Halaman Depan / Perkebunan / 10 Manfaat Kubis Untuk Kesehatan Bisa Anda Baca Disini

10 Manfaat Kubis Untuk Kesehatan Bisa Anda Baca Disini

Manfaat kubis – Siapa sih yang tidak mengenal tanaman kubis? Seperti yang Anda ketahui, kubis adalah salah satu jenis sayuran yang mempunyai banyak khasiat positif bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi kubis dapat membantu tubuh Anda mengurangi resiko terkena penyakit diabetes, kegemukan atau obesitas bahkan dapat mencegah penyakit jantung.

manfaat kubis
Tanaman kubis

Berabad – abad yang lampau kubis sudah dikenal sebagai sayuran yang mempunyai banyak manfaat kesehatan. Sayur kubis dikenal mempunyai anti inflamasi yang dimana itu dapat membantu mengobati sakit atau nyeri akibat arthiris. Masih banyak lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan pada tanaman kubis.

Kubis termasuk dalam jenis tanaman Capitata, yaitu jenis sayuran yang dimanfaatkan daunnya. Bentuk daun kubis berbentuk bulat padat. Kubis sendiri berasal dari wilayah Eropa dan saat ini sudah tersebar keseluruh belahan dunia. Terdapat sekitar 400 jenis varietas kubis yang dibudidayakan di dunia. Salah satunya adalah di Indonesia

Berikut adalah beberapa manfaat kubis bagi kesehatan tubuh yang belum banyak diketahui oleh orang. Pastinya manfaat kubis ini didapatkan setelah Anda mengkonsumsinya.

Meningkatkan Energi

Sayuran kubis atau tanaman kubis sangat kaya akan kandungan zat besi. Dengan kandungan zat besi maka mampu membuat kubis meningkatkan energi dalam tubuh. Selain energi dalam tubuh, kubis juga meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

Meningkatkan Pencernaan

Manfaat kubis selanjutnya adalah mampu meningkatkan pencernaan Anda. Kubis kaya akan kandungan serat sehingga mampu melancarkan pencernaan Anda. Serat dalam kubis juga mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan dalam tubuh, seperti kram, sembelit dan kembung pada perut Anda.

artikel terkait pencernaan: Manfaat Buah Kolang Kaling

Kubis Mampu Menguatkan Tulang

Manfaat kubis lainnya bagi tubuh Anda adalah mampu mengutkan tulang – tulang dalam tubuh. Kenapa bisa seperti itu? Hal ini dikarenakan kubis mengandung vitamin K. Fungsi dari vitamin K selain menguatkan tulang adalah mampu meningkatkan produksi protein dan mengatur mineralisasi tulang dalam tubuh Anda.

Memperkuat Kekebalan Tubuh

Wow, ternyata kubis mengandung vitamin C. Vitamin C pada kubis mempunyai manfaat yang sangat besar yaitu mampu membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mampu melawan virus atau penyakit yang akan masuk ke dalam tubuh Anda. Semakin Anda teratur mengkonsumsi sayuran kubis, maka tubuh Anda akan semakin kuat dan tahan terhadap berbagai penyakit.

Mampu Mengurangi Peradangan

Yup, pada penjelasan diatas telah dijelaskan manfaat kubis mampu mengurangi peradangan. Dalam istilah medis hal tersebut dinamakan anti inflamasi. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam tanaman kubis bisa meringankan peradangan yang terjadi pada seluruh tubuh Anda yang mengalami kenyerian.

Mencegah Proses Penuaan

Manfaat kubis yang banyak diinginkan oleh para wanita adalah mencegah proses penuaan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kandungan vitamin C yang tinggi pada kubis mampu  menjaga agar kulit tetap awet muda dan memperlambat proses penuaan. Selain kandungan vitamin C, kubis juga mempunyai kandungan vitamin E yang tinggi.

Kubis Mampu Menyehatkan Mata

Manfaat kubis menyehatkan mata. Vitamin A pada tanaman kubis mampu membantu menyehatkan mata dan menjaga mata untuk selalu dalam kondisi baik. Anak kecil yang rajin mengkonsumsi kubis maka nanti jika beranjak dewasa akan mampu mengurangi kondisi menurunnya kualitas penglihatan. Oleh karena itu biasakanlah anak Anda untuk mengkonsumsi kubis sedini mungkin. Akan tetapi tidak diberikan secara berlebihan

Mempercepat Program Diet

Anda sedang melakukan program diet? Maka konsumsilah kubis merah dan kubis hijau. Kubis merah dan kubis hijau mempunyai kandungan kalori yang rendah dan mempunyai banyak vitamin dan mineral. Kubis ini sangat cocok bagi Anda yang sedang melakukan program penurunan berat badan dan menghindari konsumsi kalori yang berlebihan.

Sebagai Pencegah Penyakit Kanker

Manfaat kubis yang lain adalah pencegah kanker. Kubis mempunyai antioksidan yang kuat. Antioksidan membantu tubuh Anda untuk melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker. Dengan mengkonsumsi kubis makan dapat membantu Anda untuk mencegah terkena penyakit kanker.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kubis memang sangat besar. Bahkan senyawa yang terkandung dalam kubis mampu menyehatkan jantung Anda. Selain menjaga kesehatan jatung, kubis juga dapat mencegah penyakit kardiovaskular yang bisa mengancam nyawa Anda. Kubis terkenal sebagai alat terapi bagi orang – orang yang terkena penyakit jantung.

artikel terkait kesehatan: 7 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan

Demikian ulasan tentang beberapa manfaat kubis yang bisa Anda dapatkan. Intinya adalah konsumsilah sesuai kebutuhan agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

manfaat kubis
Kandungan dalam tanaman kubis

Catatan tambahan:

Seperti jenis sayuran lainnya, tanaman kubis juga sangat kaya akan vitamin, mineral dan serat yang tinggi. Selain itu  tanaman kubis juga banyak mengandung banyak vitamin, antara lain vitamin C, K, E, A dan asam folat. Tanaman kubis juga mengandung kandungan kalsium, sulfur, zat besi, kalium dan magnesium. Dalam 70 kg kubis ada kandungan sebesar 15 kalori, 4,3 g karbohidrat, 0,1 g lemak, dan 2,2 g serat.

sumber gambar: slideshare

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara menanam srikaya

Cara Menanam Srikaya Dengan Perbanyakan Vegetatif

Cara menanam srikaya – Tanaman srikaya dapat tumbuh dengan baik pada lingkungan dengan curah hujan yang …

10 Manfaat Kubis Untuk Kesehatan Bisa Anda Baca Disini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 Manfaat Kubis Untuk Kesehatan Bisa Anda Baca Disini