Halaman Depan / Peluang Usaha / Peluang Bisnis Souvenir Kaktus Hias Untung Besar

Peluang Bisnis Souvenir Kaktus Hias Untung Besar

Souvenir kini telah menjadi barang yang wajib ada disetiap kota di Indonesia. Bahkan bisnis souvenir ini dapat dikatakan sebagai bisnis yang cukup menjanjikan. Ditangan-tangan kreatif, benda-benda yang ada disekitar Anda pun dapat dijadikan souvenir cantik dengan kemasan yang menarik. Peluang bisnis souvenir khusus pernikahan ini menjadi peluang yang sangat besar. Ditangan para mahasiswa IPB, mereka dapat membuat sebuah souvenir cantik yang terbuat dari kaktus. Yup, kaktus disulap menjadi souvenir kaktus hias. Kelima generasi muda ini adalah Ramlan Yusman, Digo Prima Kurniawan, Indah Tri Riantika, Indra Bachtiar dan Sarah Restu Samudro.

Artikel terkait kaktus: Bisnis Agri Peluang Besar Bunga Kaktus Mini

Nama perusahaan yang menjadi tempat mereka menggeluti bisnis kaktus hias ini adalah Bengkel Tanaman Souvenir. Keunikan dari souvenirnya yakni mereka menggunakan bahan dasar berupa tumbuhan kaktus, cripthantus, syngonium, dan succulent. Siapa sangka, tumbuhan berduri ini bisa dijadikan sebuah souvenir kaktus yang cantik, berkesan, dan unik.  Ditangan para mahasiswa ini, tumbuhan-tumbuhan tersebut dapat disulap menjadi sebuah barang yang dapat menarik banyak perhatian publik.

kaktus hias
Cotoh souvenir kaktus hias

Digo salah satu mahasiswa IPB yang menjabat sebagai Direktur ini mengatakan bahwa pada awal tahun 2012 dia dan teman-teman berencana untuk membuat sebuah kantor di bidang jasa konsultan kontraktor dalam pembuatan taman, pembuatan maket, dan penyedia tanaman hias. Karena mereka melihat peluang ini, akhirnya pada tahun 2015 dia memberanikan diri untuk mengembangkan sayapnya di bidang souvenir berbahan dasar tanaman.Kekuatan dari produk souvenir ini adalah bahannya yang menggunakan tanaman kaktus. Dari berbagai jenis tanaman kaktus ini, jenis tanaman kaktus yang sering sekali dipesan oleh konsumen adalah jenis kaktus noto, gimno, mamilaria, dan lain-lain.

JENIS SOUVENIR KAKTUS

Produk kaktus hias yang ditawarkan perusahaan Bengkel Tanaman ini ada dua jenis kemasan. Kemasan yang pertama adalah kemasan kaktus hias dalam pot dan kemasan yang kedua adalah kemasan kaktus hias dalam terarium. Untuk souvenir kaktus yang kemasan pot, cara pembuatannya sangat mudah. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kemasan pot ini adalah tanaman kaktus, pot kecil, sekam,solatip, batu kerikil, mika tanaman, dan kompos. Cara pembuatannya :

  • Menanam kaktus kedalam pot kecil.
  • Menaburi batu kerikil diatasnya agar tanah yang ada di pot tidak terlihat.
  • Menyolatip bagian atas kerikil agar batu kerikil tidak berceceran.
  • Untuk mempercantik tampilan, masukkan pot kedalam kertas mika tanaman.

Digo selaku Direktur Bengkel Tanaman, menjelaskan bahwa souvenir kaktus hias dalam kemasan pot ini memerlukan perlakuan yang khusus karena kaktus yang ditanam akan tumbuh besar dan tinggi. Oleh karena itu, sangat diperlukan untuk mengganti ukuran pot secara berkala agar tanaman kaktus tidak mati. Tujuan dari penggantian pot secara rutin dan berkala adalah untuk menjaga media tanam dan unsur-unsur yang diperlukan kaktus tetap tercukupi.

Jika konsumen tidak rutin dan tetap membiarkan kaktus hias berada di pot yang ukurannya kecil maka lambat laun kaktus tersebut akan mati karena kekurangan nutrisi dan tempat pertumbuhan akarnya akan terhambat. Waktu yang tepat untuk mengganti pot souvenir kaktus adalah diwaktu yang ideal yakni sore hari. Hal yang perlu diperhatikan dalam pemindahan tanaman kaktus adalah pada bagian akar, jangan sampai akar kaktus mengalami kerusakan karena akan menghambat pertumbuhan kaktus kedepannya.

Untuk mendapatkan souvenir kaktus ini sangatlah mudah. Hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 17.500 per potnya Anda sudah dapat membawa pulang souvenir kaktus hias ini. Pembelian souvenir ini dapat dilakukan dengan pembelian langsung dan dapat melakukan pemesanan sebelumnya. Bahkan souvenir kaktus hias ini telah sampai ke pulau-pulau lain, seperti Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatra.

Souvenir-souvenir dikemas dalam kemasan sesuai dengan pesanan konsumen. Hingga saat ini, kemasan yang paling sering dipesan oleh konsumen adalah kemasan yang menggunakan plastik mika. Alasannya karena bentuk kaktus yang unik dan cantik dapat terlihat dengan jelas, sehingga minat konsumen untuk membelinya semakin meningkat.

Kemasan lain yang juga menjadi andalan Bengkel Tanaman ini adalah kemasan kaktus hias dalam terarium. Perbedaannya adalah kemasannya, yang pertama kaktus ditanam dalam pot sedangkan yang ini kaktus disusun didalam aquarium kecil atau yang berbahan dasar kaca. Souvenir terarium ini memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi, diperlukan skill yang cukup tinggi dalam menghias medianya. Untuk menjadikan satu terarium dibutuhkan beberapa tanaman kaktus hias. Souvenir ini sangat cocok sebagai hiasan di ruang tamu atau ruang keluarga.

Artikel terkait kaktus: Ini Dia 8 Jenis Kaktus Unik Di Dunia

Souvenir terarium ini merupakan biosfer buatan alami. Dengan nilai artistik yang sangat tinggi, souvenir ini sangat cocok diberikan untuk orang spesial atau orang tersayang. Hingga saat ini, souvenir kaktus hias banyak digunakan sebagai penghias sudut-sudut rumah. Kendala utama yang di hadapi adalah dalam pengirimannya. Perusahaan ini belum menemukan cara pengiriman agar penyusunan terarium tidak berantakan saat sampai ke tempat konsumen.

kaktus hias
Contoh terarium kaktus

Harga souvenir kaktus hias terarium ini berkisar antara Rp 30.000 – Rp 350.000 tergantung dari besarnya kaca yang ditawarkan. Di perusahaan ini menyediakan berbagai bentuk ukuran, dari yang ukurannya kecil, sedang, besar, hingga ukuran jumbo. Perawatan souvenir kaktus hias ini sangat mudah, yakni dengan rutin menyiram tanaman setiap satu minggu sekali dengan jarak yang dekat agar air dapat diserap langsung oleh tanaman. Selain itu, terarium ini harus terkena sinar matahari minimal satu jam sehari, hal tersebut bertujuan agar pertumbuhannya bagus dan tanaman yang ada didalamnya dapat terus hidup. Jika perawatan benar maka akan tumbuh bunga kaktus mini yang cantik.

Sumber gambar: souvenirkaktus

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tanaman terarium

Kisah Sukses – Raih Untung Berbisnis Tanaman Terarium

Kisah sukses kali ini berasal dari Bogor Jawa Barat. Raden Nanda Teguh Perkasa adalah seorang …

Peluang Bisnis Souvenir Kaktus Hias Untung Besar


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peluang Bisnis Souvenir Kaktus Hias Untung Besar