Halaman Depan / Peluang Usaha / Tips Membangun Usaha Ikan Hias Sebagai Bisnis Pendapatan Anda

Tips Membangun Usaha Ikan Hias Sebagai Bisnis Pendapatan Anda

Usaha ikan hias adalah salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan. Usaha ikan hias tidak memandang segala usia sebaga target penjualan. Pengelolaan usaha ikan hias ini sangatlah mudah. Siapapun Anda dapat melakukan bisnis ini. Jika Anda serius untuk terjun ke dalam peluang usaha ini maka Anda bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Sebelum melakukan usaha ikan hias ini ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan dalam membangun bisnis ikan hias. Berikut beberapa tips yang harus Anda perhatikan.

Tips Membangun Usaha Ikan Hias

Menentukan tempat usaha

Usahakan untuk memilih tempat usaha pada tempat yang ramai. Jika Anda mempunyai modal maka Anda bisa menyewa tempat pada pusat – pusat perbelanjaan. Namun jika modal Anda terbatas, maka sementara bisa menggunakan halaman rumah Anda sendiri. Jangan lupa memberi petunjuk kearah rumah Anda agar konsumen mudah mendatanginya.

artikel ikan hias: Cara Jitu Ternak Ikan Koi, Baca Disini

Menyiapkan peralatan

Adapun beberapa peralatan yang bisa Anda gunakan adalah aquarium, pompa, filter dan jaring ikan. Pilihlah alat – alat yang berkualitas. Dengan alat yang berkualitas maka umur pemakaian akan lama, kebersihan air terjamin kebersihannya, sehingga ikan tidak akan mudah mati.

usaha ikan hias
Peralatan usaha ikan hias

Pemasaran usaha ikan hias

Tentukan target pemasaran Anda. Jika Anda menargetkan untuk semua kalangan maka Anda harus menyediakan ikan hias dengan kisaran harga dari yang murah sampai ikan dengan harga untuk kalangan atas. Sediakan juga ikan yang digemari anak – anak.

Jenis Ikan

Dalam memilih jenis ikan yang ingin Anda jual, maka sesuaikan dengan target yang telah Anda tentukan. Misalkan jika Anda ingin menjual ikan hias pada kalangan menengah kebawah, maka Anda dapat menjual jenis ikan koki, ikan cupang ataupun ikan koi. 

Perawatan ikan

Perawatan ikan dalam bisnis ikan hias ini tidaklah sulit. Anda cukup menjaga kondisi air selalu bersih, pemberian pakan tepat waktu, dan menjaga kondisi kolam tetap bersih.

Lakukan promosi

Lakukan promosi secara intens untuk mendapatkan konsumen. Anda bisa menggunakan media sosial untuk mempromosikan usaha ikan hias Anda. Lengkapilah dengan memberikan petunjuk arah yang lengkap ke lokasi Anda. Anda juga bisa menggunakan brosur sebagai sarana dalam berpromosi.

Ada beberapa jenis ikan hias yang mempunyai banyak penggemar. Misal adalah ikan guppy dan ikan mas koki. Berikut adalah jenis ikan hias yang bisa Anda gunakan untuk merintis usaha ikan hias.

Ikan Guppy

Anda dapat memulai usaha ikan hias dengan memelihara ikan guppy. Guppy sangat mudah untuk dibudidayakan. Ikan guppy harus dipisahkan pada kolam tersendiri. Jangan mencampurnya dengan jenis ikan lainnya. Guppy dapat menghasilkan anakan 20 – 100 anakan dalam satu proses kelahiran.  Jika Anda memiliki tempat yang sempit maka gunakanlah aquarium dengan ukuran yang kecil. Budidaya guppy juga sangat sedikit menghasilkan limbah / kotoran, sehingga Anda tidak perlu repot untuk selalu membersihkannya. 

Ikan Cupang

Ikan cupang adalah jenis ikan yang sangat cocok untuk Anda seorang pemula dalam usaha ikan hias ini. Cara budidayanya pun sangat mudah, Anda tinggal menempatkan kedua indukan ke dalam suatu wadah besar dan biarkan beberapa hari. Setelah beranak maka Anda harus segera memindahkan kedua indukan agar tidak memakan anak – anaknya.

Pemeliharaan ikan cupang tidak membutuhkan pompa aquarium pemasok oksigen. Hal ini dikarenakan ikan cupang mempunyai daya tahan yang tinggi terhadap kondisi yang minim oksigen. Pisahkan cupang jantan dan jangan disatukan dalam satu aquarium. Karena cupang jantan mempunyai sifat yang sangat agresif. Ikan cupang termasuk ikan hias yang sangat legendaris dan mempunyai banyak penggemar. Jadi jangan ragu untuk memulai usaha ikan hias jenis cupang ini.

Ikan Mas Koki

Untuk memulai usaha ikan hias, Anda bisa memulainya dengan ikan mas koki. Ikan ini sangat mudah untuk dibudidadayakan, karena ikan ini sangat cepat dalam berkembang biak. Anda bisa memulai memelihara ikan jenis ini pada kolam – kolam dengan kedalaman 30 – 60 cm. Jagalah kondisi air tetap bersih dan pasokan oksigennya tetap terjaga.

artikel ikan mas koki: Cara Jitu Budidaya Ikan Mas Koki Lengkap, Baca Disini

Pecinta ikan mas koki biasanya memelihara ikan jenis ini karena keindahannya. Anda bisa menempatkan dalam aquarium kaca dan diletakkan pada tempat – tempat yang strategis di rumah Anda. Untuk pemeliharaan di dalam rumah, pastikan kebersihan air dan pasokan oksigen tetap terjaga. Walaupun ada beberapa jenis ikan koki yang mampu hidup dalam kadar oksigen rendah akan tetapi Anda harus tetap menjaga kebersihan airnya agar ikan koki tidak mati. Untuk menambah kadar keindahan aquarium ikan koki, Anda bisa mencampurnya dengan jenis ikan lain misalnya ikan guppy.

usaha ikan hias
Usaha ikan hias ikan mas koki

Ikan Discus

Ikan discus yang cantik ini berasal dari perairan Amazon. Ikan ini memiliki warna yang beragam dan memikat mata. Ikan discus berbentuk pipih seperti piringan cakram. Ikan discus hanya cocok untuk Anda budidayakan pada suhu antara 25 – 30 derajat celcius. Jadi Anda harus memastikan kondisi ruangan dan aquarium selalu dalam kondisi tersebut jika ingin usaha ikan hias jenis discus.

Ikan discus banyak dipelihara karena keindahannya. Jagalah kondisi air dan pasokan oksigen di dalam aquarium sehingga ikan discus selalu dalam keadaan senang, lincah dan warna sisik yang dihasilkan akan sempurna. Kami menganjurkan kepada Anda jika ingin memulai usaha ikan hias maka ikan discus adalah ikan hias yang patut Anda coba.  

 

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

budidaya arwana

Tips Budidaya Arwana Di Dalam Aquarium Bagi Pemula

Ikan arwana adalah salah satu jenis ikan hias yang hidup di air tawar. Ikan ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *