Halaman Depan / Peternakan / Ini Dia Macam Makanan Kacer Pilihan Untuk Kacer Kesayangan Anda

Ini Dia Macam Makanan Kacer Pilihan Untuk Kacer Kesayangan Anda

Hal terpenting yang harus diperhatikan untuk memelihara kacer adalah makanannya. Manajemen pengelolaan pakan kacer yang baik akan sangat mempengaruhi tumbuh dan berkembangnya kacer kesayangan Anda. Ada beberapa pemelihara burung kacer yang sudah memberikan pakan dengan menggunakan pola yang tepat. Namun belum mengerti unsur – unsur apa saja yang terkandung dalam makanan kacer yang diberikan.

makanan kacer
Salah satu contoh pakan voer burung kicau

Anda harus memperhatikan unsur – unsur  seperti karbohidrat, vitamin, protein, lemak dan mineral dalam pemberian makanan kacer. Sehingga diharapkan dapat membantu pertumbuhan burung kacer kesayangan Anda.

artikel terkait kacer: Tips Membuat Kandang Ternak Kacer

Seperti halnya Anda, kacer mempunyai jenis – jenis makanan yang berbeda. Ada yang disukai dan ada yang tidak disukai. Jenis makanan kacer diklasifikasikan menjadi dua, yaitu jenis makanan hewani dan jenis makanan hayati. Jenis makanan hewani berasal dari hewan atau jenis olahan yang bahan dasarnya adalah hewan. Bisa dari jenis serangga, ikan, ataupun daging. Sedangkan jenis makanan kacer hayati adalah jenis makanan yang berasal dari sayuran, biji – bijian dan buah – buahan.

Kami akan berikan beberapa macam pakan yang bisa dijadikan makanan kacer Anda.

Makanan Kacer Jenis Hewani

  • Serangga: Serangga adalah pakan favorit dari burung kacer. Serangga yang biasa diberikan pada kacer adalah, semut, belalang,ulat dan jangkrik. Kandungan unsur – unsur pada makanan kacer ini sangar bervariatif. Ada yang banyak mengandung protein, lemak, vitamin dan mineral. Dimana unsur – unsur tersebut sangat dibutuhkan oleh kacer. Pemberian pakan serangga hendaknya jangan berlebihan dan sesuai dengan kebutuhan kacer.
  • Kroto: Kroto adalah telur semut angkrang. Masih berbentuk larva dan pupa. Ciri kroto adalah berwarna putih, bentuk memanjang. Kroto merupakanan makanan kacer yang paling sering dicari. Manfaat dari pemberian pakan kroto pada kacer Anda adalah meningkatkan stamina. Sehingga burung kacer Anda mempunyai stamina yang prima. Kroto adalah salah satu pakan kacer yang mempunyai harga yang tinggi.
  • Ikan: Ikan mempunyai kandungan protein, omega 6, omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan burung kacer Anda. Ikan dengan ukuran kecil adalah favorit dari kacer.
  • Cacing: Kandungan protein pada cacing sangat tinggi. Cacing yang paling baik untuk dijadikan makanan kacer adalah cacing tanah.
makanan kacer
Pakan kacer hewani

Makanan Kacer Jenis Nabati

  • Sayuran: Jenis sayuran yang disukai burung kacer adalah sawi, selada, kangkung dan toge. Kandungan vitamin pada pakan sayuran sudah tidak perlu Anda ragukan lagi khasiatnya. Manfaat sayuran pada kacer adalah untuk menjaga kebugaran jasmaninya.
  • Buah: Buah – buahan adalah salah satu makanan kesukaan kacer. Timun , jeruk, pepaya dan pisang adalah contoh buah – buahan yang menjadi favorit. Manfaat pemberian pakan kacer buah adalah melancarkan pencernaan dan bisa juga dijadikan obat.
  • Biji – bijian: Untuk makanan kacer jenis bijian adalah jenis bijian halus. Pakan bijian halus bisa berupa pelet dan biji – bijian yang dihaluskan. Fungsi pemberian pakan biji adalah untuk menambah konsumsi karbohidrat dan menambah tenaga pada burung.

Lalu apa sih makanan yang harus diberikan agar kacer gacor. Berikut kami berikan resep pakan burung kacer agar gacor

Extra food  ( EF ) adalah salah satu cara pemberian pakan untuk kacer agar gacor. Pakan EF ini mempunyai kanduan nutrisi yang baik. EF yang dimaksud adalah sebagai berikut :

  • Jangkrik
  • Ulat hongkong
  • Cacing
  • Ulat bamboo
  • Belalang

Kelima makanan kacer di atas adalah nutrisi utama buat kacer. Tentunya selain voer dan multivitamin. Mengkonsumsi makanan kacer diatas hendaknya sesuai aturan dan sesuai dengan resep. Karena jika Anda melakukan tanpa aturan dan resep yang telah ditentukan maka hasilnya tidak akan maksimal. Kami akan berikan kepada Anda resep makanan kacer agar gacor. Resepnya seperti berikut :

  • Pagi hari setelah burung kacer kesayangan Anda di angin – anginkan. Beri kacer 2 – 4 ekor jangkrik. Untuk pelengkap pakan kacer Anda, berikan sekitar 2 sendok kroto setiap 3 kali dalam seminggu.
  • Siang hari setelah burung kacer Anda telah melakukan proses pemasteran. Berikan 2 ekor jangkrik dan 2 ekor ulat hongkong.
  • Sore harinya setelah burung kacer Anda melakukan segala aktifitasnya beri 2 ekor ulat bambu dan 2 ekor jangkrik. Gantilah air minum kacer Anda dengan air yang baru. Pergantian air minum ini dimaksudkan agar burung kacer Anda tidak serak karena air minum yang jarang diganti.
makanan kacer
Voer atau EF

Segala macam kandungan yang ada pada masing – masing makanan akan memberikan manfaat tersendiri. Usahakan pengkonsumsian dengan takaran yang baik dan tidak diberikan secara berlebihan. Kualitas pakan akan sangat berpengaruh pada perkembangan fisik dan skill dari kacer Anda. Oleh karena itu berilah makanan kacer yang bernilai gizi tinggi dan baik untuk perkembangan burung kicauan Anda. Untuk makanan kacer agar gacor Anda harus tetap memberikan voer setiap 2 kali sehari. Untuk kesehatan kacer berilah voer yang mempunyai kandungan protein sekitar 12% sampai dengan 18%.

artikel kacer lainnya: 3 Cara Handal Mengatasi Kacer Mbagong

sumber gambar: tipsburungblogspot, tipsburung, bukapalak

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

peluang usaha ternak kambing

6 Peluang Usaha Ternak Kambing Ini Bisa Anda Jadikan Bisnis Usaha

Ternak kambing merupakan salah satu peluang bisnis yang hingga saat ini masih sangat diminati banyak …

Ini Dia Macam Makanan Kacer Pilihan Untuk Kacer Kesayangan Anda


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Dia Macam Makanan Kacer Pilihan Untuk Kacer Kesayangan Anda