Halaman Depan / Perkebunan / Cara Menanam Pohon Pisang Agar Panen Bisa Berlimpah

Cara Menanam Pohon Pisang Agar Panen Bisa Berlimpah

Cara menanam pohon pisang – Tentunya Anda sudah familiar dengan tanaman ini, buah pisang telah menjadi makanan favorit bagi sebagian masyarakat di Indonesia dari dulu hingga sekarang. Banyak yang menggunakan pisang sebagai produk olahan, seperti es pisang ijo, kue pudding, hingga gorengan.

artikel terkait pisang: Penanggulangan Hama dan Penyakit Pisang

Varietas pisang yang ada di Indonesia sangat beragam, diantaranya pisang nangka, pisang raja dan pisang tanduk. Sekarang ini, permintaan buah pisang terus meningkat setiap tahunnya, terutama di pulau Jawa. Harga pisang di pasaran yaitu Rp 5000 untuk 1 kg. Anda masih punya peluang besar untuk meraup untung dari bisnis pisang.

cara menanam pohon pisang
Bibit pisang siap tanam-cara menanam pohon pisang

Cara Menanam Pohon Pisang dengan Benar

Syarat Tumbuh

Iklim

  • Pohon pisang cocok Anda tanam pada daerah yang beriklim tropis, dengan tingkat kelembaban udara yang relatif tinggi dan suhu udara yang relatif panas. Tapi jika lahan Anda berada pada daerah subtropics itu tidaklah menjadi masalah, karena pohon pisang masih bisa hidup pada daerah yang dingin.
  • Pohon pisang juga dapat tumbuh pada daerah yang memiliki keterbatasan air, karena batang dapat menyuplai air yang cukup banyak. Namun hal tersebut dapat mengakibatkan pohon pisang Anda tidak tumbuh dengan maksimal.
  • Cara menanam pohon pisang selanjutnya, Anda harus memperhitungkan kecepatan angin pada lokasi budidaya. Jika kecepatan anginnya cukup tinggi maka akan merusak daun pohon pisang Anda dan mengakibatkan pertumbuhan pohon pisang yang tidak akan maksimal.
  • Lokasi untuk menanam pohon pisang harus memiliki curah hujan yang baik yaitu berkisar antara 1520-3800 mm untuk 1 kali tumbuh. Artinya dalam 1 musim tanam, ada 2 bulan yang tidak hujan. Anda harus membuat guludan agar tidak ada air yang menggenang di area lahan budidaya Anda.

Media Tanam Pohon Pisang

  • Pohon pisang Anda dapat tumbuh dengan optimal dengan kondisi tanah yang memiliki unsur hara kapur atau tanah berat. Pohon pisang termasuk tanaman yang relatif rakus terhadap penyerapan makanan, sehingga cara menanam pohon pisang yang baik Anda harus menyediakan lahan yang mengandung unsur hara yang tinggi dengan cara melakukan pemupukan dengan pupuk kompos serta pupuk kandang.
  • Pohon pisang Anda harus dapat pengairan yang teratur, tapi jangan sampai ada genangan air pada lahan budidaya pisang Anda.
  • Anda juga harus memperhitungkan ketinggian air tanah. Pada daerah yang basah berkisar 50-200 cm, pada daerah yang setengah basah berkisar 100-200 cm, serta pada daerah kering berkisar 50-150 cm. Lahan bekas terkena erosi tidak akan membuahkan hasil pisang yang bagus, karena pohon pisang tidak dapat tumbuh optimal pada lahan yang memiliki kandungan garam yang mencapai 0,07%.

Tahap Budidaya Pohon Pisang

Memilih Bibit Pisang

Cara menanam pohon pisang untuk perbanyakan dapat Anda lakukan secara vegetatif, dimana proses carra menanam pohon pisang bisa melalui anak pisang atau tunasnya. Berikut syarat yang harus Anda penuhi dalam cara menanam pohon pisang proses pembibitan:

  • Bibit pisang yang bagus Anda gunakan mempunyai ukuran panjang berkisar 1-1,5 m dengan diameter 15-20 cm. Anda lebih baik menggunakan bibit yang asalnya dari indukan yang baik, sehat, serta pernah berbuah dengan baik juga. Ketinggian bibit atau anakan pisang yang Anda pilih dapat berpengaruh terhadap produktivitas pisang Anda ketika berbuah. Anda dapat melihat produktivitasnya dari jumlah sisir dari setiap tandan yang ada.
  • Ada 2 jenis untuk pembibitan pohon pisang, yaitu anakan yang muda serta anakan yang sudah dewasa. Lebih baik Anda menggunakan anakan yang sudah dewasa, karena umumnya sudah memiliki bakal bunga serta cadangan makanan di dalam bonggolnya.
  • Pilihlah bibit yang mempunyai bentuk daun yang lancip atau mirip dengan pedang, lebih baik Anda menggunakan bibit yang masih berdaun sempit dibandingkan bibit yang berdaun lebar.
cara menanam pohon pisang
Anakan pohon pisang

Mempersiapkan Bibit

Anda dapat memperoleh bibit pisang dengan membeli langsung di toko Pertanian terdekat atau Anda juga dapat menggunakan bibit pisang yang ada di kebun. Jika Anda menggunakan bibit dari indukan sendiri, maka sebaiknya Anda membatasi jumlah dari tunas anakan berkisar 7-9 pada pisang indukan Anda.

Jika tunasnya sudah lebih dari 9, maka sebaiknya Anda potong agar kualitas bibit anakan Anda tetap terjaga.  Sebelum Anda menanam bibit, sebaiknya Anda melakukan sanitasi dulu, agar tidak terjadi penularan hama dan penyakit. Berikut tata cara sanitasi pada bibit pisang :

  • Setelah bibit Anda potong dari indukannya, maka langsung Anda bersihkan dari tanah yang masih menempel pada akar.
  • Sebelum Anda tanam pada lahan, sebaiknya Anda simpan dulu pada tempat yang teduh selama 1-2 hari. Fungsinya agar luka bekas potongan sudah mengering.
  • Anda harus merendam bibit hingga sebatas leher batang dengan insektisida 0,5%-1% selama 10 menit. Setelah itu bibit Anda angin-anginkan selama beberapa menit.
  • Jika Anda tidak ingin menggunakan insektisida, Anda dapat merendam umbi bibit pisang pada air yang mengalir selama 2 hari.
  • Jika pada lahan Anda terdapat hama seperti nematode, Anda sebaiknya merendam bibit pada air panas selama beberapa menit untuk membasmi hama tersebut.

Mengolah Media Tanam

Cara menanam pohon pisang selanjutnya yaitu mempersiapkan lahan, Anda harus mempertimbangkan semua aspek dari ilkim, kontur tanahnya, serta kemudahan akses ke lahan budidaya pisang Anda. Sebelum bibit Anda tanam, sebaiknya Anda membersihkan gulma terlebih dahulu, utamanya untuk rumput liar.

Setelah itu, gemburkan tanah jika terlihat padat. Disamping itu, Anda membuat sistem drainase atau saluran air yang baik, serta membuat sengkedan jika kountur tanah lahan Anda miring.

Cara Menanam Pisang

Menentukan Pola Tanam

Anda dapat menggunakan pola tanam dengan sistem tumpang sari, cara menanam pohon pisang cara ini hanya dapat Anda lakukan pada 3 bulan pertama. Hal tersebut dikarenakan pohon pisang memiliki jarak tanam yang cukup lebar. Jenis tanaman yang dapat Anda kombinasikan pada cara menanam pohon pisang ini yaitu sayur-sayuran ataupun jenis tanaman semusim lainnya.

Membuat Lubang Tanam

Cara menanam pohon pisang selanjutnya adalah siapkan lubang tanam. Ukuran lubang tanam yang ideal untuk bibit pohon pisang adalah 50x50x50 cm atau bisa juga 40x40x40 cm pada lahan yang bertekstur gembur. Untuk jarak tanam idealnya adalah 3,3 cmx3,3 meter.

cara menanam pohon pisang
Persiapan media tanam pohon pisang-cara menanam pohon pisang

Cara menanam

Cara menanam pohon pisang harus memperhatikan musim. Lebih baik Anda lakukan pada waktu menjelang musim hujan, kira-kira bulan September-Oktober. Berilah pupuk dasar sebelum menanam bibit, pupuk dasar dapat berupa pupuk kandang atau pupuk kompos. Setiap lubang Anda beri 15-20 kg. pemberian pupuk akan mempengaruhi kualitas hasil Anda nantinya.

artikel pisang: Tips Mudah Cara Menanam Pisang

sumber gambar: manfaatpisang, lapaknasa, kubuskecil,agrohomes

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

budidaya manggis

Langkah Jitu Menanggulangi Hama Thrips Pada Budidaya Manggis

Budidaya manggis – Manggis merupakan salah satu buah lokal yang banyak khasiat serta manfaatnya. Buah …

Cara Menanam Pohon Pisang Agar Panen Bisa Berlimpah


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Menanam Pohon Pisang Agar Panen Bisa Berlimpah