Halaman Depan / Peternakan / Syarat Dan Tips Pembuatan Kandang Sapi Potong Baca Disini

Syarat Dan Tips Pembuatan Kandang Sapi Potong Baca Disini

Kandang sapi potong – Di Indonesia, jenis sapi yang sering di jadikan sapi potong adalah jenis sapi Bali. Awalnya sapi Bali ini dikembangkan hanya di daerah Bali saja. Hingga pada akhirnya jenis sapi ini sudah tersebar ke wilayah Sulawesi serta Nusa Tenggara Barat.

Jenis – Jenis Sapi Potong

Di Indonesia, ternak sapi potong sudah berkembang dengan baik. Jenis sapi yang dibudidayakanpun beragam jenis, mulai dari jenis sapi lokal hingga jenis sapi impor. Sapi memiliki sifat dan ciri khas yang berbeda – beda, hal tersebut dapat Anda lihat dari segi fisik yaitu ukuran tubuh, warna kulit dan segi genetik yaitu kualitas pertumbuhannya.

Jenis sapi potong yang ada di Indonesia adalah :

  • Jenis sapi Bali memiliki bobot berkisar antara 300 hingga 400 kg. Sapi bali memiliki tingkat presentase karkasnya mencapai 56,9%.
  • Jenis sapi Aberdeen angus, ciri sapi ini adalah memiliki warna kulit hitam, tidak memiliki tanduk, memiliki postur yang rata dengan daging yang padat. Pada usia 1,5 tahun berat badan sapi ini sudah bisa mencapai 650 kg. Sangat cocok untuk di jadikan ternak sapi potong.
  • Sapi Simental merupakan jenis sapi yang berasal dari negara Swiss. Sapi jenis ini memiliki ciri – ciri yaitu warna kulitnya kekuning – kuningan atau coklat muda, memiliki tanduk yang kecil, pada bagian ujung ekor, lutut sampai bawah, serta mukanya memiliki warna putih.
  • Jenis sapi Brahman berasal dari India. Tingkat presentase karkas sapi Brahman bisa mencapai 45%. Sapi ini sangat cocok dijadikan ternak sapi potong, karena tidak selektif dalam masalah pakan. Jenis sapi potong ini memiliki kekebalan terhadap gigitan nyamuk, caplak, serta lebih tahan panas.\
kandang sapi potong
Sapi potong

Penentuan Lokasi Ternak Sapi Potong

Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk menunjang keberhasilan ternak sapi potong Anda. Hal pertama adalah penentuan lokasi ternak sapi potong. Dalam menentukan lokasi ternak sapi potong usahakan sebaiknya jauh dari permukiman, lokasi harus bisa diakses oleh kendaraan. Jadi ketika sapi akan dibawa ke kandang ataupun mau dijual, hal tersebut akan memudahkan Anda dalam mobilisasinya.

Jika kandang sapi potong berada di pekarangan rumah Anda, sebaiknya beri jarak antara rumah dengan kandang sapi potong Anda. Jarak ideal dari rumah ke kandang sapi Anda adalah minimal 10 meter. Disarankan kandang mendapat pencahayaan yang cukup, utamanya pencahayaan pada pagi hari. Lokasi kandang idealnya berdekatan dengan lahan pertanian. Kandang sapi juga dapat dibuat berkelompok, di pertengahan areal persawahan maupun di lahan pertanian.

Penyiapan Peralatan dan Sarana

Bentuk kandang sapi potong sebaiknya menyesuaiakan jumlah sapi yang Anda miliki. Untuk kandang bentuk tunggal sapi ditempatkan sejajar. Sedangkan untuk kandang bentuk ganda penempatan dua sisi baris yang berjejer, terkadang sapi dibuat saling berhadapan atau bertolak belakang. Diantara dua jajaran tersebut bisa Anda pakai sebagai jalan. Kandang ternak sapi potong yang fungsinya untuk penggemukan atau biasa dikenal dengan kereman biasanya berbentuknya tunggal, itu jika Anda memiliki sapi dengan jumlah sedikit. Sebaliknya, jika Anda melakukan penggemukan sapi potong skala komersil, maka Anda dapat membuat kandang dengan ukuran yang jauh lebih besar.

artikel terkait penggemukan sapi: 4 Langkah Penggemukan Sapi Dengan Cepat

Selain itu perhatikan juga kebersihan lantai kandang sapi potong Anda agar sapi terhindar dari penyakit. Sebaiknya lantai kandang terbuat dari semen atau tanah yang padat, agar Anda akan lebih mudah untuk membersihkannya. Untuk menjaga kehangatan sapi, setelah dibersihkan beri jerami diatas lantai kandang. Agar kandang ternak sapi potong Anda terjaga kebersihannya, lakukan penyemprotan desinfektan berupa lysol atau creolin ke bagian kandang serta peralatan – peralatan ternak yang sering digunakan.

Untuk ukuran kandang, tiap ekor sapi jantan dewasa dibuatkan kandang dengan ukuran 1,5 x 2 m2 atau dengan ukuran 2,5 x 2 m2. Untuk sapi betina dewasa diberi kandang dengan ukuran 1,8 x 2 m2, dan untuk anakan cukup Anda buat dengan ukuran 1,5 x 1 m2. Ketinggian kandang dapat Anda buat dengan ukuran 2,5 m hingga 3,5 m dari dasar. Suhu kandang ternak sapi potong berkisar antara 25 hingga 40 0C dengan tingkat kelembaban mencapai 75%. Untuk lokasi ternak sapi potong bisa Anda lakukan pada dataran rendah ataupun dataran tinggi.

kandang sapi potong
Sampel kandang tunggal

Dalam ternak sapi potong, pastinya pembuatan kandang merupakan hal pertama yang harus Anda lakukan. Untuk membuat kandang yang baik, ada beberapa yang perlu Anda perhatikan yaitu :

Konstruksi serta tata letak kandang

Konstruksi atau desain kandang merupakan bangunan semi permanen. Anda bisa menggunakan model rumah kayu. Pada bagian lantai dibuat padat dan sedikit miring mengarah selokan yang ada di luar kandang.Konstruksi seperti itu bertujuan agar kencing sapi atau air yang ada di dalam kandang dapat mengalir keluar, sehingga lantai bisa kering terus dan tidak lembab.Dalam membuat kandang ternak sapi potong, buatlah dari bahan kayu gelondongan atau papan kayu yang kuat. Buatlah kandang yang memiliki sirkulasi udara yang baik, jangan membuat kandang yang terlalu rapat atau tertutup.

Ukuran untuk kandang

Ukuran kandang harus memperhitungkan jumlah sapi yang akan Anda ternakkan. Ukuran kandang yang ideal adalah :

  • 1 Sapi jantan dewasa = 1,5 x 2 meter
  • 1 Sapi betina dewasa = 1,8 x 2 meter
  • 1 anakan sapi = 1,5 x 1 meter

Perlengkapan kandang sapi potong

Perlengkapan kandang ternak sapi potong meliputi tempat pakan serta tempat minum. Tempat pakan dan minum diposisikan di luar kandang serta dibuat sedikit lebih tinggi, hal ini bertujuan agar pakan tidak jatuh, terinjak – injak sapi dan tercampur dengan kotoran.

kandang sapi potong
Contoh kandang ganda

Begitupun dengan tempat minum, dibuat sedikit lebih tinggi dari permukaan lantai kandang. Tempat minum sendiri sebaiknya dibuat secara permanen menggunakan semen. Air minum untuk sapi harus selalu tersedia dan jangan sampai habis. Perlengkapan penunjang lainnya adalah sikat, sekop, sapu, sabit, dan tempat untuk memandikan sapi Anda.

artikel terkait sapi: Tips Pembuatan Ransum Untuk Penggemukan Sapi, Baca Disini

 sumber gambar: sangthoton,viternaplus,facebook

 


Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

pakan puyuh

Tips Membuat Pakan Puyuh Sendiri Dengan Biaya Murah

Pakan puyuh – Burung puyuh adalah salah satu jenis unggas andalan yang dapat menopang kebutuhan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *