Halaman Depan / Peluang Usaha / 10 Bisnis Ternak Ini Bisa Menjadi Inspirasi Anda Wajib Dicoba

10 Bisnis Ternak Ini Bisa Menjadi Inspirasi Anda Wajib Dicoba

Jika Anda melihat saat ini dimana kebutuhan akan daging sapi di Indonesia belum terpenuhi dengan baik, sehingga mengakibatkan harga daging sapi melonjak tinggi maka bukankah itu sebuah peluang usaha yang bisa Anda manfaatkan? Bagaimana dengan harga telur? Telur adalah bahan pokok yang mempunyai harga jual yang tinggi dan stabil. Bisnis telur adalah sebuah peluang usaha yang terbuka bagi Anda. Banyak sekali sebenarnya peluang usaha yang bisa Anda ciptakan, akan tetapi mungkin belum terpikirkan oleh Anda. Bagaimana dengan bisnis ternak? Apakah itu sudah ada dalam pikiran Anda yang ingin memulai sebuah bisnis? Ya.. bisnis ternak adalah peluang usaha yang bisa membawa keuntungan besar kepada Anda.

bisnis ternak
Bisnis ternak

Dalam bisnis ternak yang paling penting bukan hanya seberapa besar keuntungan yang Anda dapatkan nantinya, akan tetapi seberapa besar segmen dari pasar dan permintaan terhadap produk yang Anda akan jual atau produksi nanti. Misal jika bisnis Anda mendapatkan keuntungan tanpa memperhatikan segmen pasar yang menjanjikan maka kemungkinan usaha Anda tidak akan bertahan lama. Untung besar sekali kemudian rugi berkali kali. Sangat disayangkan bukan? Sebaliknya jika keuntungan yang Anda dapatkan kecil tetapi permintaan pasar menjanjikan bisa jadi akan membuat Anda menjadi untung besar.

Bisnis ternak ini sangat menjanjikan untuk Anda geluti. Setelah Anda menganalisa pasar dan lingkungan sekitar, maka langkah selanjutnya adalah menentukan jenis ternak apa yang bisa memberikan keuntungan. Sebagai inspirasi kepada Anda, kami akan memberikan ulasan bisnis ternak apa  saja yang bisa Anda coba dan menghasilkan keuntungan untuk dijalankan.

Bisnis Ternak Yang Potensial

Bisnis Ternak Sapi Potong / Sapi pedaging

Daging sapi sudah menjadi kebutuhan di masyarakat, tetapi ketersediannya belum bisa terpenuhi dengan baik. Sehingga untuk memenuhi permintaan di masyarakat, pemerintah masih harus melakukan impor daging sapi dari Negara – Negara tetangga. Dari hal tersebut maka bisnis ternak sapi potong bisa Anda jadikan pilihan usaha yang menguntungkan. Namun untuk memulai bisnis ini dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Anda  harus menyiapkan tempat ternak ( kandang ), membeli beberapa ekor bakalan sapi potong, menyiapkan lahan untuk penanaman rumput sebagai pakan dan membayar karyawan untuk mengurus perawatan sapi – sapi Anda.

artikel terkait sapi: Ini Dia Cara Beternak Sapi Paling Praktis Dan Menguntungkan

Bisnis Ternak Ayam Potong / Ayam petelur

Beternak ayam petelur/ayam potong cukup menguntungkan. Untuk ayam potong pada umumnya sudah dapat Anda panen pada saat berusia 40 – 50 hari, sedangkan untuk ayam petelur Anda bisa panen setiap harinya jika ayam sudah pada masa bertelur. Untuk memulai ternak ayam memerlukan modal yang cukup besar. Modal digunakan untuk membuat kandang, menyewa lahan.

bisnis ternak
Ternak ayam

Kandang yang Anda buat usahakan jauh dari lingkungan masyarakat karena jika kebersihan kandang kurang terjaga akan menimbulkan bau. Ada beberapa tips untuk menghindari bau tersebut, yaitu buatlah kandang pada ruangan yang tertutup. Siapkan ventilasi untuk pergantian udara. Beri pemanas ruangan dan jaga suhu sekitar 38 – 42 derajat celcius. Dengan kondisi tersebut maka ayam menjadi nyaman dan tidak menimbulkan bau. Usahakan juga agar kotoran ayam tidak dalam kondisi basah.

Ternak Bebek / Itik

Ternak bebek memang memiliki masa panen yang lebih lama jika dibandingkan dengan ternak ayam. Akan tetapi permintaan pasar akan bebek berkualitas sangat tinggi. Restoran adalah pangsa pasar besar dari usaha bisnis bebek ini. Selain diambil dagingnya, telur adalah hasil yang bisa Anda jual. Untuk bebek petelur pastikan asupan pakannya terjaga agar dapat bertelur setiap harinya.

Bisnis Beternak Burung Puyuh

Untuk bisnis yang satu ini hasil utamanya adalah telur. Akan tetapi Anda bisa juga memanfaatkan dagingnya untuk dijual ke rumah – rumah makan yang menggunakan daging puyuh sebagai menunya. Untuk perawatan burung puyuh Anda harus benar – benar menjaga kondisi kandang. Jika suhu kandang tidak sesuai akan menyebabkan kematian pada burung puyuh. Selain itu kebersihan kandang harus Anda kontrol kebersihannya secara berkala.

Beternak Kambing

Peluang bisnis kambing sangat besar. Misal pada hari raya kurban, maka permintaan akan kambing naik berlipat – lipat ganda. Belum lagi pada acara – acara hajatan seperti aqiqah, pernikahan, dan lain – lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa permintaan daging kambing tidak akan pernah berhenti. Dengan modal kecil Anda sudah dapat memulai bisnis ternak ini. Selain kambing pedaging ada juga kambing etawa. Kambing etawa adalah kambing dengan produk unggulannya yaitu susu. Susu etawa terkenal mempunyai khasiat untuk kesehatan. Setiap botolnya susu kambing etawa bisa Anda jual sekitar 20.000 – 40.000 ribu perliternya.

bisnis ternak
Ternak kambing

Bisnis Beternak Kelinci

Ada 2 jenis kelinci yang bisa Anda ternakkan. Yaitu kelinci pedaging dan kelinci hias. Memilih antara kelinci pedaging dan kelinci hias sama menguntungkannya. Untuk biaya perawatan kelinci keduanya sama saja. Keunggulan kelinci hias adalah harga jualnya yang tinggi dibandingkan dengan kelinci pedaging. Keunggulan kelinci pedaging adalah unggul dalam pemasarannya. Selain mudah dipasarkan, kelinci pedaging banyak yang mau menampungnya. Terutama rumah makan atau restoran.

Bisnis Kucing Persia

Bagi Anda yang suka dengan kucing tidak ada salahnya jika langsung terjun dalam bisnis ini. Kucing hias ini cukup banyak penggemarnya. Harga jualnya pun mahal. Sehingga dapat Anda jadikan usaha yang mendatangkan keuntungan.

Bisnis Ternak Ikan Lele

Ternak ikan yang paling mudah dilakukan adalah ternak lele. Lele dapat hidup pada air yang keruh dan perawatannya pun cukup mudah. Pakan yang Anda berikan pun tidak harus berpatokan pada pakan tertentu. Berikan pakan sesuai jadwak agar hasil maksimal. Pangsa pasar lele pun sangat luas.

Beternak Ikan Hias

Bisnis ikan hias sangat menjanjikan keuntungan. Akan tetapi perawatan ikan hias ini harus lebih ekstra agar ikan tidak mati. Ikan hias yang mempunyai harga jual tinggi adalah ikan guppy,ikan cupang, ikan discus dan masih banyak lagi.

Ternak Burung

Bisnis ternak burung ini bisa Anda jadikan usaha sampingan. Aneka burung hias dan burung kicau banyak dicari oleh pecinta burung. Burung kicau yang banyak dicari adalah kacer, lovebird, kenari dan masih banyak lagi lainnya. Burung dapat melonjak harganya jika sudah memiliki sertifikat juara.

artikel terkait ternak burung: Langkah Sukses Ternak Burung Blackthroat

Demikian beberapa macam bisnis ternak yang bisa menjadi inspirasi Anda. Intinya dalam bisnis ternak dibutuhkan ketekunan dan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Sumber gambar: bisnisonlinegratis, detakbisnis, planetkabar, youdknow

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

Prospek Cerah Budidaya Kurma Di Indonesia | Wajib Baca!

Prospek Cerah Budidaya Kurma Di Indonesia | Wajib Baca!

Menurut seorang pakar buah dari Bogor yaitu DR Mohammad Reza Tirtawinata MS, Indonesia sangat berpeluang …

10 Bisnis Ternak Ini Bisa Menjadi Inspirasi Anda Wajib Dicoba


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 Bisnis Ternak Ini Bisa Menjadi Inspirasi Anda Wajib Dicoba