Halaman Depan / Peluang Usaha / 9 Peluang Usaha Budidaya Unggas Ini Patut Anda Coba

9 Peluang Usaha Budidaya Unggas Ini Patut Anda Coba

Di Indonesia peluang usaha ternak masih sangat terbuka lebar khususnya budidaya unggas. Namun, budidaya unggas juga bukan budidaya yang mudah, sebab unggas termasuk hewan yang rentan terserang penyakit, stres dan sebagainya. Namun jika dilihat dari tingginya permintaan maka keuntungan yang diperoleh dari peluang usaha ternak ini sepadan dengan resiko yang dihadapi.

Berikut adalah beberapa peluang bisnis dalam budidaya unggas yang dapat Anda jadikan pertimbangan untuk dijadikan sebuah usaha.

4 Peluang bisnis Budidaya Ayam Konsumsi

Peluang Bisnis Ayam Broiler

Ayam broiler merupakan salah satu jenis ayam ras dengan daya tumbuh yang sangat cepat yaitu 5-7 minggu sudah siap panen. Ayam ini dibudidayakan untuk diambil dagingnya guna memenuhi kebutuhan daging ayam yang terus meningkat setiap tahunnya. Oleh sebab itu jangan khawatir ayam Anda tidak laku.

Hingga saat ini para pedagang khususnya dipasar masih kekurangan pasokan daging ayam broiler dari para peternak ayam broiler. Hal ini jelas merupakan suatu peluang bisnis bagi Anda. Dalam budidaya unggas ini, terdapat kendala-kendala yang harus Anda hadapi. Salah satunya adalah ayam broiler sangat rentan terhadap penyakit, sehingga Anda harus rutin melakukan sanitasi dan vaksinasi pada budidaya unggas Anda ini.

budidaya unggas
Budidaya unggas ayam broiler

Peluang Bisnis Budidaya Ayam Kampung Super

Budidaya ayam kampung super termasuk bisnis yang sangat menjanjikan. Sebab, ayam kampung super memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat dan dapat di panen lebih cepat dari pada ayam kampung pada umumnya. Banyak keunggulan yang dapat Anda peroleh dari budidaya unggas ini, seperti:

  • Harga ayam kampung super lebih tinggi dari pada ayam lainnya.
  • Harga ayam kampung super tetap stabil.
  • Tingkat kekebalan ayam kampung super lebih tinggi dari pada ayam lainnya.
  • Perawatan serta pemeliharaannya tergolong mudah.

artikel terkait ayam kampung: 8 Prisnip Membangun Bisnis Ternak Ayam Kampung

Peluang Bisnis Ayam Bangkok

Pada dasarnya ayam bangkok merupakan ayam yang sering dijadikan sebagai ayam aduan. Pada tahun-tahun terahir ini banyak pebisnis dibidang kuliner menggunakan ayam asal Thailand ini sebagai menu utama. Kurangnya pasokan daging ayam bangkok pada berbagai rumah makan serta bisnis kuliner ini juga masih tergolong baru, maka hal ini merupakan peluang besar bagi Anda yang berminat untuk melakukan budidaya unggas ini.

Keuntungan dari budidaya unggas yang satu ini yaitu kegunaan ayam bangkok cukup fleksibel, sebab ayam ini bisa dijual sebagai ayam aduan dan daging sebagai bahan baku makanan. Harga ayam bangkok sebagai ayam aduan berkisar antara Rp 350.000,- sampai Rp 650.000,- untuk yang berusia 3 bulan hingga 5 bulan. Sedangkan yang berusia 5-8 bulan biasanya mencapai Rp 1.300.000,- dan usia lebih dari 8 bulan harganya mencapai Rp 2.000.000,- per ekor. Peluang usaha ternak yang menggiurkan bukan?

Peluang Bisnis Ayam Arab

Ayam arab merupakan ayam dengan ukuran telur yang lebih besar dari pada ayam lainnya. Ayam arab merupakan salah satu jenis ayam petelur, sebab ayam ini mampu menghasilkan telur sebanyak 255 butir/ tahun. Meskipun ayam arab hampir sama dengan ayam kampung, namun dari segi corak bulunya berbeda. Ayam arab memiliki burik berwarna putih hitam yang dominan.

Uniknya ayam arab tidak mau mengerami telurnya atau tidak memiliki jiwa mengeram seperti ayam kampung pada umumnya. Oleh sebab itu ayam arab sering dijadikan sebagai ayam penghasil telur yang sempurna oleh para peternak budidaya unggas. Selain sebagai usaha peternakan penghasil telur yang optimal, daging ayam arab juga laku dijual. Ayam arab mulai bertelur pada usia 5 bulan dan berakhir pada usia 8 bulan.

artikel terkait ayam arab: Bisnis Ternak Ayam Arab Dan Raih Keuntungannya

Peluang Bisnis Budidaya Ayam Hias

Peluang Bisnis Budidaya Ayam Bekisar

Ayam bekisar merupakan suatu jenis ayam hasil persilangan antara ayam kampung lokal dengan ayam hutan. Ayam bekisar sangat diminati oleh para pecinta hewan hias, sebab memiliki bulu yang cantik dengan peraduan warna yang memikat mata. Ayam ini memiliki tubuh yang menarik karena sedikit gempal dibandingkan dengan ayam biasa. Oleh karna itulah ayam bekisar terlihat unik dan dianggap sebagai ayam yang cantik.

Ayam bekisar memiliki penggemar yang sangat banyak, sehingga peluang bisnis ayam ini sangat prospek dan sangat menjanjikan keuntungan. Namun budidaya unggas yang satu ini juga memiliki tantangan tersendiri, tantangan yang harus dihadapi yaitu ayam ini mudah stres serta sangat rentan terhadap penyakit. Oleh sebab itu Anda harus pandai-pandai saat memilih indukan serta menempatkan kandang. Kedengarannya sedikit rumit namun jika dilihat dari keuntungan yang didapat usaha peternakan ini sangat sepadan.

Peluang Bisnis Budidaya Ayam Serama

Bagi para pecinta ayam hias, tentu sudah tidak asing dengan nama ayam serama. Ayam ini sudah termasuk ayam yang sangat populer di Indonesia. Peluang bisnis budidaya unggas ini kedepan memiliki prospek yang cukup cerah. Unggas ini berbentuk mungil dan gemar melanggak lenggong bak model yang sedang berjalan diatas catwalk.

budidaya unggas
Budidaya unggas ayam serama

Ayam serama termasuk ayam peliharaan yang cocok untuk Anda budidayakan. Ayam serama memiliki tubuh yang mungil dan posturnya tegap seperti ayam kate, sehingga banyak orang yang tertarik untuk memeliharanya. Dalam budidaya unggas ini, Anda tidak perlu memberikan perawatan khusus. Anda cukup memberi makan dan memberikan vaksin secara rutin serta sedikit pijatan-pijatan ringan supaya badan unggas yang satu ini tetap tegap.

Peluang Bisnis Beternak Bebek

Peluang Bisnis Bebek peking

Bebek peking adalah bebek potong atau bebek pedaging dengan kemampunan tumbuh kembang yang sangat cepat. Kebutuhan daging bebek untuk para pengusaha kuliner saat ini sangat besar. Hal ini yang menyebabkan ternak bebek peking menjadi sangat prospek. Ciri khas bebek peking terdapat pada bulu yang menyerupai bulu entok.

Mengingat harga bebek peking yang mahal dibandingkan dengan harga ayam broiler, maka bisnis budidaya unggas ini sangat menjanjikan keuntungan yang besar dan menjadikan bisnis ini sangat prospektif kedepannya. Bebek peking termasuk dalam unggas air yang memiliki ketahanan tubuh yang tinggi terhadap penyakit. Selain itu bebek yang satu ini pertumbuhannya relatif cepat dan persentase kematian yang sangat minim. Hal ini menyebabkan keuntungan yang didapatkan semakin besar.

Peluang Usaha Bebek Petelur

Kebutuhan telur bebek saat ini semakin melonjak terutama untuk bahan baku martabak, telur asin, atau untuk olahan lainnya maupun dikonsumsi secara langsung. Telur bebek memiliki kandungan gizi yang lebih besar dari pada telur ayam, sehingga membuat kebanyakan orang mulai beralih ke telur bebek untuk dikonsumsi. Dengan tingginya permintaan telur bebek membuat usaha peternakan telur bebek menjadi salah satu peluang yang sangat menjanjikan.

Pada budidaya unggas ini, hampir semua bagian dari bebek dapat dijual. Hal ini jelas akan menambah pendapatan Anda. Apabila Anda menginginkan keuntungan yang lebih, Anda dapat menjual telur bebek kepada pengusaha telur Asin. Sebab, pengusaha telur asin biasanya mau membeli telur bebek dengan harga yang tinggi dibandingkan dengan membeli ke pedagang di pasar.

artikel bebek petelur: Rangkuman Ternak Bebek Petelur Agar Hasil Maksimal

Peluang bisnis bebek pedaging

Banyaknya restauran, hotel, rumah-rumah makan, cafe hingga warung tenda yang menyajikan menu masakan bebek. Permintaan menu bebek semakin hari kian meningkat. Hal ini jelas membuat kebutuhan akan daging bebek semakin bertambah dan terus meningkat seiring menjamurnya berbagai jenis usaha yang menyajikan masakan daging bebek.

Budidaya unggas ini jelas menjadi salah satu peluang bisnis yang sarat dengan keuntungan yang sangat menjanjikan. Usaha peternakan bebek juga tidak terlalu rumit seperti yang dibayangkan, Anda hanya membutuhkan ketelatenan dalam pemberian pakan serta harus pintar dalam memilih bibit. Untuk pemasaran pada budidaya unggas ini,

budidaya unggas
Budidaya unggas bebek pedaging

Anda tidak perlu khawatir sebab rumah makan yang menyajikan menu makanan dari daging bebek masih sangat banyak dan setiap harinya masih banyak yang kekurangan stok daging bebek yang berkualitas.

sumber gambar: usabudiya, ayambroiler,saramabontang,ardiwisuku

 

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

budidaya ikan konsumsi

Inilah Peluang Usaha Budidaya Ikan Konsumsi Yang Akan Menguntungkan Anda

Budidaya ikan konsumsi – Indonesia merupakan Negara dengan perairan luas dan didalamnya terdapat berbagai jenis …

9 Peluang Usaha Budidaya Unggas Ini Patut Anda Coba


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 Peluang Usaha Budidaya Unggas Ini Patut Anda Coba