Halaman Depan / Perkebunan / Panduan Cara Menanam Sawit Ini Membuat Panen Jadi Melimpah

Panduan Cara Menanam Sawit Ini Membuat Panen Jadi Melimpah

Jika Anda memiliki perkebunan kelapa sawit namun tingkat produktivitasnya dirasa kurang maksimal, mungkin ada beberapa poin penting yang menyebabkan panen kebun kelapa sawit Anda kurang optimal. Dani Prasojo, seorang petani kelapa sawit di daerah Palangkaraya, Kalimantan Tengah membeberkan beberapa poin penting cara menanam sawit yang harus Anda lakukan agar panen sawit melimpah.

artikel terkait sawit: Limbah Sawit Bisa Anda Jadikan Pakan Kambing Alternatif

Ditemui di salah satu kebun kelapa sawit miliknya seluas 10.000 hektar, Dani bersedia berbagi cara menanam sawit agar panen produktif kepada kami. Nah, simak poin demi poin budidaya sawit berikut agar panen kelapa sawit Anda lebih optimal:

cara menanam sawit
Cara menanam sawit dari polibag

Pasokan Air yang Cukup

Poin pertama cara menanam sawit menurut Dani adalah cara pengolahan lahan yang tepat agar kelapa sawit mendapat pasokan air tanah yang cukup, terutama jika lahan kelapa sawit Anda termasuk daerah kering. Dani menggunakan teknik lembah tanggapan air, maksudnya gali tanah membulat dengan diameter 150 cm sedalam 30 cm. Setelah itu di tengah bulatan tersebut gali lubang petak yang berukuran 50 x 50 x 50 cm sebagai lubang tanam.

Cara menanam sawit dengan membuat lubang tanam seperti itu dapat membantu asupan air yang dibutuhkan tanaman, sebab memang tanaman kelapa sawit adalah jenis tanaman yang membutuhkan air dalam jumlah banyak untuk perkembangan dan pertumbuhannya. “Meskipun membutuhkan biaya ekstra untuk membuat lingkaran itu, tapi jangka panjangnya sangat berguna bagi budidaya sawit Anda ,sistem seperti itu juga bermanfaat agar pupuk sawit tidak hanyut ketika hujan tiba,” papar Dani.

Antisipasi Serangan Hama Tikus

Dalam cara menanam sawit juga diperlukan tindakan antisipasi terhadap berbagai macam gangguan hama maupun penyakit yang dapat menyerang kebun kelapa sawit, salah satunya adalah hama tikus. Untuk mengindari hama tikus, Dani memilih membalut pangkal pohon kelapa sawitnya dengan kawat kandang ayam atau dengan kawat ram setinggi 50 cm.

Pada saat memasang kawat ram tersebut, pastikan kawat kandas ke tanah, atau bisa juga sedikit ditancapkan kedalam tanah agar tidak ada jalan bagi tikus untuk mendekati tanaman kelapa sawit. Selain dengan kawat ram, praktek pembalutan juga dapat menggunakan jala bekas asalkan tetap berfungsi sama. “ Pembalutan batang pohon sawit dengan kawat tidak boleh terlalu ketat, jadi pertumbuhan batangnya juga tidak terganggu kawat,” tambah Dani.

Jangan Buru – Buru Ditebang

Apakah beberapa tanaman kelapa sawit Anda berbuah jarum atau durinya banyak tapi berbuah kecil? jangan terburu – buru untuk ditebang atau mengganti tanaman tersebut ya. Dani memberikan saran agar tanaman kelapa sawit yang tumbuh seperti itu dilakukan perawatan dengan cara mengumpulkan dedaunan kering di sekitar pangkal pohon, kemudian bakarlah pohon tersebut hingga pelepah sawit bagian bawah agak layu.

Lakukan cara tersebut setidaknya 20 hari sekali atau bersamaan dengan panen kelapa sawit sekitar pohon tersebut. Pelepah – pelepah yang layu akibat pembakaran tersebut juga harus rutin dibersihkan bersamaan dengan pembersihan pelepah pohon kelapa sawit normal lainnya. “ Nanti lama kelamaan pertumbuhannya juga bagus seperti sawit normal lainnya kok,” jelas Dani.

cara menanam sawit
Pola lahan sawit-cara menanam sawit

Kadar Asam Lahan Tinggi ?

Sementara itu jika kebun kelapa sawit Anda mengandung tingkat keasaaman tinggi atau kadar alumunium yang melebihi batas toleransi bagi tanaman kelapa sawit, cara menanam sawit untuk mengantisipasi masalah tersebut adalah dengan memberikan pupuk sawit jenis dotasi atau pupuk abu. Dapat juga dengan memberikan kapur dolomite sebanyak 30 kg setiap pohon. Cara seperti itu juga dapat Anda praktekkan ketika lahan kelapa sawit Anda berjenis tanah gambut.

Kelapa Sawit Pelepah Pendek Versus Kelapa Sawit Lokal

Jarak tanam antar pohon juga salah satu poin dari cara menanam sawit yang benar agar hasil panen juga maksimal. “ Jarak tanam yang paling ideal jangan kurang dari 8 x 9 meter, kecuali jika bibit kelapa sawit yang Anda gunakan adalah jenis sawit unggulan pelepah pendek” imbuh Pria berkumis tebal tersebut.

Varietas kelapa sawit unggulan pelepak pendek memang dapat ditanam agak rapat jika dibandingkan dengan sawit lokal, serta menghasilkan panen yang sangat menguntungkan dalam jangka pendek maupun menengah. Namun perlu Anda ketahui dalam jangka panjang, kelapa sawit pelepah pendek akan kalah produktif dengan kelapa sawit jenis lokal. “ Usia sawit lokal kan lebih panjang 3 sampai 4 tahun dibandingkan sawit pelepah pendek, jadi lebih produktif jika melihat jangka panjangnya,” tutur Dani lagi.

Disamping itu, kelapa sawit pelepah pendek juga bertandan lebih kecil saat tanaman berusia diatas 18 tahun jika dibandingkan dengan tandan buah kelapa sawt lokal. “Batang pohon kelapa sawit pelepah pendek juga kalah kokoh dengan sawit lokal, makanya sering tumbang kalo hujan lebat dan angin besar,” tutur Dani membandingkan.

Inilah penyebab beberapa perkebunan – perkebunan besar kelapa sawit pohonnya tinggal tersisa hanya 60% saja ketika hendak dilakukan peremajaan. Coba bandingkan dengan petani kelapa sawit lokal yang masih menyisakan pohon kelapa sawitnya hingga 90% pada saat peremajaan.

Namun disamping faktor bibit dari sawit tersebut, cara menanam sawit harus memperhatikan pemupukan. Faktor pemupukan tanaman sangat mempengaruhi kokoh dan tidaknya pohon kelapa sawit. Cara menanam sawit yang benar harus memastikan tingkat kebutuhan pupuk tanaman kelapa sawit itu sendiri. Kelapa sawit yang terlalu banyak diberikan pupuk justru akan berdampak pada rapuhnya batang dan akar pohon kelapa sawit. “Ciri – ciri pohon sawit yang kelebihan asupan pupuk adalah batang kelapa sawit terlihat gundul karena pelepah pangkal batang kelapa sawit terlalu banyak berguguran,” Tutup Dani mengakhiri pembicaraan.

cara menanam sawit
Pemupukan kelapa sawit

Nah, setelah mengetahui beberapa poin penting cara menanam sawit yang benar dan mempraktekkannya, semoga tanaman budidaya sawit Anda menghasilkan panen yang melimpah sesuai dengan harapan.

artikel sawit lainnya: Mengetahui Proses Pengolah Kelapa Sawit

sumber gambar: blogseputarsawit, slidshare, kurniawordpress

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tanaman apel

Budidaya Tanaman Apel Kami Kupas Lengkap Di Sini

Bisnis budidaya tanaman apel merupakan salah satu jenis peluang usaha yang cukup menjanjikan keuntungan. Sebab, …

Satu komentar

  1. KEUNGGULAN DAN MANFAAT PUPUK SAWIT NPK SUPER

    Pupuk sawit NPK SUPER Memiliki beberapa keunggulan dan manfaat yang lebih baik dari pupuk tunggal atau pupuk majemuk lainnya, antara lain adalah :
    1. Mengandung unsur hara lengkap dan seimbang, unsur hara makro primer, sekunder dan unsur mikro esensial yang sangat dibutuhkan oleh tanaman sawit :
    Nitrogen (N-Total)
    Phosphate (P205 Total)
    Phosphate (P205, As Sirat)
    Photasium (K2O)
    Magnesium (MgO)
    (S)
    (CaO)
    Boron (B)
    Copper (Co)
    Zinc (Zn)
    Manganese (Mn)
    (Hg)
    (Pb)
    Cd
    As
    Biuret
    Kadar Air

    2. Bersifat Slow Release (Controlled Fertilizer) karena mengandung bahan pengikat dan terbungkus dengan bahan yang terbuat dari bahan organik, sehingga akan menjamin ketersediaan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman sawit sampai periode pemupukan berikutnya.

    3. Efektifitas penyerapan pupuk sampai 95%, karena pupuk NPK SUPER dibuat berbentuk batangan (Stick) dengan metode pemupukan ditanamkan kedalam tanah. Hal ini akan menghindari kehilangan pupuk yang diakibatkan oleh penguapan dan erosi/hanyut terbawa oleh air hujan.

    4. Praktis, Ekonomis dan Efisien
    • Praktis = Mudah dalam aplikasinya dan tidak perlu pemupukan yang berulang seperti untuk jenis pupuk tunggal.
    • Ekonomis = Hemat tenaga kerja dan biaya transportasi serta perbandingan harga pupuk yang kompetitif.
    • Efisien = Dikemas dalam kotak sehingga tidak memerlukan ruang yang besar dan tidak berbau.
    5. Dapat digunakan untuk pemupukan tanaman perkebunan lainnya seperti cacao, kopi, karet, kelapa dan tanaman buah-buahan seperti durian, mangga dan lain-lain.

    Dari beberapa Testimoni pemakai Pupuk NPK SUPER , disimpulkan bahwa:
    1. Dengan memakai pupuk NPK SUPER mulai awal tanam pohon sawit didapat hasil bahwa Sawit akan berbuah pada 4 kali aplikasi atau 4 x 4 bulan = 16 bulan atau kurang dari 1,5 tahun.
    2. Pohon yang hanya tumbuh bunga, tidak bisa berbuah akan menjadi bisa berbuah hanya dengan 3 x aplikasi.
    3. Pada saat musim kemarau biasanya terjadi penurunan hasil TBS, dengan memakai pupuk NPK Super hasil TBS masih tetap normal bahkan cenderung meningkat

    Silakan di order :

    PEMESANAN DAPAT MENGHUBUNGI
    CONTACK PERSON :
    Ferry
    Hp. 0812 1318 4518

Panduan Cara Menanam Sawit Ini Membuat Panen Jadi Melimpah


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Panduan Cara Menanam Sawit Ini Membuat Panen Jadi Melimpah