Halaman Depan / Peternakan / Apakah Perlu Pemberian Vitamin Ayam Untuk Ternak Ayam Anda?

Apakah Perlu Pemberian Vitamin Ayam Untuk Ternak Ayam Anda?

Saat ini sudah banyak peternak pemula yang mencoba peruntungan untuk berbisinis ternak ayam. Baik itu ternak ayam petelur maupun ayam pedaging. Untuk menanggulangi serangan penyakit pada ternak ayam, terkadang para peternak ini sering memberikan vitamin ayam saat akan memberikan makan pada ternaknya.

Apakah Anda pernah bertanya – tanya, apakah pemberian vitamin ayam setiap hari perlu dilakukan? Dan apa kegunaan dari vitamin ayam tersebut untuk sang ayam serta bagaimana cara pemberian vitamin secara baik dan benar? Kami akan mengulasnya pada artikel kali ini.

vitamin ayam
Ternak ayam

Pada dunia peternakan dan kesehatan hewan vitamin termasuk kedalam jenis pakan tambahan yang berupa nutrisi (feed supplement). Selayaknya makhluk hidup lainnya, ayam dalam suatu peternakan sering mengalami kekurangan zat gizi atau defisiensi nurtisi yang di sebabkan oleh berbagai faktor.

artikel terkait ternak ayam: Ayo Ternak Ayam Arab Dan Raih Keuntungannya

Pada dasarnya pakan ayam yang dijual dipasaran telah ditambahkan beberapa vitamin oleh para produsen pakan ternak. Pakan ternak yang beredar dipasaran biasanya sudah dalam bentuk pelet dan bentuk lainnya. Tetapi, Jika Anda hanya mengandalkan vitamin dari pakan pabrikan, itu tidak akan cukup. Oleh sebab itu disarankan untuk Anda menambahkan vitamin tambahan melalui air minum ataupun pakan. Sesungguhnya ternak ayam hanya membutuhkan sedikit vitamin, akan tetapi vitamin sangat besar pengaruhnya pada aktifitas metabolisme dalam tubuh. Vitamin ayam berdasarkan kelarutannya dibagi menjadi dua jenis, yaitu larut dalam air seperti vitamin C dan B komplek. Serta vitamin yang larut di dalam lemak seperti vitamin A,D, E dan K.

Perbedaan vitamin ayam larut dalam lemak dan larut dalam air adalah apabila terjadi kelebihan asupan vitamin dalam tubuh, maka vitamin yang larut dalam air akan dibuang melalui kotoran atau feses ayam. Sedangkan untuk vitamin yang larut dalam lemak akan disimpan didalam tubuh ayam. Meskipun dapat disimpan dalam tubuh, namun pemberian vitamin dalam makanan tetap harus tercukupi. Sebab, apabila terjadi kekurangan vitamin maka untuk merombak vitamin supaya dapat digunakan kembali oleh tubuh cukup membutuhkan waktu yang lama dan energi yang cukup besar.

Ayam akan sangat mudah terserang penyakit metabolisme apabila kekurangan vitamin didalam tubuh. Oleh sebab itu asupan vitamin ayam harus tetap tercukupi. Adapun beberapa gejala yang muncul apabila ayam Anda mengalami kekurangan vitamin tertentu adalah sebagai berikut:

  • Kekurangan vitamin A, dapat mengakibatkan pertumbuhan tubuh ayam menjadi terganggu serta produksi telur akan menurun.
  • Kekurangan vitamin D, akan mengakibatkan cangkang telur menjadi tipis, terjadi rachitis (tulang melunak), lambatnya pertumbuhan dan hasil produksi telur akan
  • Kekurangan vitamin K, bisa mengakibatkan pembekuan darah serta pendarahan pada otot.

Adapun hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam pemberian vitamin ayam pada ternak adalah sebagai berikut:

  • Pemberikan vitamin C murni jangan terlalu banyak, apalagi dalam dosis tinggi. Sebab pemberian vitamin C dalam jumlah banyak merupakan sebuah pemborosan. Mengingat bahwa kelebihan vitamin C pada tubuh ayam hanya akan dibuang oleh melalui feses.
  • Pada ayam ras / petelur, kelebihan vitamin B dan C akan dibuang terus menerus lewat pencernaan. Hal ini dapat membebani ginjal ayam, sebab masa produksi ayam ras atau petelur jauh lebih lama dibandingkan dengan ayam pedang atau broiler.
  • Pemberian vitamin yang berlebihan juga dapat memberikan efek samping yang berupa toksik. Misal, pemberian vitamin A yang berlebihan atau sebanyak 4 hingga 5 kali lipat dari kebutuhan normal dari tubuh ayam maka akan menyebabkan keracunan pada ayam. Keracunan vitamin A juga dapat merusak organ hati.
  • Kelebihan vitamin D juga dapat meyebabkan kotoran ayam berwarna putih akibat pengapuran pada tulang ayam dan di iringi dengan turunnya nafsu makan atau turunya konsumsi pakan.
  • Keracunan vitamin biasanya hanya terjadi jika pemberian vitamin dilakukan dengan dosis tinggi dan dalam jumlah yang melebihi batas normal. Selain itu pencampuran yang tidak merata juga dapat menjadi pemicu terjadinya kelebihan asupan vitamin.
  • Peternakan ayam petelur sangat beresiko terjadinya pencampuran makanan dan vitamin yang tidak merata. Sebab pada umumnya pencampuran dilakukan secara mandiri (self mixing).

Jadi pada intinya pencampuran atau penambahan vitamin ayam pada pakan dan minuman harus dilakukan secara bijaksana sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh produsen dan tercantum dalam bungkus vitamin ayam tersebut.

vitamin ayam
Sampel vitamin ayam

Demikian penjelasan tentang perlu tidaknya pemberian vitamin ayam pada hewan ternak Anda. Intinya, pemberian vitamin ayam perlu memperhatikan kondisi dari ternak Anda. Apakah perlu diberi vitamin atau tidak. Sehingga pemberian vitamin tepat sasaran dan tidak sia – sia. Semoga artikel ini dapat membantu dalam menjalankan bisnis ternak ayam Anda menjadi lebih sukses lagi.

artikel ayam lainnya: Analisis Usaha Ayam Potong Yang Menguntungkan

sumber gambar: viternaplus, docayamsuper

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tempat minum ayam

Inilah Tips Manajemen Pemilihan Tempat Minum Ayam

Air adalah unsur yang sangat dibutuhkan dalam pengembangan usaha peternakan bisnis ayam. Jika Anda benar …

Apakah Perlu Pemberian Vitamin Ayam Untuk Ternak Ayam Anda?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Apakah Perlu Pemberian Vitamin Ayam Untuk Ternak Ayam Anda?