Halaman Depan / Peternakan / 4 Kunci Sukses Dalam Bisnis Penggemukan Sapi Baca Disini

4 Kunci Sukses Dalam Bisnis Penggemukan Sapi Baca Disini

Bisnis penggemukan sapi – Sapi adalah hewan yang mempunyai banyak manfaat. Tapi tahukah Anda bahwa manfaat sapi tidak hanya sebagai bahan konsumsi, tetapi hewan ini juga bisa menghasilkan susu, sampai dengan kulitnya yang digunakan sebagai bahan utama kerajinan dan industri.

artikel terkait sapi potong: Analisis Usaha Budidaya Sapi Potong Skala 25 Ekor Sapi, Cek Disini

Sangat banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memelihara sapi. Akan tetapi dalam pembahasan kali ini, kami akan membahas mengenai bisnis penggemukan sapi. Kami akan membahas hal apa saja yang mesti Anda persiapkan dalam membangun bisnis penggemukan sapi.

Hal – Hal Yang Harus Anda Persiapkan Dalam Bisnis Penggemukan Sapi

Pemilihan Lahan

Jika Anda ingin memulai bisnis penggemukan sapi dengan skala menengah hingga skala besar, maka langkah awal yang harus Anda persiapkan untuk ternak sapi adalah persiapan lahan yang akan digunakan untuk penggemukan sapi. Tentu akan sangat sulit dalam mengembangkan bisnis penggemukan sapi jika lahan yang akan digunakan tidak mendukung bisnis Anda ini. Adapun syarat lahan yang ideal dalam pengembangan bisnis penggemukan sapi adalah sebagai berikut:

  • Lahan dengan ukuran yang luas dan bersih. Lahan harus terbebas dari segala jenis macam penyakit.
  • Lahan penggemukan sapi haruslah jauh dari pemukiman penduduk dan sumber mata air.
  • Usahakan lahan mendapatkan sinar matahari yang cukup.
  • Lokasi atau lahan dekat dengan areal pertanian yang banyak ditumbuhi rerumputan untuk sumber pakan.
  • Lahan banyak terdapat pepohonan yang rindang sehingga lingkungan menjadi sejuk.

Pembuatan Kandang

Setelah pemilihan lahan, maka proses selanjutnya adalah pembuatan kandang sapi. Kandang sapi ada dua tipe yaitu tipe individu dan tipe kelompok. Kandang individu mempunyai keunggulan yaitu dapat memacu pertumbuhan sapi dengan sangat pesat. Hal ini disebabkan karena tidak adanya persaingan dalam memperebutkan bahan pakan. Selain itu sapi memiliki ruang gerak yang terbatas, sehingga sapi tidak akan banyak bergerak dan energi dari makanan hanya digunakan untuk hidup pokok dan proses produksi daging. Ukuran ideal pembuatan kandang individu adalah 2 x 2 meter.

bisnis penggemukan sapi
Kandang penggemukan sapi

Untuk pembuatan kandang sapi usahakan dinding kandang tidak terlalu rapat sehingga pergantian udara atau siklus udara di dalam kandang berlangsung dengan baik. Wadah makan dan minum sapi hendaknya dibuat dari bahan yang kokoh agar tidak mudah rusak dan bocor. Buatlah juga parit untuk saluran pembuangan urin ternak sapi. Parit dibuat mengalir kea rah penampungan yang telah Anda buat.

Pemilihan Bakalan Sapi

Pemilihan bakalan adalah langkah penting untuk suksesnya penggemukan sapi Anda. Tentu saja tidak semua sapi bisa digemukkan, hanya sapi – sapi sehat yang bisa Anda jadikan ladang bisnis penggemukan sapi. Adapun ciri bakalan sapi yang sehat adalah sebagai berikut:

  • Umur sapi, Anda bisa memilih sapi dengan umur kisaran 2 – 3 tahun. Sapi dengan usia tersebut tidak terlalu muda dan terlalu tua. Sehingga sangat bagus untuk Anda ternakkan untuk penggemukan sapi.
  • Pilih sapi jantan, dalam bisnis penggemukan sapi kami sarankan Anda untuk memilih sapi dengan jenis kelamin jantan. Kenapa sapi jantan? karena sapi jantan harganya akan lebih mahal. Terlebih jika Anda menggemukan sapi pada saat hari raya Idul Adha.
  • Bentuk tubuh sapi, pilih sapi dengan fisik kokoh, panjang dan memiliki rongga perut yang lebar dan bulat. Ukuran tubuh sapi yang baik untuk penggemukan idealnya adalah 170 cm dengan tinggi pundak normal sekitar 135 cm.
  • Hindari cacat pada sapi, perhatikanlah kaki – kaki sapi untuk menghidari cacat pada sapi. Sangat percuma sekali apabila dalam melakukan bisnis penggemukan sapi terdapat cacat pada tubuh sapi. Hal ini karena konsumen pasti akan lebih memilih sapi yang sehat dan kuat untuk dibeli. Sapi bagi beberapa konsumen bukan hanya untuk dikonsumsi, tetapi bisa juga sebagai tingkatan budaya sosial di masyarakat.
  • Mempunyai mata yang sehat, indikasi sapi sehat dapat Anda lihat pada bola matanya. Jika bentuk mata tajam dan bersih maka sapi tersebut sangat cocok untuk Anda gemukkan.
bisnis penggemukan sapi
Bakalan sapi untuk penggemukan sapi

Pakan Sapi

Dalam bisnis penggemukan sapi, pakan sapi yang Anda berikan haruslah seimbang. Seimbang dalam kandungan gizinya. Gizi pakan meliputi protein, lemak karbohidrat dan gizi lainnya. Usahakan Anda memberikan makanan yang bersih, tidak tercemar dan masih segar. Jika Anda memberikan makanan yang “tidak layak” maka akan timbul penyakit.

Jika Anda hendak memberikan pakan rumput maka carilah rumput pada waktu sore hari. Hal ini dilakukan agar pakan rumput terhindar dari telur cacing yang biasa terdapat pada rumput yang berembun di pagi hari. Jika terpaksanya Anda mencari rumput pada pagi hari, maka jangan langsung Anda berikan pada ternak sapi. Keringkanlah rumput terlebih dahulu agar sapi terhindar dari kembung dan kejang perut.

Adapun macam pakan yang bisa Anda berikan untuk bisnis penggemukan sapi penggemukan adalah:

  • Pakan hijauan, pakan ini terdiri dari tumbuh – tumbuhan. Jenis pakan ini sangatlah penting karena gizi yang terkandung dalam pakan hijauan lebih besar daripada pakan buatan. Contoh pakan hijauan yang biasa digunakan untuk penggemukan sapi adalah daun lamtoro, rumput dan jerami.
  • Pakan konsentrat, pakan ini mengalami proses fermentasi terlebih dahulu sebelum Anda gunakan. Contoh pakan fermentasi adalah dedak padi. Dedak padi sangat pas digunakan sebagai penguat gizi guna menghasillkan daging sapi yang maksimal. Selain dedak padi Anda juga bisa membuat campuran lainnya untuk menghasilkan pakan dengan kualitas terbaik. Misal campuran dedak padi sebanyak 70 %, bungkil kelapa 30 % ditambah dengan tepung tulang dan garam dapur dengan takaran secukupnya.
bisnis penggemukan sapi
Jerami pakan penggemukan sapi

Jadwal pemberian pakan bisnis penggemukan sapi

Sapi yang digemukkan memerlukan waktu yang teratur untuk pemberian pakannya. Jadwal pemberian pakan yang baik untuk ternak sapi Anda adalah pada waktu pagi, siang dan sore hari. Misal jika Anda memulai pemberian pakan pada jam 08.00 pagi, maka pakan dapat Anda berikan lagi pada pukul 12.00 dan sore harinya pada pukul 17.00.

artikel penggemukan sapi: Cara Penggemukan Sapi Dengan Cepat, Intip Disini

Demikian beberapa hal yang perlu Anda persiapkan untuk bisnis penggemukan sapi. Selain faktor diatas Anda juga diharuskan untuk menjaga kebersihan kandang ataupun kebersihan di sekitar kandang. Lakukan pembersihan secara rutin agar sapi terhindar dari sumber penyakit.

sumber gambar: usahaternak99, penggemukansapijawatimur

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

bisnis kelinci

Bisnis Kelinci Reza Ini Prospeknya Sangat Menjanjikan Loh

Pemenuhan kebutuhan daging tidak hanya bisa dipenuhi dari hewan ayam dan sapi saja, karena daging …

4 Kunci Sukses Dalam Bisnis Penggemukan Sapi Baca Disini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 Kunci Sukses Dalam Bisnis Penggemukan Sapi Baca Disini