Halaman Depan / Peluang Usaha / Tips Langkah Sukses Usaha Ternak Ayam Datangkan Rupiah

Tips Langkah Sukses Usaha Ternak Ayam Datangkan Rupiah

Usaha ternak ayam – Untuk memulai suatu bisnis pasti akan membuat Anda untuk berpikir keras. Apalagi ketika harus memikirkan jenis atau bentuk bisnis yang akan Anda jalankan. Hal tersebut tentu sangatlah wajar dalam dunia bisnis. Untuk memulai suatu bisnis tentunya Anda akan membutuhkan banyak waktu dan sejumlah modal. Disamping itu Anda juga harus memikirkan segala kebutuhan dan kemungkinan yang akan terjadi saat bisnis tersebut sudah Anda jalankan dengan matang.

Pada saat memulai bisnis, pastinya keinginan terbesar Anda adalah memperoleh sejumlah keuntungan. Hal tersebut juga akan menjadi tujuan utama Anda dalam menjalankan suatu bisnis. Jika bisnis Anda sudah mulai berjalan, jangan Anda lakukan secara asal – asalan dalam menjalankannya. Semua harus Anda perhitungkan secara detail dan Anda harus menjalankan bisnis tersebut dengan giat. Sehingga apa yang Anda harapkan dari bisnis tersebut dapat tercapai dengan baik.

artikel terkait bisnis ayam: Bisnis Ternak Ayam Jawa Super. Panen Cepat!!!

Perlu Anda ketahui, bisnis bukanlah suatu aktivitas atau kegiatan yang dapat menghasilkan secara langsung atau instan. Keberhasilan sebuah bisnis sangat bergantung pada prosesnya. Semakin baik Anda berproses dalam menjalankan bisnis, maka semakin tinggi peluang keberhasilan bisnis Anda.

Saat ini bisnis yang mempunyai prospek menjanjikan adalah bisnis yang berbasis pertanian. Kebutuhan pokok akan sandang pangan membuat bisnis pertanian akan menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Salah satu jenis bisnis berbasis pertanian dengan keuntungan yang besar salah satunya adalah bisnis ternak ayam.

usaha ternak ayam
Usaha ternam ayam broiler

Bisnis Ternak Ayam Yang Cocok Untuk Pemula

Tidak semua bisnis harus Anda mulai dengan modal yang banyak atau besar. Yang terpenting dalam menjalankan bisnis adalah Anda mengerti dengan baik apa yang Anda lakukan. Bisnis ternak ayam merupakan bisnis dengan modal kecil tetapi memiliki prospek keuntungan yang tinggi.

Jika Anda tertarik dengan bisnis ternak ayam, sangat kami sarankan untuk beternak ayam pedaging atau biasa disebut ayam broiler. Itu dikarenakan permintaan akan daging ayam di pasaran terus meningkat, belum lagi ketika pada musim hari raya. Harga daging ayam dapat melambung tinggi di pasaran.

Anda dapat meraup untung besar dari usaha ternak ayam ini. Harga ayam potong dipasaran sekitar Rp 20.000 hingga Rp 40.000 per kilonya. Padahal satu ekor ayam pedaging bobotnya bisa mencapai 1,6 kg. Belum lagi ketika musim hari raya, tentunya harga daging ayam dapat meningkat tajam hingga Rp 50.000 – Rp 80.000 per kilonya.

Tips Jitu Usaha Ternak Ayam

Pada saat Anda menjalankan usaha ternak ayam, hal yang mungkin menjadi ketakutan terbesar Anda adalah kerugian atau kegagalan. Untuk menghindari hal – hal tersebut lakukan langkah – langkah berikut ini :

  • Buatlah kandang sesuai dengan jumlah ayam yang akan Anda ternakkan. Pastikan penempatan kandang dapat memenuhi pencahayaan dan pastikan kestabilan suhu di dalam kandang.
  • Perhatikan ketersediaan bahan pendukung yang akan menunjang usaha ternak ayam Anda. Seperti ketersediaan air, listrik,tempat pakan, serta tempat minum.
  • Berilah perhatian ekstra selama 14 hari pertama pada ternak ayam Anda. Masa tersebut merupakan masa yang rentan bagi anakan ayam. Perhatikan juga suhu kelembaban di dalam kandang karena akan bepengaruh terhadap kondisi ayam.
  • Berilah pakan secara teratur serta bersihkan kandang dari kotoran dan sisa – sisa makanan.
  • Pada masa setelah 14 hari pertama, ternak akan lebih mudah untuk dirawat. Berilah pakan 2 – 3 kali sehari.
  • Lakukan vaksin secara berkala yaitu pada hari ke 7, hari ke 14, serta hari ke 21.
  • Berikan antibiotik serta vitamin. Pemberian dilakukan pada saat 5 hingga 10 hari sebelum Anda melakukan panen.

Memulai dengan Tepat Usaha Ternak Ayam

Jalankanlah bisnis Anda dengan sungguh – sungguh. Artinya setiap langkah sudah Anda perhitungkan dengan matang. Termasuk segala kemungkinan yang akan Anda hadapi selama menjalankan usaha ternak ayam. Sehingga kedepannya tidak ada yang akan menjadi kendala besar untuk Anda selesaikan dan keuntungan yang didapatkan sesuai dengan keinginan.

Artikel ayam lainnya: 8 Prinsip Membangun Bisnis Ternak Ayam Kampung

Analisis Sederhana Usaha Ternak Ayam

Untuk menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memulai usaha ternak ayam, berikut analisis usahanya :

Biaya Tetap Usaha Ternak Ayam 

Kandang ayam ukuran 3 m2 sebanyak 5 buah= Rp3.000.000

Tempat minum sebanyak 10 buah= Rp70.000

Tempat pakan sebanyak 10 buah= Rp50.000

Lampu penerangan sebanyak 10 buah= Rp25.000

Total biaya tetap= Rp3.145.000

Biaya Variabel Usaha Ternak Ayam

200 anakan ayam x @1000= Rp200.000

5 karung konsentat x @120.000= Rp600.000

Obat – obatan= Rp120.000

Biaya listrik= Rp35.000

Total biaya variabel= Rp955.000

Total modal awal= Rp4.100.000

Pendapatan Kotor Usaha Ternak Ayam

Bobot ayam 200 ekor x @1,5kg= 300kg

Harga jual 300kg x @Rp40.000= Rp12.000.000

Pendapatan Bersih Usaha Ternak Ayam

Pendapatan kotor – Total Modal

Rp12.000.000 – Rp4.100.000= Rp7.900.000

usaha ternak ayam
Anakan ayam broiler

Sumber gambar: youtube, ayam broiler, preneuria

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tempat minum ayam

Inilah Tips Manajemen Pemilihan Tempat Minum Ayam

Air adalah unsur yang sangat dibutuhkan dalam pengembangan usaha peternakan bisnis ayam. Jika Anda benar …

Tips Langkah Sukses Usaha Ternak Ayam Datangkan Rupiah


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips Langkah Sukses Usaha Ternak Ayam Datangkan Rupiah