Halaman Depan / Pertamanan / Tanaman Hias Bunga | Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Tanaman Hias Bunga | Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Cara menanam bunga sedap malam – Polianthes tuberosa dikenal juga dengan sebutan bunga sedap malam. Baunya yang wangi dan kesegarannya yang mampu bertahan lama adalah ciri khas dari bunga hias ini. Tanaman hias ini mampu bertahan selama 5 – 10 hari walaupun sudah Anda potong. Bunga sedap malam banyak digunakan sebagai bunga potong dalam berbagai acara. Selain itu, bunga sedap malam dapat Anda olah sebagai bahan dasar pembuat parfum.

cara menanam bunga sedap malam
Bunga sedap malam

Bunga sedap malam akan berbunga pada usia 4 – 5 bulan setelah tanam. Cara menanam bunga sedap malam sangatlah mudah. Untuk perbanyakan bunga sedap malam, Anda bisa menggunakan cara vegetatif yaitu dengan umbinya. Sedap malam berbunga tunggal dan semi ganda. Sedap malam cocok Anda budidayakan pada dataran rendah. Dengan elevansi sekitar 500 mdpl. Jika Anda menanam tanaman sedap malam pada dataran sedang, maka sedap malam yang dihasilkan akan mempunyai tangkai bunga yang panjang, kurang kekar, tidak kokoh, bentuk malai bunga agak panjang, pada bagian ujung malai terkulai dan jumlah kuntum bunga sedikit.

artikel terkait tanaman hias: Peluang Bisnis Souvenir Kaktus Hias Untung Besar

Hal penting dalam cara menanam bunga sedap malam adalah pemilihan jenis tanah, aerasi dan drainase serta derajat kemasamam tanah. pH yang dianjurkan untuk budidaya sedap malam adalah 5.0 – 7,0.

Teknik Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Pengolahan Tanah

Teknik cara menanam bunga sedap malam yang pertama adalah teknik pengolahan tanah. Olah tanah pada saat masih dalam kondisi kering. Caranya adalah tanah dicangkul, dibajak atau traktor. Untuk tanah kering yang masih banyak terdapat gulma, Anda dapat membersihkannya dengan cara dibabat atau dicabut. Setelah itu tanah diberi bahan organik seperti pupuk hijau, kompos dan pupuk kandang sebanyak 5 – 10 t/ha. Selain tahapan cara menanam bunga sedap malam diatas, masih ada beberapa tahapan dalam pengolahan tanah.

  • Pada saat musim penghujan tiba Anda harus mengolah tanah kembali dengan cara dibajak ulang. Hal ini untuk menghancurkan bongkahan tanah sampai rata, subur dan gembur. Tanah yang tidak terkena traktor/bajak dibagian sisi dapat Anda cangkul. Setelah itu Anda bisa membuat bedengan, parit serta pematang sebagai batas petakan.
  • Biarkan tanah selama 1 – 2 minggu. Setelah itu Anda bisa membuat bedengan dengan ukuran 125 – 180 cm, lebar 100 cm dan tinggi sekitar 20 – 30 cm. Panjang bedengan bisa Anda sesuaikan dengan kondisi lahan yang digunakan.
  • Diantara bedengan untuk menanam, Anda harus membuat saluran air. Saluran air bisa dibuat dengan ukuran lebar 30 – 40 cm dan kedalamannya 40 cm.
cara menanam bunga sedap malam
Media tanam bedengan dan mulsa plastik
  • Jika pH tanah kurang dari 5 – 7, maka Anda perlu menambahkan dolomit. Dolomit yang Anda berikan sekitar 1,5 ton/ha. Cara pemberian dolomit bisa Anda sebar di atas bedengan dan diaduk dengan tanah sampai rata. Biarkan selama satu minggu. Setelah satu minggu Anda bisa menutup bedengan menggunakan mulsa perak.
  • Lahan siap untuk Anda tanami.

Teknik Penanaman Bunga Sedap Malam

Pemasangan mulsa

Cara menanam bunga sedap malam selanjutnya adalah menyiapkan lahan tanam. Siapkan lahan dengan memasang mulsa plastik perak. Cara memasang mulsa plastik sangat mudah. Tarik kedua ujung mulsa ke masing – masing ujung dari bedengan. Kemudian kuatkan dengan menancapkan pasak yang terbuat dari bambu. Tancapkan pada tiap – tiap sisi. Langkah berikutnya adalah menarik sisi – sisi mulsa kebagian kanan dan kiri bedengan. Kuatkan dengan menggunakan pasak dari bambu, beri jarak 50 cm antara pasak satu dengan lainnya. Biarkan bedengan yang telah tertutup mulsa selama 5 – 6 hari. Hal ini dilakukan agar pupuk buatan larut dalam tanan dan tidak menjadi racun pada bunga sedap malam.

Pembuatan lubang tanam

Langkan cara menanam bunga sedap malam selanjutnya adalah pembuatan lubang tanam. Untuk membuat lubang tanam pada mulsa, Anda bisa menggunakan alat dari kaleng susu yang salah satu permukaannya telah terpotong. Kemudian masukkan arang panas pada kaleng susu tersebut untuk melubangi mulsa. Mulsa akan berlubang berupa bulatan kecil dengan ukuran sekitar 20 x 25 cm. Siapkan benih menggunakan karung dan nampan.

Menyiapkan benih

Cara menanam bunga sedap malam selanjutnya adalah menyiapkan benih. Penyimpanan benih ditempatkan dekat tungku untuk dikering anginkan. Biasanya ada beberapa benih yang rusak dan kropos karena terlalu terkena panas dari tungku. Untuk itu Anda harus menyortir ulang untuk menyamakan ukuran umbi yang baik. Sesuai dengan aturan pembenihan bunga sedap malam.

Proses penanaman

Cara menanam bunga sedap malam hendaknya memperhatikan kondisi dari lubang tanam. Siram lubang tanam terlebih dahulu hingga mencapai kapasitas lapang. Cara menanam bunga sedap malam dilakukan secara hati – hati agar lubang pada mulsa tidak rusak. Pembuatan lubang tanam bisa menggunakan sendok. Bikin lubang sedalam 9 cm. Pada setiap lubang isilah dengan benih bunga sedap malam. Cara menanam bunga sedap malam adalah memasukkan satu umbi kesatu lubang dan padatkan tanah pada bagian sisi – sisi umbi. Umbi yang telah Anda masukkan kedalam lubang tanam diatur dengan posisi tegak lurus. Posisi tunas menghadap ke atas.

Untuk menutup lubang tanam, Anda bisa menggunakan tanah bekas galian lubang tanam yang sudah tercampur pupuk. Tebal penutupan tanah berkisar 7 cm. Hal ini dimaksudkan agar suhu stabil, pupuk cepat larut dengan air tanah dan merangsang pertumbuhan umbi benih. Setelah proses penanaman selesai maka lakukan penyiraman pada lubang tanam atau pada bedengan. Cara menanam bunga sedap malam yang sangat mudah bukan?

Catatan tambahan cara menanam bunga sedap malam:

Penanaman bunga sedap malam dapat Anda lakukan disepanjang musim. Waktu yang tepat untuk budidaya tanaman hias ini dapat Anda sesuaikan dengan waktu permintaan pasar.

cara menanam bunga sedap malam
Dekorasi hias menggunakan bunga sedap malam

Dimana waktu – waktu tersebut permintaan tanaman sedap malam segar akan sangat besar. Misalnya pada waktu hari – hari besar agama atau tahun baru keagamaan. Tanaman bunga sedap malam dapat dipanen pada umur 4 – 5 bulan.

artikel terkait tanaman hias: Tips Langkah Awal Memulai Bisnis Tanaman Hias

sumber gambar: magicredflorist, flowerian

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

Kebun Melati

Di Sini Kami Ungkap Budidaya Melati Lengkap Untuk Anda

Melati merupakan salah satu jenis tanaman perdu dengan batang tegak dan siklus hidupnya tahunan. Melati …

Tanaman Hias Bunga | Cara Menanam Bunga Sedap Malam


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanaman Hias Bunga | Cara Menanam Bunga Sedap Malam