Halaman Depan / Peluang Usaha / 7 Inpirasi Peluang Usaha Pertanian Yang Menjanjikan

7 Inpirasi Peluang Usaha Pertanian Yang Menjanjikan

Seperti yang Anda ketahui, dari sekian hasil pertanian yang ada di Indonesia hasil tersebut adalah kebutuhan premier yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Dengan keadaan seperti ini, sebenarnya bisa dimanfaatkan jika Anda mampu mengelola pertanian secara professional. Indonesia adalah Negara agraris, potensi peluang usaha pertanian sangatlah terbuka lebar bagi Anda yang mempunyai ide kreatif.

Jika Anda berniat terjun dalam bisnis pertanian ini, Anda akan terbantu dengan adanya kemajuan teknogi. Dengan teknologi semuanya menjadi mungkin dan lebih mudah. Peluang usaha pertanian ini bisa Anda jalankan dengan menggunakan media social, website dan lain – lain. Dengan media online maka jangkauan bisnis pertanian Anda semakin luas. Bisnis online pertanian masih sedikit yang menggelutinya dan itu adalah peluang besar bagi Anda.

artikel terkait bisnis pertanian: Prinsip Dasar Bisnis Pertanian dan Menentukan Lokasi Bisnis

Peluang Usaha Pertanian Modern Yang Menguntungkan

Sudah banyak masyarakat di Indonesia yang mengetahui banyak sekali pengusaha – pengusaha sukses dalam bidang pertanian. Anda pun bisa menjadi pengusaha pertanian yang sukses jika menjalankan bisnis tersebut dengan ide – ide kreatif yang Anda punyai. Berikut kami berikan beberapa peluang usaha pertanian yang bisa menjadi insiprasi Anda sebelum memulai terjun ke dalamnya.

Budidaya Sayur Organik

Bisnis pertanian organik adalah salah satu peluang usaha pertanian yang sangat menjanjikan. Bisnis pertanian ini menjanjikan karena makin selektifnya masyarakat dalam memilih bahan konsumsinya. Masyarakat modern sekarang memilih untuk mengkonsumsi sayuran organik. Masyarakat sekarang sangat memperhatikan apa yang mereka konsumsi. Dengan adanya kondisi seperti ini maka ini adalah peluang usaha pertanian yang sangat menjanjikan. Pasar yang ingin dibidik untuk mempromosikan produk sayuran organic Anda bisa melalui media online. Sehingga masyarakat di kota Anda mengetahui kalau di kota tersebut ada yang menyediakan sayuran organik. Anda bisa juga mencoba memasukkan produk tersebut ke swalayan atau supermarket di tempat Anda tinggal. Tentunya dengan kualitas produk yang terbaik.

peluang usaha pertanian
Peluang usaha pertanian sayur organik

Kelemahan dari usaha pertanian ini adalah Anda harus terlatih dan mempunyai pengetahuan yang cukup dalam pengolahannya. Selain itu modal yang dibutuhkan lumayan besar. Semua itu akan tertutupi jika Anda mampu memanfaatkan peluang pasar yang luas dari bisnis pertanian sayur organik ini.

Menjual Bibit Tanaman

Bagi Anda yang baru terjun dalam bisnis bibit tanaman ini, jangan khawatir Anda bisa bisa menjadi seorang yang ahli dalam pembibitan tanaman jika tetap tekun, focus dan bekerja keras.  Prospek penjualan bibit tanaman sangatlah luas. Buatlah bibit dengan kualitas terbaik. Promosikan produk Anda dengan gencar. Bisa melalui online maupun offline. Hal ini dilakukan agar produk Anda cepat terkenal di pasaran penjualan bibit.

Menjual Pupuk

Peluang usaha pertanian ini sangat menjanjikan. Apalagi jika daerah tempat Anda tinggal adalah sentra pertanian atau perkebunan. Tetapi jika Anda tinggal di daerah perkotaan Anda bisa memfokuskan pada penjualan pupuk bagi tanaman hias. Mungkin yang membeli tidak dalam jumlah yang banyak, tetapi harga jual yang tinggi bisa memberikan Anda keuntungan yang besar.  Anda bisa mengkombinasikannya dengan menjual alat – alat pertanian seperti alat semprot, pot tanaman hias dan lain sebagainya.

Jika Anda menguasai pembuatan pupuk maka keuntungannya akan lebih besar lagi. Peluang usaha pertanian ini akan bertahan lama jika Anda adalah orang yang kreatif dan bisa membaca peluang pasar dengan tertarget. Hal itu bisa dipastikan karena para pecinta tanaman hias selalu membutuhkan pupuk sebagai penunjang kegiatannya.

Budidaya Tanaman Hias

Walaupun beberapa tahun belakangan bisnis pertanian tanaman hias mengalami penurunan, akan tetapi tidak mematikan keseluruhan dari bisnis ini. Peluang usaha pertanian ini tetaplah menjanjikan, itu dikarenakan masih banyak pecinta tanaman hias yang mencari tanaman untuk menghiasi rumah mereka. Budidaya tanaman hias ini bisa Anda jadikan bisnis sampingan. Anda bisa membuat tanaman hias jika waktu Anda senggang. Buatlah tanaman hias dengan jumlah yang banyak, agar pilihan konsumen juga tidak terbatas.

peluang usaha pertanian
Peluang bisnis tanaman hias

Budidaya Satu Produk Pangan

Fokuskan bisnis pertanian Anda pada satu produk pangan. Misal Anda fokus pada tanaman kedelai. Mengapa kedelai? Karena tanaman ini mempunyai nilai jual yang tinggi dan banyak dicari oleh konsumen. Lakukan bisnis pertanian ini dengan fokus sampai Anda mempunyai “nama” atau brand. Jika nama Anda sudah terkenal dan tersebar luas, maka Anda tidak perlu lagi mencari pasar tetapi pasar yang mencari Anda.  Tentunya dengan menjaga kualitas produk Anda. Peluang usaha pertanian ini membutuhkan waktu yang lama untuk berkembang, karena untuk membangun brand yang kuat tidak semudah membalikkan telapak tangan Anda.

Budidaya Tanaman Rempah

Peluang usaha pertanian tanaman rempah pasarnya sangatlah luas. Baik lokal maupun luar negeri. Sehingga budidaya tanaman rempah sangat cocok dijadikan bisnis pertanian. Tanaman rempah Indonesia sangat banyak diminati oleh Negara lain dan ini adalah peluang untuk mendapatkan pembeli dengan keuntungan yang besar.

artikel tanaman rempah: Cara Menanam Merica, Baca Disini

Menjual Alat Mesin Pertanian

Jika Anda tidak mempunyai modal untuk berjualan langsung, maka Anda bisa menjual alat pertanian dengan menjadi reseller. Dengan menjadi reseller Anda tidak membutuhkan modal yang banyak, hanya bermodalkan handphone dan alat pembayaran. Sangat mudah bukan? Mungkin pertanyaannya adalah  Bagaimana langkah untuk menjadi reseller? Pertama, Anda bisa membuat daftar jenis alat pertanian yang ingin dijual. Kemudian Anda bisa mencari toko offline ataupun toko online yang menjual alat pertanian yang lengkap. Ajaklah sang pemilik toko untuk bekerja sama. Tawarkan diri Anda sebagai marketing lepas. Anda bisa menjadi reseller secara offline ataupun secara online. Peluang usaha pertanian ini sangatlah menjanjikan.

Membentuk Tim Penyuluh Untuk Petani

Peluang usaha pertanian ini mempunyai prospek yang sangat cerah. Hal ini dikarenakan masih sedikitnya  perusahaan yang bergerak dibidang penyuluhan pertanian. Indonesia adalah Negara agraris yang masih banyak membutuhkan tenaga penyuluh di sektor pertanian. Dengan adanya tenaga penyuluh maka diharapkan para petani dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan berkuantitas baik.

Selain Anda akan mendapatkan upah sebagai penyuluh, Anda bisa juga memasukkan produk dagangan Anda yang kami jelaskan pada poin 1 – 7 diatas. Jadi keuntungan yang bisa Anda dapatkan sebagai penyuluh menjadi 2x lipat. Peluang usaha pertanian yang sangat menjanjikan.

sumber gambar: ispiratorfreak, blogumy, bungaindahmalino

 


Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

olahan dari ikan

Kisah Sukses-Olahan Dari Ikan Untungnya Memang Memanjakan

Memanfaatkan hasil tangkapan dari laut ibu Shofia Aqilah bisa memproduksi berbagai macam variasi produk makanan …

2 komentar

  1. Saya punya ladang seluas 3/4 hektar sy bingung menanam apa,karna sy bukan petani,dlu sy hanya pedagang sekarang mau mengembangkan pertanian,mohon solusinya dan pembelajaran cara nya

  2. Bambang sungkono.

    Saya mau belajar bisnis pertanian sayur mayur & ternak ikan.Mohon bimbingan & di mana bisa konsultasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *