Halaman Depan / Perikanan / Cara Ternak Ikan Gurame Hasil Menjanjikan Baca Disini

Cara Ternak Ikan Gurame Hasil Menjanjikan Baca Disini

Cara ternak ikan gurame – Budidaya gurame atau ternak ikan gurame merupakan suatu usaha yang sangat menjanjikan, pasaran atau harga relatif stabil bahkan berangsur meningkat. Sedangkan pasokan gurame yang ada hingga saat ini sangat belum bisa tercukupi. Sebab hingga saat ini pembudidaya ikan gurame atau petani gurame masih sangat minim. Disisi lain kebutuhan ikan gurame terus meningkat seiring harga yang terus naik.

Apabila Anda adalah seorang yang ingin melakukan budidayakan ikan gurame namun terbatas akan lahan, Anda dapat membudidayakan ikan ini dengan menggunakan kolam terpal. Cara ternak ikan gurame dengan menggunakan kolam terpal, Anda dapat membuat kolam gurame dimana saja dan secara fleksibel pada lahan yang Anda miliki. Misal, di pekarangan rumah, lahan persawahan dan sebagainya.

cara ternak ikan gurame
Cara ternak ikan gurame kolam terpal 

Dalam cara ternak ikan gurame jika kolam yang Anda miliki tidak besar sebaiknya jangan diberikan bibit gurame dalam jumlah besar. Apabila dipaksakan maka akan pertumbuhan ikan gurame akan terhambat. Intinya dalam cara ternak ikan gurame jumlah ikan gurame harus disesuaikan dengan besarnya kolam. Kolam berukuran 1m2, kedalaman 90 cm dapat Anda isi ikan gurame sebanyak 10 ekor dengan bobot 2,5 ons.

Cara Ternak Ikan Gurame Kolam Terpal

Cara ternak ikan gurameh yang baik hendaknya memperhatikan pemilihan benih. Pemilihan benih gurame yang baik sangat penting, sebab dengan benih yang baik maka pertumbuhan ikan gurame akan maksimal.

Persiapan kolam terpal :

Cara ternak ikan gurame dapat dilakukan menggunakan dua model kolam terpal yaitu:

  • Menggali tanah dengan kedalaman 90 cm, selanjutnya pasanglah terpal pada galian tersebut.
  • Membuat kolam terpal tanpa menggali tanah. Artinya membuat kolam terpal diatas permukaan tanah. Hal ini dilakukan dengan menggunakan kerangka dari besi maupun kayu. Kemudian terpal dirangkai berbentuk menyerupai bak, sehingga beban terpal tidak terlalu berat ketika diberi air.

Cara ternak ikan gurame kolam model yang kedua memudahkan Anda dalam melakukan penggantian serta pembersihan kolam. Selain itu, Anda juga lebih dimudahkan dalam membersihkan kotoran dalam kolam. Kotoran dari ikan gurame harus dibuang atau dikeluarkan dari kolam supaya kebersihan dan kualitas air tetap terjaga.

Pendederan atau Pemijahan Ikan Gurame :

Setelah pembuatan kolam selesai, langkah berikutnya dalam cara ternak ikan gurame yaitu mengisi kolam dengan benih ikan gurame. Pastikan kolam bebas dari penyakit dan zat-zat berbahaya sebelum benih ikan gurame dimasukan ke kolam. Terpal juga memiliki kandungan zat kimia didalam pewarnanya. Oleh sebab itu sebelum dipasang maka sebaiknya Anda mencucinya hingga bersih. Untuk membunuh patogen di dalam air bisa dengan cara menaburkan garam sebanyak 2 ons/m3. Pastikan bibit gurame yang hendak dibudidayakan terbebas dari penyakit gurame. Apabila terdapat gurame yang terserang penyakit, sebaiknya dikarantina terlebih dahulu sebelum dimasukan ke kolam.

Sebelum penebaran benih dilakukan dalam cara ternak ikan gurame, sebaiknya benih tersebut di adaptasikan. Hal ini bertujuan untuk menghindari stres pada benih ikan gurame pasca pemindahan. Cara pengadaptasiannya adalah sebagai berikut: benih ikan gurame yang masih dalam plastik dimasukkan kedalam kolam beserta plastiknya yang terbungkus rapat tersebut. Tujuanya adalah supaya suhu air kolam sama dengan suhu air pada plastik bungkusnya.

Biarkan hingga dinding plastik benih gurame tersebut mengembun, itu berarti suhu air sudah sama. Buka plastik kemudian masukan ke kolam secara perlahan dan sedikit demi sedikit hingga benih terlihar sehat dan dalam keadan baik. Setelah itu benih gurame dilepaskan dengan perlahan.

Pemberian Pakan

Pada dasarnya ikan gurame termasuk hewan herbivora yaitu jenis ikan pemakan tumbuhan. Namun pada ukuran benih, ikan ini bersifat karnivora. Jenis pakan yang diberikan saat ikan gurame masih benih berupa kutu air (daphnia) dan cacing sutra. Ikan gurame akan memiliki sifat herbivora ketika ikan tersebut dewasa.

Pakan pokok gurame ialah pelet. Pelet dapat Anda atur gizinya, namun di daerah yang cenderung sulit untuk mendapatkan pasokan pelet maka daun-daunan adalah pakan alternatif terbaik untuk gurame. Pemberian pakan dilakukan 2 kali sehari menggunakan pelet yang memiliki kandungan protein 25% hingga 30%. Frekuensi pemberian pakan yang baik adalah dengan frekuensi yang banyak, namun sedikit jumlahnya, daripada dengan frekuensi yang sedikit namun jumlahnya banyak.

Anda dapat memberikan pakan berupa daun dan sayuran sebagai pakan tambahan. Sayuran dan daun-daunan sangat baik bagi kesehatan dan juga pada masa pertumbuhan ikan gurame. Adapun beberapa jenis dedaunan yang baik bagi ikan gurame adalah sebagai berikut:

  • Daun keladi/ daun talas
  • Daun sente
  • Daun kangkung
  • Daun singkong
  • Daun ubi jalar
  • Daun pepaya
  • Tauge/ kecambah (tauge bibit padi muda, tauge kacang merah, tauge kacang hijau.

Dan pakan lainya yang membantu dalam pertumbuhan ikan gurame diantaranya sebagai berikut:

  • Labu
  • Bungkil kacang
  • Ampas tahu
  • Jagung rebus
  • Dedak
  • Pakan buatan (pelet)

Cara ternak ikan gurame dengan pemberian pakan secara teratur dan berkualitas dan dengan kuantitas yang tinggi maka tingkat pertumbuhan ikan gurame dapat lebih cepat.

Pada budidaya ikan gurame menggunakan kolam terpal ini, hal yang perlu dihindari adalah pemberian pakan yang berlebihan. Sebab, makanan yang tersisa dalam kolam mengandung amoniak dan dalam jumlah tertentu akan bersifat racun bagi ikan gurame.

Selain jumlah pakan yang teratur, hal yang perlu diperhatikan ialah  kualitas air. Meskipun ikan gurame cukup tahan dengan kualitas air yang kurang baik, tetapi air dalam kolam perlu dibersihkan dan diganti sebanyak 30% secara periodik. Umumnya penggantian dilakukan seminggu sekali dengan melakukan shift pond. Air disedot menggunakan pompa atau selang, dan kotoran akan keluar melalui selang tersebut, setelah itu diganti dengan air baru.

cara ternak ikan gurame
Pembuatan kolam terpal gurame, Cara ternak ikan gurame

Cara ternak ikan gurame akan lebih baik jika kolam diberikan airator atau filter supaya kadar oksigen tetap terjaga dan berfungsi untuk menjaga kebersihan air secara automatis. Untuk pendederan selanjutnya dalam cara ternak ikan gurame, bersihkan kolam dari lumut dan kotoran hingga bersih. Kemudian di cat menggunakan kapur  terus dikeringkan. Hari berikutnya isi air dengan kedalaman 30-40 cm. Berikan probiotik penumbuh plankton. Hal ini dilakukan karena makanan gurame mayoritas didapat dari makanan buatan atau pakan tambahan.

artikel terkait gurame: Cara Budidaya Ikan Gurame Lengkap

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

bisnis ikan koi

Bisnis Ikan Koi? Apa Keuntungannya? Yuk Cari Tahu Di Sini

Bisnis ikan koi – Ikan koi merupakan jenis ikan hias yang sangat populer tidak hanya …

Cara Ternak Ikan Gurame Hasil Menjanjikan Baca Disini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Ternak Ikan Gurame Hasil Menjanjikan Baca Disini