Halaman Depan / Perkebunan / 10 Tips Cara Budidaya Anggur Merah Hasil Melimpah

10 Tips Cara Budidaya Anggur Merah Hasil Melimpah

Anggur adalah buah yang sangat banyak digemari. Salah satu jenis anggur yang mempunyai banyak penggemar adalah anggur merah. Anggur merah mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Banyak orang yang ingin menanam anggur merah, tetapi belum mengetahui cara budidaya anggur merah yang baik. Berikut kami berikan beberapa tahap cara budidaya anggur merah.

cara budidaya anggur
Tanaman anggur merah

Bibit Anggur Merah

Cara budidaya anggur merah yang paling penting adalah persiapan bibitnya. Persiapkan bibit anggur yang telah berumur 1.5 – 2 bulan. Panjang akar sekitar 5 – 10 cm dan mempunyai dua tunas. Anda bisa mendapatkan bibit anggur pada penjual bibit tanaman. Penanaman lebih baik dilakukan pada pada bulan April – Juni.

artikel terkait anggur: Inilah Manfaat Buah Anggur

Persiapan Lahan

Cara budidaya anggur merah selanjutnya adalah persiapan lahan. Buatlah lubang tanam dengan ukuran 50 x 50 x50 cm. Dengan jarak tanam 3 x 3 m. Campurkan pupuk kandang dengan tanah lapisan atas, pasir dan natural GLIO. Kemudian isikan ke dalam lubang. Setelah itu buatlah saluran pemasukan dan pembuangan air irigasi.

Pengairan dan Pemupukan Anggur Merah

Untuk penyiraman hendaknya Anda lakukan 2 kali sehari. Penyiraman adalah cara budidaya anggur merah yang harus Anda perhatikan. Untuk tanaman dewasa lakukan penyiraman 3 hari sekali. Satu bulan sebelum Anda melakukan pemangkasan, pengairan dihentikan dan setelah pemangkasan tanaman bisa diberi pengairan kembali. Pengairan dihentikan kembali sebelum melakukan panen dan di airi kembali 3 hari setelah panen.

Untuk pemupukan dalam cara budidaya anggur merah, Anda bisa melakukan dengan cara disebar atau dicampur secara merata dengan tanah secara melingkar dengan jarak 25 cm dari batang. Setelah pemupukan tutup pupuk dengan tanah kemudian dilakukan penyiraman. Pemupukan menggunakan pupuk dengan unsur N. Lakukan pemupukan setiap 10 hari sekali sampai dengan tanaman berumur 3 bulan. Pupuk dengan dosis 10 gram/pohon. Tanaman dengan umur 3 – 6 bulan membutuhkan pupuk dengan dosis 15 gram/pohon. Pemupukan dilakukan tiap 15 hari sekali. Setelah pohon anggur berusia 4 tahun pemupukan diberikan setahun sekali, yaitu pada saat pemangkasan pembuahan.

Pemangkasan Pohon Anggur

Cara budidaya anggur merah selanjutnya adalah tahap pemangkasan. Pemangkasan pohon anggur dilakukan pada saat tanaman anggur berumur 1 tahun. Potonglah batang pokok tunas/cabang primer yang keluar dari batang pokok. Tunas yang tumbuh di cabang primer dinamakan cabang sekunder. Cabang sekunder yang mempunyai panjang 1 m dan dipangkas akan menghasilkan cabang tersier. Cabang tersier inilah yang akan menghasilkan bunga dan menjadi buah. Ciri cabang yang siap untuk dipangkas adalah cabang dengan ujung tunas mudah dipatahkan dan setelah dipangkas akan menetes air.

cara budidaya anggur
Tips pemangkasan pohon anggur merah

Bunga dan Buah Anggur Merah

Tahap pemangkasan dalam cara budidaya anggur merah dilakukan sebanyak 2 tahap dalam satu tahun. Yaitu sekitar bulan Maret – April serta Juli – Agustus. Setiap tunas sisakanlah 3 helai bunga dan tunas yang tumbuh. Buah yang tidak normal, bertangkai panjang, berhimpitan dan rusak sebaiknya segera dipangkas. Bungkuslah buah dengan menggunakan kertas semen atau kantong plastik bening agar buah tidak terserang hama dan terkena hujan.

Penjarangan dan Penyulaman

Cara budidaya anggur merah selajutnya adalah penjarangan. Penjarangan adalah hal serius yang harus Anda perhatikan. Penjarangan akan mempengaruhi kualitas buah yang dihasilkan pohon anggur. Jika penjarangan tidak Anda lakukan secara teratur, maka akan merusak perkembangan buah anggur. Selain itu dapat menurunkan kualitas dari buah anggur. Adapun buah yang perlu dibuang adalah:

  • Mempunyai tangkai yang panjang
  • Mempunyai bentuk yang tidak sempurna
  • Buah tanpa adanya persarian
  • Buah pada bagian dalam

Penjarangan dapat Anda lakukan pada saat tanaman berumur satu bulan setelah pembungaan. Penjarangan kedua dapat Anda lakukan pada saat buah masih berbentuk sebesar jagung. Lakukan pembungkusan buah. Pembungkusan dilakukan dalam satu dompol buah atau tiga buah yang masak dengan koran atau kertas semen.

Cara budidaya anggur selanjutnya adalah penyulaman. Penyulaman dilakukan bila ada tanaman yang tidak sehat atau mati. Lakukan penyulaman secara bersamaan dengan penyiraman.

Penyiangan

Anda bisa melakukan penyiangan jika terdapat tanaman penggangu.

Perempalan

Tujuan dari perempalan dalam cara budidaya anggur merah adalah agar Anda mendapatkan pertumbuhan pohon anggur yang baik. Cara perempalan yaitu membuang  tunas yang tidak perlu dan menyisakan satu tunas yang baik sebagai batang pokok. Perempalan bentuk dilakukan saat tanaman sampai berumur 1 tahun. Perempalan untuk pembuahan dilakukan pada saat tunas. Sedangkan perempalan untuk pembuahan dilakukan setelah Anda melakukan perempalan bentuk atau pada saat anggur berumur 1 tahun. Tips dalam perempalan untuk pembuahan adalah sebaiknya Anda memeriksa dahulu cabangnya. Caranya yaitu dengan memotong ujung salah satu cabang. Bila cabang meneteskan air maka bisa dilakukan perempalan.

Perempalan untuk pembuahan caranya adalah dengan meninggalkan 2 – 4 mata tunas. Semua daun Anda hilangkan atau dibuang. Untuk perempalan bisa Anda lakukan 1 tahun 3 kali perempalan. Yaitu pada bulan Maret – April, Juli – Agustus, dan November – Desember. Perempalan pada bulan November – Desember tidak akan menghasilkan hasil, akan tetapi lebih ditujukan untuk memelihara kesuburan tanaman sampai dengan musim penghujan selesai.

Penyemprotan Insektisida

Cara budidaya anggur merah selanjutnya adalah penyemprotan insektisida. Tujuan dari penyemprotan ini adalah mencegah serangan hama. Hentikan penyemprotan 15 hari sebelum panen. Khusus hama Phyiloxera Vitifolia Anda bisa menggunakan insektisida Furadan 3G/Temik 1 OG.

cara budidaya anggur
Ulat penganggu tanaman anggur merah

Pengaturan Bunga

Cara budidaya anggur lainnya adalah pengaturan buah. Dua minggu setelah melakukan pemangkasan pembuahan, cabang tersier yang baru tumbuh akan mengeluarkan sulur pembentukan bunga. Sulur tersebut keluar dari mata tunas ke 3, 4 dan 5. Jika ada cabang tersier yang tidak mengeluarkan sulur, maka Anda segera dapat memotongnya.

artikel anggur lainnya: Tips Cara Menanam Anggur

sumber gambar: petanitop, juaolo, arisblog

 

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara menanam srikaya

Cara Menanam Srikaya Dengan Perbanyakan Vegetatif

Cara menanam srikaya – Tanaman srikaya dapat tumbuh dengan baik pada lingkungan dengan curah hujan yang …

10 Tips Cara Budidaya Anggur Merah Hasil Melimpah


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 Tips Cara Budidaya Anggur Merah Hasil Melimpah