Halaman Depan / Pertanian / 7 Pengusir Tikus Alami Untuk Lahan Pertanian Anda

7 Pengusir Tikus Alami Untuk Lahan Pertanian Anda

Pengusir tikus alami – Tikus  adalah hama pengganggu yang sering muncul mengganggu budidaya tanaman Anda. Misal pada areal persawahan. Tikus adalah hama yang sangat mengganggu di areal persawahan Anda. Tikus dapat merusak tanaman padi Anda ketika akan mulai berbuah. Tikus akan menyerang tanaman padi yang sudah berbuah pada malam hari, akan tetapi tidak jarang pula mereka menyerang pada siang hari.

Untuk mengatasi serangan hama tikus, cara mengusir tikus yang biasa sering digunakan adalah menggunakan racun. Hal ini sangat tidak dianjurkan karena Anda akan menggunakan bahan kimia yang tidak baik pada lahan pertanian. Selain itu akan mempunyai dampak kesehatan pada Anda kedepannya. Akibat lain penggunaan racun tikus yang berupa bahan kimia adalah akan mengakibatkan bangkai tikus bertebaran kemana – mana yang bisa mengakibatkan timbulnya aroma yang sangat tidak sedap dan akan menjadi sumber penyakit dilingkungan Anda.

pengusir tikus alami
Kulit durian-pengusir tikus alami

Untuk mengurangi pemakaian racun tikus kimia, kini Anda bisa menggunakan pengusir tikus alami yang bisa didapatkan pada lingkungan sekitar tempat Anda tinggal. Ada beberapa bahan alami yang Anda bisa manfaatkan misalnya penggunaan buah, akar dan batang suatu tanaman yang tidak disukai oleh tikus. Dengan memasang pengusir tikus alami diharapkan akam membuat tikus menjauh dari lahan pertanian dan tidak lagi merusak tanaman padi Anda. Penggunaan pengusir tikus alami ini juga dapat menekan biaya produksi Anda dalam membeli racun tikus kimia.

artikel terkait hama tikus: Tips Menangkar Burung Tyto – Predator Hama Tikus 

Penggunaan pengusir tikus alami ini tidak hanya dapat Anda gunakan pada lahan persawahan saja. Anda bisa menggunakan pada gudang tempat penyimpanan hasil panen, pada ladang tanam Anda dan pada rumah Anda juga atau mungkin pada tempat yang sering didatangi tikus untuk merusak tanaman budidaya Anda.

Berikut adalah beberapa pengusir tikus alami yang berupa beberapa bahan alami

Buah Bintaro

Belum banyak yang mengetahui bahwa buah bintaro bisa dijadikan pengusir tikus alami. Buah bintaro bisa Anda gunakan sebagai pengusir tikus dengan cara meletakkan buah bintaro pada area persawahan. Buah bintaro menimbulkan aroma yang sangat dibenci oleh hama tikus. Sehingga tikus akan pergi dengan sendirinya karena tidak tahan terhadap efek dari aroma buah bintaro.

pengusir tikus alami
Buah bintaro, salah satu pengusir tikus alami

Menurut pakar ilmu hama yang telah melakukan penelitian terhadap buah bintaro, bahwa tikus yang mencium aroma buah bintaro akan mengalami efek pusing yang luar biasa. Itulah mengapa buah bintaro dapat dijadikan pengusir tikus alami.

Memakai Batang Berduri

Banyak sekali tanaman yang mempunyai batang berduri. Batang berduri pada tanaman tersebut dapat Anda jadikan sebagai pengusir tikus alami. Cara penggunaanya adalah Anda tinggal menempatkan saja batang – batang berduri tersebut diarea yang sering dilalui oleh tikus. Mungkin efek yang ditimbulkan akan kecil karena tikus lama kelamaan akan mengetahui kalau diareal tersebut ada batang berduri, tetapi akan ada beberapa tikus yang terluka dan mati karena terkena batang berduri tersebut.

Kulit Durian

Kulit durian mempunyai aroma yang sangat kuat dan ternyata tikus tidak menyukai aroma yang kuat dari kulit durian tersebut. Sehingga Anda dapat memanfaatkan kulit – kulit durian sisa konsumsi Anda untuk digunakan sebagai alat pengusir tikus alami. Cara penggunaanya adalah dengan meletakkan kulit – kulit durian pada jalan yang sering dilalui oleh hama tikus. Sehingga diharapkan tikus tidak akan kembali lagi pada lahan pertanian Anda.

Kulit Jengkol

Sejak jaman dahulu kulit jengkol sudah dimanfaatkan oleh para petani untuk digunakan sebagai pengusir tikus alami. Caranya adalah kulit jengkol Anda kumpulkan dan kemudian disebar pada lahan pertanian. Dengan begitu tikus tidak akan kembali mendekat pada lokasi pertanian Anda.

Buah Maja

Buah maja menimbulkan aroma yang sangat tidak disukai oleh tikus. Cara menggunakan buah maja sebagai pengusir tikus alami adalah dengan membelah buah maja menjadi 4 bagian dan Anda letakkan pada bagian yang sering dilalui oleh tikus. Selain buah maja Anda juga bisa menggunakan buah mengkudu untuk mengusir tikus. Caranya hampir sama dengan menggunakan buah maja.

pengusir tikus alami
Buah maja

Buah Kolang Kaling

Pengusir tikus alami selanjutnya adalah buah kolang kaling. Buah kolang  kaling bisa menimbulkan efek gatal yang sangat lama jika tersentuh. Jika tikus menyentuh buah kolang kaling ini maka tikus akan merasa gatal yang sangat lama dan jika badannya tersentuh oleh tikus lain maka efek gatal akan tertular pada tikus tersebut.

Singkong Dan Air Kelapa Hijau

Pengusir tikus alami lainnya adalah menggunakan singkong rebus dan air kelapa hijau. Dengan menggunakan singkong dan air kelapa dapat menyebabkan kemandulan pada tikus – tikus. Cara ini bisa dilakukan untuk jangka panjang pembasmian tikus. Teknik pembuatan ramuan ini adalah pertama mengupas singkong kemudian direbus dengan menggunakan air kelapa hijau. Rebus sampai suhu 40 derajat. Setelah itu letakkan singkong di area yang sering dilewati oleh tikus.

artikel terkait pengendalian hama: Pengendalian Hama Pada Tanaman Kakao

Demikian artikel bagaimana cara ampuh mengusir tikus pada lahan pertanian dengan bahan alami disekitar Anda. Semoga bermanfaat

Sumber gambar: flickr, manfaatbuahsegar, flickriver, tribunmedan

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

kelebihan pupuk organik

Inilah 7 Kelebihan Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Kimia

Kelebihan pupuk organik – Salah satu komponen yang terpenting di dalam bidang pertanian adalah pupuk. …

Satu komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *