengan sistem hidroponik maka Anda tidak membutuhkan media tanah dan juga dapat dibuat dengan sistem bertingkat. Oleh sebab itu Anda tidak membutuhkan lahan yang luas.

  • Go Green.

Sistem bertanam dengan sistem hidroponik sudah terbukti aman dan ramah lingkungan. Sebab dalam sistem hidroponik tidak menggunakan bahan kimia misal pestisida ataupun obat-obatan yang bisa merusak tanah.

  • Aman Dimakan

Hasil panen dari tanaman hidroponik dapat dimakan secara utuh mulai daun hingga akar, hal ini disebabkan tanaman dengan sistem hidroponik terhindar dari kotoran serta hama seperti cacing tanah dan sebagainya.

  • Pertumbuhan Lebih Cepat

Anda bisa mengontrol pertumbuhan dari tanaman yang ditanam dengan sistem hidroponik. Oleh sebab itu tanaman yang ditanam dapat tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan tanaman yang ditanaman dengan cara konvensional yaitu dengan media tanah.

  • Hemat Biaya

Dengan bertanam menggunakan sistem hidroponik maka akan lebih menghemat biaya pemeliharaan, sebab Anda tidak perlu menggunakan pupuk tambahan maupun obat-obatan pembasmi hama dan sebagainya.

  • Hemat Energi

Apabila Anda bertanam dengan menggunakan sistem hidroponik maka Anda akan lebih hemat energi. Sebab dengan menggunakan sistem ini, Anda tidak perlu menyirami tanaman dengan air. Sistem hidroponik menggunakan larutan nutrisi yang sudah tertampung dalam suatu wadah yang digunakan dalam sistem hidroponik. Sehingga Anda hanya cukup mengontrol wadah nutrisi tersebut secara berkala.

artikel lainnya: Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas

Cara Berkebun Hidroponik Untuk Pemula

Cara berkebun hidroponik untuk pemula yang termudah adalah dengan menggunakan hidroponik sederhana sistem  WICK. Sistem wick sesuai dengan arti kata wick yaitu sumbu. Media yang digunakan dalam sistem ini adalah sumbu sebagai media perambatan nutrisi menuju tanaman. Selain mudah penggunaanya, bahan yang digunakan pada sistem ini pun mudah didapat.

Bahan yang dibutuhkan dalam cara berkebun hidroponik untuk pemula sistem wick adalah sebagai berikut:

Media Tanam

  • Rockwool
  • Dacron
  • Busa bekas
  • Gulungan kapas
  • Gulungan kain flanel

Pilih salah satu dari beberapa media tersebut.

Botol Bekas, Untuk cara berkebun hidroponik untuk pemula ini Anda bisa gunakan botol dengan ukuran 600 ml.

Sumbu. Dalam cara berkebun hidroponik untuk pemula dapat menggunakan kain flanel/ sumbu kompor/ kain yang dapat menyerap air.

cara berkebun hidroponik untuk pemula
Cara berkebun hidroponik untuk pemula botol bekas-hidroponik sederhana

Sistem hidroponik sederhana ini adalah cara termudah dalam bertanam dengan hidroponik. Anda dapat memulainya saat ini juga, apabila Anda memiliki kemauan yang kuat, maka beberapa minggu kedepan Anda dapat melihat hasilnya. Demikian cara berkebun hidroponik untuk pemula yang bisa Anda praktekkan, selamat mencoba.

artikel terkait hidroponik: Peluang Usaha Hidroponik Dengan Keuntungan 40 Juta/Bulan

sumber gambar: animhosnan, belajarbarenghidroponik,lintangstore

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

fungisida organik

Langkah Mudah Cara Membuat Fungisida Organik – Baca Di sini

Fungisida organik – Bercocok tanam atau bertani saat ini telah menjadi lahan bisnis yang mempunyai …

2 komentar

  1. Muhammad sirat zailani

    Rockwool dan dacron itu apa ya mas, mohon pencerahannya. Maklum saya masih pemula

    • admin-infoagribisnis

      rockwol ata dacron merupakan media tanam pada budidaya tanaman hidroponik, yang fungsinya sebagai media penyangga bagi perakaran tanaman, selai itu rockwol juga dapat menyiapan air sehingga kelembaban dapat terjaga dengan baik.

Cara Berkebun Hidroponik Untuk Pemula Tipsnya Ada Disini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Berkebun Hidroponik Untuk Pemula Tipsnya Ada Disini