Halaman Depan / Peluang Usaha / Manisnya 7 Tips Sukses Dalam Bisnis Warung Kopi Sederhana

Manisnya 7 Tips Sukses Dalam Bisnis Warung Kopi Sederhana

Salah satu peluang bisnis yang dapat Anda coba adalah membuka warung kopi. Bisnis warung kopi merupakan bisnis yang memiliki prospek sangat cerah dan keuntungannya pun lumayan besar. Bisnis ini tergolong bisnis modal kecil dan tidak membutuhkan modal yang besar. Bisnis warung kopi dapat Anda jadikan sebagai usaha sampingan. Anda dapat membuka warung kopi ini setiap sore hingga malam supaya tidak mengganggu pekerjaan utama Anda.

artikel terkait peluang usaha: Tips Awal Memulai Bisnis Tanaman Hias. Baca Disini

Namun, jika Anda bertujuan untuk menggeluti bisnis warung kopi sebagai pokok pencaharian Anda, warung kopi ini dapat Anda buka dari pagi hingga malam atau dari siang hingga dini hari. Pengunjung akan banyak berdatangan jika pelayanan yang Anda berikan memuaskan dan kopi yang Anda sajikan memiliki cita rasa yang khas. Seiring banyaknya pengunjung maka keuntungan pun akan mengikuti. Apabila seorang pengunjung merasakan kenyamanan maka pengunjung tersebut akan menjadi seorang pelanggan setia yang dapat mendatangkan keuntungan bagi Anda.

bisnis warung kopi
Jenis kopi dalam bisnis warung kopi

Apabila Anda berkeinginan untuk membuka usaha warung kopi, berikut ini 7 tips memulai bisnis warung kopi yang dapat Anda pelajari.

Lokasi Usaha Bisnis Warung Kopi

Lokasi yang digunakan untuk berjualan kopi sebaiknya berada pada tempat yang strategis. Hal ini dimaksudkan agar warung kopi Anda bisa menjangkau konsumen dengan jumlah yang banyak. Carilah lokasi yang mudah diakses oleh konsumen, hal ini sangat penting dalam menentukan kemajuan dan keberhasilan dari usaha warung kopi yang Anda jalankan. Carilah lokasi yang ramai dan banyak dilalui orang, misal membuka usaha warung kopi di tepi jalan, pasar, taman, pusat belanja, kampus dan alun-alun. Sebaiknya sering – seringlah mengontrol kebersihan warung kopi Anda. Hal ini dimaksudkan supaya pengunjung merasa nyaman dan betah nongkrong di warung kopi Anda. Desainlah warung kopi Anda dengan tema – tema yang unik. Desain warung kopi yang bagus, unik dan menarik tentunya akan menarik perhatian konsumen untuk mampir ke warung kopi Anda.

Strategi Usaha Bisnis Warung Kopi

Arti dari strategi usaha disini adalah Anda harus mampu menyajikan kopi dengan cita rasa yang enak, khas, nikmat dan unik. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelancaran bisnis warung kopi Anda, serta membuat pengunjung merasa betah dalam menikmati kopi yang ada di warung kopi Anda. Selain itu strategi usaha ini bertujuan supaya pengunjung selalu ingin datang ke warung kopi Anda.

Memberikan Fasilitas Tambahan

Agar usaha bisnis warung kopi Anda tetap ramai akan kedatangan pengunjung, Anda bisa memberikan fasilitas tambahan berupa televisi, musik dan jika memungkinkan dapat juga Anda tambahkan jaringan wifi. Apabila Anda memberikan fasilitas tersebut di warung kopi milik Anda, maka dapat dipastikan pengunjung akan ramai. Bahkan mulai pagi hari, siang hingga malam hari pun pengunjung akan tetap ramai berdatangan untuk ngopi di warung kopi Anda. Pengunjung akan betah untuk berlama-lama di warung kopi Anda untuk kembali memesan menu yang Anda tawarkan.

Promosi Bisnis Warung Kopi Anda

Agar warung kopi Anda ramai sebaiknya Anda melakukan promosi. Promosi dapat Anda lakukan ke masyarakat sekitar warung kopi. Promosi dapat dilakukan dengan cara menyebarkan brosur. Gunakan juga promosi melalui media – media sosial untuk mengembangkan bisnis warung kopi Anda. Selalu memberikan promosi juga dapat Anda lakukan, misalnya dengan memberikan harga promo serta harga paket yang terjangkau. Misalkan lakukan promo pada bulan pertama untuk perkenalan warung kopi Anda. Jika pengunjung mulai ramai barulah Anda naikan sedikit demi sedikit harga kopi tersebut. Tetapi tetap dengan menjaga kualitas kopi yang terbaik.

Ijin Usaha Bisnis Warung Kopi

Apabila Anda menginginkan untuk membuka usaha warung kopi dengan skala menengah atau besar, Anda harus memiliki ijin usaha. Ijin usaha dapat dibuat dengan mengajukan ijin kepada pihak yang berwenang mengelola perijinan, misal kantor kelurahan, kantor kecamatan dan sebagainya. Ijin usaha sangat penting dalam bisnis warung kopi, sebab jika Anda tidak memiliki ijin usaha kedepannya Anda bisa tekena masalah perijinan dari pihak yang bersangkutan.

Makanan dan jajanan pendukung

Selain menjual kopi sebaiknya Anda juga menyediakan jajanan serta makanan pendukung. Misal, gorengan, krupuk, snack, kacang, keripik dan sebagainya. Tentunya dengan harga yang terjangkau.

Artikel peluang usaha: Peluang Bisnis Rumahan Sambel Pecel. Klik Disini

Pelayanan

Anda harus mampu memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada konsumen dan pelanggan. Sebab dengan pelayanan yang baik maka konsumen akan merasa nyaman berada lama di warung kopi Anda. Cara memberikan pelayanan yang baik yaitu dengan bersikap sopan, ramah, murah senyum, dan sering-sering menyapa konsumen supaya konsumen merasa akrab dengan Anda.

bisnis warung kopi
Warung kopi modern

Tips-tips tersebut diatas sebaiknya Anda pahami sebelum menjalankan bisnis warung kopi. Jika berminat untuk bisnis warung kopi silahkan mencoba tips-tips yang kami berikan. Cobalah membuka warung kopi seperti konsep yang Anda pikirkan sekarang dan sesuaikan dengan kemampuan Anda. Berikanlah sesuatu yang khas pada warung kopi Anda, yang bisa menjadi pembeda dengan warung – warung kopi lainnya. Jangan pernah takut gagal sebelum mencobanya. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Sumber gambar: maxmanroe,ayousaha,dckiabimanyu

 


Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

olahan dari ikan

Kisah Sukses-Olahan Dari Ikan Untungnya Memang Memanjakan

Memanfaatkan hasil tangkapan dari laut ibu Shofia Aqilah bisa memproduksi berbagai macam variasi produk makanan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *