Halaman Depan / Peternakan / Tips Membuat Kroto Super – Pakan Terbaik Untuk Burung Kicauan Anda

Tips Membuat Kroto Super – Pakan Terbaik Untuk Burung Kicauan Anda

Kroto super – Setiap orang akan memiliki gambaran yang sama saat mendengar kata kroto. Yaitu telur semut yang berwarna putih. Biasanya kroto digunakan sebagai makanan burung peliharaan. Untuk mendapatkan kroto dari alam saat ini sudah cukup sulit sehingga harga kroto pun sekarang berangsur naik. Untuk mengatasi kelangkaan kroto di alam bebas maka saat ini sudah banyak petani yang membudidayakan semut rangrang penghasil kroto. Budidaya kroto sekarang mulai menjadi trend di Indonesia seiring susahnya kroto dari alam.

kroto super
Kroto

Budidaya kroto tidak membutuhkan modal yang besar. Bahkan dengan modal yang pas-pasan sekalipun Anda sudah bisa melakukan budidaya kroto ini. Budidaya kroto adalah peluang bisnis yang sangat menggiurkan, karena prospek pecinta burung saat ini semakin menanjak. Jika prospek para pecinta burung semakin naik, maka pakan berupa kroto pun akan semakin dicari. Mengapa demikian? hal ini dikarenakan kroto dari dulu sudah dikenal sebagai pakan yang baik bagi burung peliharaan.

Artikel terkait kroto: Budidaya Kroto Rumahan – Bisnis Yang Menguntungkan

Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Menghasilkan Kroto Super

Budidaya kroto relatif mudah, namun tidak semua orang dapat menghasilkan kroto berkualitas super dari ternak semut rangrang ini. Lalu bagaimana cara membudidayakan semut rangrang yang dapat menghasilkan kroto super?. Terdapat 4 hal yang perlu Anda pahami dalam budidaya kroto super ini, yaitu:

Lingkungan

Untuk mendapatkan kroto super, Anda membutuhkan kondisi lingkungan yang harus sesuai dengan keinginan koloni semut rangrang. Jika Anda melakukan budidaya di dalam suatu ruangan, maka sesuaikan ruangan tersebut dengan kondisi semut rangrang di alam bebas. Ada beberapa kriteria lingkungan yang disukai oleh semut rangrang, diantaranya sebagai berikut:

  • Kondisi ruangan yang cenderung gelap. Intensitas cahaya yang dibutuhkan hanya 30% saja.
  • Ruangan budidaya harus selalu tertutup, baik budidaya secara indoor atau pun outdoor. Jika Anda ingin budidaya kroto secara outdoor, disarankan sebaiknya membuat gubuk yang tertutup supaya cahaya matahari tidak terlalu banyak yang masuk.
  • Untuk hasil optimal sebaiknya ruangan bersuhu antara 26-320C
  • Atur agar sirkulasi udara lancar, ruangan tidak lembab dan tidak pengap.

Media Budidaya

Berbagai macam media dapat digunakan dalam budidaya kroto super ini, akan tetapi yang paling signifikan serta efektif adalah media rak dan toples. Rak dapat dibuat dengan bahan kayu, triplek, ataupun bambu. Hal yang terpenting dalam budidaya kroto super yaitu jumlah bibit pada toples haruslah menyesuaikan kapasitas raknya. Jangan sampai rak yang Anda buat terlalu besar sedangkan jumlah bibit sedikit. Hal ini akan berdampak pada jumlah kroto yang dihasilkan serta semut rangrang tidak fokus dalam bersarang.

kroto super
Media Toples

Ada dua hal yang harus diingat dalam kualifikasi pembuatan rak. Pertama yaitu kaki rak haruslah memiliki panjang minimal 50 cm, kemudian yang kedua yaitu jarak antar rak minimal 50 cm. Ini dimaksutkan supaya memudahkan Anda dalam proses penyusunan toples serta memudahkan Anda dalam melakukan pemanenan. Selebihnya jumlah tingkat, panjang rak, serta tinggi rak dapat Anda modifikasi sesuai jumlah toples yang anda miliki.

Artikel kroto lainnya: Analisis Usaha Kroto – Bagi Anda Yang Ingin Bisnis Budidaya Kroto

Sekuritas (keamanan)

Supaya semut rangrang yang Anda miliki tidak berhamburan serta keluar kemana-mana, sebaiknya Anda memberikan baskom pada kaki-kaki rak dan diisi menggunakan air atau oli. Cara ini cukup efektif untuk menahan semut rangrang supaya tidak pergi kemana-mana dan selalu berada di sekitaran rak. Sebelum kaki-kaki rak ini diberi baskom sebaiknya Anda melapisinya dengan plastik maupun botol plastik. Hal ini bertujuan agar kaki-kaki rak tidak mudah rapuh dan mengalami pelapukan karena terendam air dalam waktu yang lama.

Pakan

Untuk mendapatkan kroto super, kering dan putih, Anda perlu memberikan pakan dengan kadar protein yang relatif tinggi untuk semut rangrang yang dibudidayakan. Pakan apa saja yang mengandung protein tinggi dan cocok untuk semut rangrang agar menghasilkan kroto super?.  Ada beberapa pakan hidup yang cocok untuk semut rangrang agar menghasilkan kroto super.

  • Ulat pisang
  • Ulat hongkong
  • Cacing tanah
  • Jangkrik
  • Kecoa

Selain pakan di atas ada salah satu pakan yang harus Anda berikan pada semut rangrang yaitu air gula. Air gula ini berfungsi sebagai sumber energi serta sumber tenaga bagi semut rangrang. Anda dapat menggunakan gula pasir yang dilarutkan ke dalam air, namun untuk kadar kemanisannya belum ada ukuran yang pasti. Yang penting adalah air gula dari larutan gula pasir dan air cukup manis atau cukup kental.

kroto super
panen kroto super

Dari pemaparan diatas, jika 4 hal tersebut dapat berjalan secara optimal maka kroto super yang Anda harapkan akan dapat dipanen dengan maksimal. Kroto super harganya sangat mahal untuk ukuran pakan burung. Kroto ini yang dibutuhkan untuk burung kicau berkualitas seperti murai, murai batu, kacer dan sebagainya. Kroto super hasil bubidaya juga secara kualitas lebih baik dari pada kroto dari alam. 

Ingin budidaya kroto? Baca: Budidaya Kroto Yang Menguntungkan

Sumber gambar: jualkroto,tokopedia,google,fb

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

makanan kacer

Ini Dia Macam Makanan Kacer Pilihan Untuk Kacer Kesayangan Anda

Hal terpenting yang harus diperhatikan untuk memelihara kacer adalah makanannya. Manajemen pengelolaan pakan kacer yang …

Kroto Super Pakan Terbaik Untuk Burung Kicauan Anda


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kroto Super Pakan Terbaik Untuk Burung Kicauan Anda