Halaman Depan / Peluang Usaha / Tips Awal Memulai Bisnis Tanaman Hias Lengkap Ada Disini

Tips Awal Memulai Bisnis Tanaman Hias Lengkap Ada Disini

Sangat menyenangkan jika melakukan kegiatan yang dijalankan berdasarkan pada kesukaan atau hobi. Apalagi jika hobi tersebut bisa menjadi lahan bisnis yang dapat mendatangkan pundi – pundi rupiah secara terus menerus. Salah satu hobi yang menyenangkan dan bisa mendatangkan keuntungan terus menerus adalah memelihara tanaman hias. Yup, bisnis tanaman hias.

Jika Anda bisa memanfaatkan secara jeli maka peluang usaha tanaman hias adalah bisnis yang sangat menguntungkan. Banyak sekali pengusaha – pengusaha yang telah sukses dibidang usaha ini. Berawal dari hobi merawat dan memelihara tanaman para pengusaha tersebut berhasil mengembangkan hobinya menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

bisnis tanaman hias
Lokasi bisnis tanaman hias di pekarangan rumah

Bisnis tanaman hias ini masih menyimpan peluang yang besar, akan tetapi sering ada juga yang gagal untuk menggeluti bisnis tanaman hias ini. Sehingga selain berhenti ditengah jalan, banyak juga yang tiba – tiba mengurungkan niatnya untuk membuka usaha tanaman hias. Untuk itu kami akan membantu Anda dengan tips – tips sederhana yang bisa menjadi inspirasi untuk memulai bisnis tanaman hias ini.

artikel tanaman hias: Tips budidaya Tanaman Palem dan Ragam Jenisnya

Langkah Awal Memulai Bisnis Tanaman Hias

Berikut kami berikan beberapa tips untuk memulai bisnis tanaman hias. Tips ini sebagai langkah awal Anda sebelum melangkah lebih jauh lagi. Adapun beberapa tipsnya adalah sebagai berikut:

Pengetahuan yang cukup mengenai tanaman hias

Sangat sulit rasanya jika ingin melakukan bisnis tanaman hias namun Anda sama sekali tidak memiliki pengetahuan mengenai tanaman hias. Dalam bisnis manapun sama seperti itu, hendaknya Anda mempunyai pengetahuan dasar yang cukup. Anda harus mempunyai pengetahuan dasar yang mumpuni. Tanpa pengetahuan dasar yang mumpuni tidak menutup kemungkinan bisnis tanaman hias yang akan Anda geluti bisa mati atau layu sebelum laku terjual.

Jangan ragu untuk mencari informasi sebanyak – banyaknya mengenai tanaman hias. Bagaimana sistem perawatan yang benar, bagaimana menambah jumlah bunga biar lebih indah dan lain sebagainya. Anda bisa mencarinya melalui media internet atau mungkin menanyakan kepada sahabat atau kenalan Anda yang mungkin sudah ahli dan berpengalaman pada bisnis tanaman hias. Dengan pengetahuan yang cukup dapat lebih memudahkan Anda untuk berbisnis tanaman hias.

Menentukan jenis tanaman hias 

Sebelum Anda memutuskan untuk menjual jenis tanaman hias, sebaiknya Anda melakukan survey terlebih dahulu. Misal survey yang dilakukan adalah tanaman hias apa saja yang popular untuk saat ini, tanaman hias apa saja yang akan menjadi trending pada tahun berikutnya dan lain – lain. Pertimbangan lainnya adalah jenis tanaman hias apa yang cocok dengan lokasi tempat Anda. Jika lokasi Anda adalah daerah yang sangat panas maka jangan memilih menjual tanaman hias yang hidup pada lokasi yang dingin. Hal tersebut akan membuat Anda mengeluarkan ongkos lebih untuk perawatan dan pemeliharannya. Resiko gagal berkembang pun juga akan semakin tinggi. Sehingga pilihlah jenis tanaman yang akan Anda jual dengan kondisi lingkungan Anda tinggal untuk mengurangi resiko di atas.

Lokasi atau tempat usaha

Pilihlah lokasi bisnis tanaman hias Anda pada daerah yang ramai. Misalnya di pinggir jalan raya. Sehingga kemungkinan konsumen yang datang ke toko Anda akan lebih banyak. Jangan khwatir jika Anda belum mempunyai modal untuk menyewa atau membuat toko ditempat keramaian. Sebagai permulaan Anda bisa memanfaatkan pekarangan rumah Anda. Tips lain agar konsumen selalu datang ke lokasi bunga Anda adalah dengan menjaga kualitas dan variasi tanaman hias. Terakhir. Jaga selalu kebersihan  tempat bisnis tanaman hias Anda. Sehingga sedap dipandang mata oleh para konsumen Anda.

bisnis tanaman hias
Contoh lokasi bisnis tanaman hias

Faktor keamanan

Faktor keamanan sangat penting dalam bisnis tanaman hias. Karena tanaman hias yang Anda jual akan menarik tangan – tangan jahil untuk mencurinya. Sebagai pemula dalam bisnis ini Anda harus ekstra hati – hati dan waspada selalu. Sering – seringlah memantau keamanan lokasi bisnis tanaman hias Anda karena pencurian tidak hanya terjadi pada malam hari saja. Jika bisnis tanaman hias Anda sudah besar, tidak ada salahnya Anda menyewa jasa keamanan sekaligus bisa menjadi pekerja pada taman/toko Anda.

Sarana dan prasarana penunjang

Sarana dan prasarana yang diperlukan misal untuk ruang display taman, ruang untuk bibit tanaman hias, ruang budidaya tanaman hias, ruang menyimpan tanaman, ruang parkir yang luas dan ruang tunggu yang nyaman bagi konsumen Anda.

Pemasaran dan promosi

Faktor ini tidak kalah pentingnya dari faktor yang kami jelaskan di atas tadi. Faktor pemasaran dan promosi akan membuat bisnis tanaman hias Anda bisa menjadi lebih dikenal oleh banyak orang. Dalam menjalankan promosi, jangan lupa untuk memberikan informasi tentang lokasi usaha Anda, jenis tanaman hias yang Anda jual, penawaran harga tiap jenis tanaman hias serta promosi apa saja yang Anda tawarkan. Promosi bisa Anda lakukan melalui media online, offline, brosur  dan lainnya. Salah satu cara yang paling efektif dalam berpromosi adalah dengan mengikuti berbagai pameran tanaman hias. Diharapkan dengan aktif mengikuti pameran tanaman hias, mampu mengenalkan bisnis tanaman hias Anda kebanyak orang.

artikel terkait: Tips Praktis Cara Menanam Bunga Hias

Demikaian beberapa langkah awal untuk memulai bisnis tanaman hias. Semoga bisa menjadikan inspirasi bagi Anda yang ingin terjun ke dalam bisnis ini. Intinya adalah ketelatenan Anda dalam menjalankan bisnis ini. Selamat berbisnis tanaman hias dan semoga sukses.

bisnis tanaman hias
Sampel Toko tanaman hias

Sumber gambar: Anakdagang, liputan6,kotabungavilla,sebandung

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

Prospek Cerah Budidaya Kurma Di Indonesia | Wajib Baca!

Prospek Cerah Budidaya Kurma Di Indonesia | Wajib Baca!

Menurut seorang pakar buah dari Bogor yaitu DR Mohammad Reza Tirtawinata MS, Indonesia sangat berpeluang …

Tips Awal Memulai Bisnis Tanaman Hias Lengkap Ada Disini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips Awal Memulai Bisnis Tanaman Hias Lengkap Ada Disini