Halaman Depan / Peternakan / Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Membuat Kandang Ternak Murai Batu

Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Membuat Kandang Ternak Murai Batu

Kandang ternak murai batu – Dalam berbisnis murai batu, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan kandang ternak terlebih dahulu. Selain sebagai tempat berternak, kandang juga berguna sebagai tempat pemeliharaan harian. Untuk kandang ternak murai batu Anda dapat membuatnya secara ideal sederhana maupun secara minimalis. Tergantung kebutuhan Anda dalam beternak burung murai batu.

Terdapat beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan dalam pembuatan kandang ternak murai batu, diantaranya adalah:

  • Mempersiapkan sebuah tempat untuk pembuatan kandang.
  • Ukuran kandang.
  • Aspek keamanan dan kenyamanan kandang.
kandang ternak murai batu
Sampel kandang murai batu

Ternak murai batu merupakan usaha yang prospektif. Contohnya saja murai batu medan jantan dengan kisaran umur 1 bulan harganya sudah mencapai 2,5 juta (hasil ternak). Bukan nominal yang sedikit untuk seekor anakan burung bukan?

Artikel terkait murai batu: Tips Cara Menjodohkan Murai Batu Agar Cepat Produksi

Beternak murai batu juga tidak semudah yang Anda bayangkan. Sebab, murai batu merupakan salah satu burung yang mudah stres. Ditambah lagi Anda juga harus memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana memperlakukan, merawat dan memelihara murai batu.

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda gunakan dalam membuat kandang murai batu.

Tips Pembuatan Kandang Ternak Murai Batu Yang Ideal

Menyediakan tempat yang nyaman

Seperti yang telah tertulis di awal, pembuatan kandang murai  batu haruslah mengutamakan kenyamanan. Carilah tempat yang cukup sunyi atau jauh dari keramaian. Hindari membangun kandang ternak murai batu dipinggir jalan, pasar atau dekat pabrik, karena murai batu membutuhkan suasana yang tenang untuk bereproduksi dan menghindari stres.

Selain untuk beternak, kandang yang nyaman juga sangat dibutuhkan ketika Anda melakukan pemasteran murai batu. Dengan tempat yang nyaman maka pemasteran dapat fokus dan hasilnya burung jadi gacor dan lebih lantang.

Ukuran kandang

Dalam membuat kandang murai batu khususnya untuk ternak, Anda harus memperhatikan ukuran kandang. Kandang yang bersusun sangatlah ideal bagi Anda yang memiliki lahan sempit maupun luas. Ukuran kandang dapat disesuaikan dengan luas lahan, usahakan jangan terlalu sempit supaya murai batu dapat terbang kecil untuk menjaga kebugaran dan tidak kegemukan. Semakin besar kandang murai batu maka akan semakin baik dalam menjaga kenyamanan murai batu.

Kandang ternak murai batu bisa Anda buat dengan ukuran minimalis, yaitu dengan ukuran panjang 90 cm, lebar 90 cm, serta tinggi 1 meter. Anda dapat menggunakan ukuran yang lebih besar dari ukuran tersebut jika luas lahan Anda mencukupi. Misal, ukuran panjang 3 m, lebar 3 m, serta tinggi 4 m. Namun jika lahan Anda sempit, kami sarankan menggunakan ukuran minimalis.

kandang ternak murai batu
Kondisi di dalam kandang murai

Bahan baku pembuatan kandang ternak murai batu

Dalam pembuatan kandang ideal untuk murai batu, Anda dapat menggunakan beberapa bahan sebagai berikut:

  • Kayu
  • Bambu
  • Kawat
  • Batako
  • Genteng atau asbes

Buatlah kandang murai batu dengan menggunakan bahan tersebut yang kemudian ditempel pada dinding batako. Buat juga atap dengan menggunakan asbes atau genteng. Usahakan jangan pernah menggunakan atap yang terbuat dari bahan seng, sebab jika musim panas dapat memberikan temperatur panas yang berlebih pada kandang murai batu. Begitupula pada musim hujan, seng dapat membuat suara yang sangat berisik sehingga sangat mengganggu kenyamanan dari murai batu dan dapat membuat murai batu menjadi stress.

Jika kandang murai batu Anda berada di dalam rumah, maka tidak memerlukan atap. Dasar kandang sebaiknya Anda buat dengan menggunakan tanah atau kandang langsung menempel pada tanah. Dasar kandang dapat juga Anda buat menggunakan kawat Ram, berlantaikan semen dan dilapisi pasir bersih. Tergantung Anda ingin menggunakan yang mana. Yang terpenting kandang harus tetap terjaga keamanannya dan terhindah dari lembab serta tumpukan kotoran murai batu.

Desain kandang

Bentuk atau desain kandang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Umumnya pembuatan kandang yang dilakukan oleh peternak murai batu menggunakan dua pintu pada setiap kandang. Pintu dipasang pada bagian atas dan bawah kandang. Pintu atas didesain untuk mengganti pakan burung dan pintu bagian bawah kandang untuk membersihkan kotoran burung murai batu yang tercecer di dasar kandang.

Keamanan dan kenyamanan kandang

Yang terakhir dan paling penting adalah memperhatikan keamanan dan keyamanan kandang tersebut. Pastikan lingkungan kandang ternak murai batu Anda terbebas dari binatang buas atau pemangsa. Pastikan juga kandang Anda aman dari pencuri yang dapat mengganggu keamanan serta kenyamanan burung dalam beraktifitas dalam kandang.

kandang ternak murai batu
Kandang untuk lahan sempit

Bagi Anda yang tinggal di daerah yang bersuhu dingin, berilah lampu bohlam dalam kandang murai batu Anda. Bohlam yang dipakai jangan terlalu terang, gunakan bohlam berukuran 5-10 watt yang penting burung dalam kandang tidak kedinginan. Kenyamanan kandang sangat dibutuhkan supaya burung tetap merasa hidup dalam habitatnya. Maka diharapkan proses reproduksi akan lebih terjaga kualitasnya.

Artikel murai batu lainnya: Cara Mengatasi Penyakit Pada Murai Batu. Cek Disini

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tempat minum ayam

Inilah Tips Manajemen Pemilihan Tempat Minum Ayam

Air adalah unsur yang sangat dibutuhkan dalam pengembangan usaha peternakan bisnis ayam. Jika Anda benar …

Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Membuat Kandang Ternak Murai Batu


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Membuat Kandang Ternak Murai Batu