Halaman Depan / Perkebunan / 7 Tips Budidaya Jambu Citra Buah Manis Dan Lebat

7 Tips Budidaya Jambu Citra Buah Manis Dan Lebat

Siapa sih yang tak tau akan jambu air yang satu ini? Yup, tanaman buah ini adalah primadona yang sedang naik daun untuk jenis tanaman buah hortikultura tahunan. Keberadaan jenis jambu ini menjadi target buruan untuk dibibitkan ataupun untuk dikonsumsi. Jambu citra bisa Anda tanam pada pekarangan rumah ataupun bisa juga Anda budidayakan dengan skala yang besar. Jambu jenis ini memiliki bobot buah sekitar 200 – 300 gram perbuahnya, tinggi pohon ideal sekitar 5 meter dan panjang tajuk bisa mencapai 2 meter. Sehingga tanaman ini akan lebih menghemat luasan ruang tanam.

jambu citra
Pembungkusan buah jambu mencegah hama

Jambu citra mempunyai bentuk batang bulat, permukaan batangnya halus dan berwarna coklat serta bercabang, mempunyai daun dengan bentuk tombak memanjang dan warna daun mudanya merah keunguan. Sedangkan untuk warna daun tuanya hijau tua. Bunga jambu citra mempunyai tipe spatula dengan mahkota berwarna kuning. Untuk bentuk buahnya berbentuk lonceng tak berlekuk dengan 1 – 10 buah per tandannya.

artikel terkait jambu: Manfaat Buah Jambu Dan Kandungan Nutrisinya

Adapun syarat – syarat agar tanaman jambu citra dapat berbuah cepat dan lebat adalah:

  • Harus memenuhi syarat tumbuh tanaman
  • Bibit jambu citra yang digunakan harus berkualitas
  • Pengolahan media tanam yang tepat
  • Teknik penanaman
  • Pemupukan tanaman
  • Pengendalian hama dan penyakit
  • Panen

Kami akan jabarkan satu persatu dari syarat – syarat diatas.

Syarat Tumbuh Tanaman

Adapun syarat tumbuh yang diperlukan oleh jambu citra untuk berbuah lebat adalah ketinggian tempat, curah hujan, temperatur atau suhu, lama penyinaran matahari dan tingkat keasaman tanah (pH). Jambu citra sangat cocok ditanam pada tanah yang subur, gembur dan mempunyai banyak kandungan bahan organik. Untuk curah hujan tanaman jambu ini cocok pada daerah dengan curah hujan rendah/kering, sekitar 500 – 3.000 mm/tahunnya dan musim kemarau yang lebih dari 4 bulan. Untuk ketinggian tempat, tanaman ini memiliki daya adaptasi yang cukup tinggi pada lingkungan tropis dari dataran rendah sampai pada dataran tinggi di1.000 m dpl. Kondisi lingkungan diataslah yang mampu membuat tanaman jambu ini memberikan kualitas buah yang baik dan rasanya akan lebih manis.

Syarat Bibit

Bibit yang berkualitas adalah salah satu kunci dalam membudidayakan tanaman jambu ini. Perbanyakan bibit bisa Anda lakukan dengan cara generatif yaitu melalui bijinya dan cara vegetatif dengan mengambil bagian dari tanaman induk seperti cangkok dan sambung pucuk. Perbanyakan secara vegetatif adalah salah satu faktor keberhasilan jambu citra berbuah cepat. Bibit dari perbanyakan vegetatif membutuhkan waktu 2 – 3 tahun untuk berbuah sedangkan secara generatif membutuhkan waktu 7 – 10 tahun untuk berbuah.

jambu citra
Cangkokan jambu citra

Kami sarankan kepada Anda untuk menggunakan bibit hasil perbanyakan vegetatif, karena bibit yang dihasilkan akan mempunyai sifat yang sama dengan sifat tanaman indukannya. Untuk membedakan bibit hasil perbanyakan generatif dan vegetatif sangatlah mudah, Anda tinggal melihat hasil sambungan yang terlihat dari bagian batangnya.

Pengolahan Media Tanam Yang Tepat

Kegiatan pengolahan media tanam ini bersifat fleksibel, tergantung Anda menanamnya di kebun, pekarangan atau di dalam pot. Jarak tanam ideal untuk bibit jambu citra adalah dengan kerapatan tanam 4 x 3 meter atau 4 x 4 meter. Bersihkan lahan yang akan digunakan dari tanaman gulma kemudian gunakan cangkul atau alat bantu yang lainnya untuk membuat tanah menjadi gembur.

Teknik Penanaman

Untuk menanam jambu citra kami sarankan Anda melakukannya pada pagi hari dan tengah masuk musim penghujan. Hal ini sangat disarankan agar bibit jambu citra jumbo tidak mengalami kekeringan yang bisa mengakibatkan kematian. Lubang tanam yang bisa Anda gunakan yaitu berukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm dengan kedalaman lubang 40 cm. Setelah itu Anda masukkan pupuk kandang atau kompos ke dalam lubang tanam dengan takaran 10 – 15 kg / lubang tanam.  Biarkan selama 1 – 2 minggu. Setelah itu masukkan bibit jambu citra yang telah berumur 5 – 6 bulan ke dalam lubang tanam. Masukkan sejajar dengan permukaan tanah dan lakukan secara perlahan dan hati – hati. Selanjutnya Anda bisa menutup lubang dengan tanah lapisan atas kemudian dipadatkan dan ratakan.

Pemupukan Tanaman

Pemupukan adalah faktor pendukung lainnya untuk menghasilkan buah jambu citra yang lebat. Waktu pemupukan dilakukan pada awal musim penghujan. Pemupukan yang Anda lakukan sangat diperlukan untuk menambah ketersediaan unsur hara pada tanah. Jenis pupuk yang bisa Anda gunakan adalah pupuk organik maupun pupuk kimia.

Berikan pupuk NPK sebanyak 250 – 500 gram/tanaman pada saat tanaman berumur 1 tahun. Jumlah pupuk yang Anda berikan bisa meningkat setiap tahunnya sesuai dengan umur jambu. Pada usia 2 tahun maka pupuk NPK yang diberikan sebanyak 1kg/tanaman, dan usia 3 tahun 1,5 kg NPK/tanaman. Cara pemberian pupuk adalah dengan sistem rorak atau selokan yang melingkari tanaman jambu dengan kedalaman sekitar 10 – 15 cm. Kemudian taburkan pupuk dengan merata ke dalam rorak dan tutup kembali dengan tanah dengan rapat. Lingkaran rorak untuk pemupukan berubah mengikuti pola pertumbuhan tanaman dan tajuk pohon jambu.

Pengendalian Hama Penyakit

Pengendalian hama penyakit mempunyai tujuan untuk memastikan tanaman mampu menghasilkan buah jambu dengan kualitas tinggi tanpa mengalami pembusukan, rasa hambar dan kecacatan bentuk. Untuk mencegah serangan hama dan penyakit lakukanlah penyemprotan secara rutin dengan menggunakan pestisidan dan insektisida. Ikuti petunjuk pada tabel penggunaan untuk menghindari kelebihan pemakaian. Anda bisa mengurangi serangan ulat pada buah jambu citra dengan membungkus bakal buah dengan menggunakan kertas koran ataupun plastik.

jambi citra
Serangan hama dan penyakit pada jambu citra

 Panen Jambu Citra Jumbo

Buah jambu citra sudah dapat dipanen setelah memasuki umur 2,5 – 3 tahun. Tanaman akan berbunga sebanyak 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juli dan September. Pemasakan buah pada bulan Agustus dan November.

artikel budidaya buah: Cara Budidaya Pepaya Merah Delima Buah Melimpah

sumber gambar: nilmasda, jambuaircitrajumbo

 

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tanaman bintaro

Tanaman Bintaro, Tanaman Racun Yang Bermanfaat

Tanaman bintaro digolongkan pada kelompok tanaman peneduh. Tanaman ini bisa digunakan untuk kegiatan penghijauan lingkungan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *