Halaman Depan / Peluang Usaha / Yuk, Bisnis Ayam Goreng Krispi Modal Kecil Keuntungan Besar

Yuk, Bisnis Ayam Goreng Krispi Modal Kecil Keuntungan Besar

Bisnis olahan adalah bisnis yang sangat menguntungkan. Ayam goreng krispi misalnya, bisnis dengan bahan dasar ayam ini tidak pernah sepi dari konsumen. Meskipun sudah cukup banyak yang menggeluti, namun peluang pasarnya hingga saat ini masih sangat terbuka lebar. Sebab, konsumen ayam goreng ini semakin hari semakin bertambah dan keuntungan dari bisnis ayam goreng krispi ini juga cukup menggiurkan.

Peluang usaha lainnya: Mau Usaha Nugget Jamur Tiram, Baca Ini Dulu

Ayam goreng ini sudah menjadi makanan yang tak asing lagi dilidah masyarakat di Indonesia. Untuk mendapatkan ayam goreng krispi ini juga cukup mudah. Harga ayam goreng krispi pun cukup terjangkau dan rasanya lezat. Inilah yang menyebabkan ayam goreng tepung yang renyah ini tidak pernah sepi peminat.

Tidak mengherankan jika penjual ayam krispi saat ini semakin menjamur. Peluang pasar yang besar inilah yang menjadikan faktor pendorong bagi banyak pengusaha muda untuk mengembangkan bisnis ayam goreng krispi. Bisa di katakan, ayam goreng krispi ini sudah jadi makanan pokok di masyarakat  kita. Jadi bukan sesuatu yang mengherankan jika belakangan ini semakin banyak merk dagang yang menjual ayam goreng krispi.

Bisnis Ayam Goreng Tidak Harus Dengan Modal Besar

Anda bisa mencoba bisnis ayam goreng ini dengan cara bermitra. Dalam kemitraan fasilitas yang Anda dapatkan biasanya berupa etalase full aluminium, kompor, penggorengan besar, peralatan dapur, regulator high pressure, tepung bumbu, minyak goreng, tepung krispi, dan juga merk dagang. Akan tetapi modal yang Anda keluarkan pastilah sangat besar dibandingkan dengan Anda berjualan memakai produk sendiri.

bisnis ayam goreng
Sampel gerobak ayam goreng krispi

Apabila tidak ingin bermitra, Anda dapat berusaha sendiri dengan menggunakan gerobak. Anda hanya membutuhkan dana dengan taksiran sekitar 3 juta untuk membeli perlengkapan gerobak beserta peralatan. Anggaran belanja bahan pokok seperti ayam, tepung dan berbagai bahan pendamping lainnya hanya membutuhkan dana 1 juta saja. Jadi untuk usaha ayam goreng krispi secara mandiri modal yang harus Anda keluarkan  adalah sekitar kurang lebih 4 juta rupiah.

Hal yang perlu di perhatikan dalam bisnis ayam goreng ini adalah tempat atau lahan usaha. Bisnis ayam goreng krispi dengan menggunakan gerobak membutuhkan tempat dengan ukuran 2m x 1,5m. Dengan begitu ongkos sewa tempat lebih terjangkau, Yang terpenting strategis. Jika Anda sudah mempunyai tempat atau alat masak sendiri maka modal yang dikeluarkan tentunya akan lebih kecil lagi.

Pemilihan Bahan Dasar

Persaingan dalam usaha bisnis ayam goreng ini adalah hal yang wajar. Namun jika kepercayaan masyarakat terhadap citarasa dan harga yang terjangkau sudah di miliki, menarik pelanggan bukanlah suatu persoalan yang sulit. Jika Anda ingin bersaing dalam bisnis ayam goreng ini, Anda harus mempunyai keistimewaan rasa. Hal ini biasanya terletak pada tepung yang lebih garing sehingga rasanya lebih krispi dibanding merk lainnya. Anda juga harus berusaha untuk menciptakan bumbu spesial agar membuat ayam segar menjadi terasa lebih gurih.

Selain hal diatas, pemilihan daging yang digunakan pun harus berasal dari daging ayam pilihan yang diolah secara higienis sehingga rasanya lezat, gurih dan krispi serta bergizi tinggi. Rahasia kerenyahan lainnya dari ayam goreng adalah terletak pada alat penggorengan yang digunakan. Bukan hanya itu saja, minyak yang digunakan pun bukan minyak goreng biasa. Minyak yang digunakan adalah minyak padat, sebab minyak padat memiliki titik didih yang lebih tinggi dibandingkan dengan minyak goreng pada umumnya. Selain itu keunggulan minyak ini adalah tidak mudah rusak (awet) dan minyak ini lebih menyehatkan.

Lokasi Mendukung

Hindari untuk menyewa tempat atau lokasi di footcourt sebab harganya yang tinggi. Lokasi yang paling strategis untuk bisnis ayam goreng krispi Anda adalah dekat dengan sekolah, dekat kampus / universitas, rumah sakit, perumahan dan minimarket. Selain banyak konsumennya, harga sewanya juga cukup murah.

Untuk usaha secara mandiri dengan gerobak dapat juga memanfaatkan lahan kosong di tepian jalan. Namun, Anda harus berkordinasi terlebih dahulu dengan pedagang yang ada disekitar lokosi tersebut. Untuk menghindari kesalahpahaman. Sewa lahan kosong ditepian jalan biasanya tidak sampai angka Rp 200.000. Nilai positif dari usaha mandiri tanpa bermitra atau waralaba adalah Anda bebas menentukan rasa maupun pola penjualan. Selain itu, Anda juga tidak perlu bingung mencari tempat yang sesuai kriteria seperti berwaralaba.

Keuntungan Maksimal

Berikut kami berikan beberapa analisis usaha sederhana bisnis ayam goreng krispi dari beberapa pengusaha yang sudah sukses karena menggeluti bisnis ayam goreng ini.

Bapak Muhammad Ali

Muhammad ali adalah seorang pemilik dari gerai ayam goreng di wilayah rawabelong Jakarta. Usaha bisnis ayam goreng milik beliau sangat cepat berkembang dan sekarang beliau mengaku dapat menjual 30 ekor setiap harinya. Omset perharinya mencapai 1,25 juta sehingga dalam sebulan pak Ali mampu meraup keuntungan 7 juta dari pendapatannya yang sebesar 33,7 juta/bulan. Bahkan jika sedang ramai, pak Ali mampu menjual sebanyak 50 ekor/hari.

Dalam sebulan pengeluaran pak Ali sebesar 26,63 juta yang digunakan untuk belanja perlengkapan dapur dan bahan pokok serta bumbu dengan rincian sebagai berikut:

  • 900 ekor ayam: Rp 20.700.000,00
  • Minyak dan tepung: Rp 4.830.000,00
  • Perlengkapan tambahan: Rp 500.000,00
  • Gaji seorang karyawan: Rp 600.000,00

Total: Rp 26.630.000,00

Selebihnya adalah sewa tempat dan lain lain

Gerai Crispy Fried Chicken

Jauh berbeda jika dibandingan dengan pengeluaran Gerai Crispy Fried Chicken yaitu:

  • Gaji karyawan: Rp 700.000,00
  • Sewa tempat: Rp 400.000,00
  • Ayam dan perlengkapan: Rp 11.250.000,00

Total: Rp  12.350.000,00

Dengan pendapatan 15 juta/ bulan, keuntungan bisnis ayam goreng ini lebih dari 20%. Investasi akan kembali dalam waktu 3 bulan, dengan catatan setiap hari terjual 10 ekor ayam. Sedangkan perekornya d jual seharga Rp. 52.500,00 rupiah.

Suga Resto

Lain lagi dengan suga resto:

  • Sewa tempat: Rp 2.500.000,00
  • Ayam dan tepung: Rp 17.400.000,00
  • Bahan dan perlengkapan: Rp 10.530.000,00
  • Peralatan: Rp 965.000,00
  • Gaji 6 karyawan: Rp 4.500.000,00
  • Minuman: Rp 1.290.000,00
  • Listrik: Rp 1.000.000,00
  • Membayar royalty fee: Rp 1.440.000,00

Total: Rp 39.625.000,00

Penghasilan atau omset bisnis ayam goreng mencapai Rp 53.850.000,00 dengan keuntungan bersih lebih dari 13 juta/bulan. Franchise fee berlaku selama 5 tahun dan setelah itu cukup membayar 5 juta tanpa batas waktu.

bisnis ayam goreng
Contoh tepung krispi

Bagaimana? tertarik terjun kebisnis ini? Anda bisa memilih untuk mandiri atau bisa juga bermitra untuk terjun ke bisnis ayam goreng ini. Semua tergantung Anda. Selamat mencoba.

Artikel peluang usaha: Modal Kecil? Coba Peluang Usaha Batagor Ikan Ini…

Sumber analisis usaha: peluangusaha.kontan.co.id. Harga sewaktu – waktu dapat berubah.
sumber gambar: matjengger, pinterest,x3prima

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

olahan dari ikan

Kisah Sukses-Olahan Dari Ikan Untungnya Memang Memanjakan

Memanfaatkan hasil tangkapan dari laut ibu Shofia Aqilah bisa memproduksi berbagai macam variasi produk makanan …

Satu komentar

  1. Pak minta no hp nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *