Halaman Depan / Peternakan / Rangkuman Ternak Bebek Petelur Dengan Hasil Maksimal

Rangkuman Ternak Bebek Petelur Dengan Hasil Maksimal

Dalam ternak bebek ada 2 jenis ternak, yaitu ternak bebek pedaging dan ternak bebek petelur. Keuntungan yang dihasilkan dari ternak bebek ini sungguh luar biasa. Namun tidak sedikit yang mengalami kegagalan dalam menjalani ternak bebek.

Dalam menjalankan ternak bebek petelur dibutuhkan tekad dan kesabaran yang kuat. Sangat berbeda dengan ternak bebek pedaging yang hanya dilihat dari segi fisik atau ukuran saja. Ternak bebek petelur wajib Anda kontrol produksi dan gizinya secara rutin, bahkan disarankan pengontrolan untuk setiap hari. Jika Anda termasuk orang yang awam terkait tentang beternak bebek petelur, tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan tips jitu ternak bebek petelur yang cocok digunakan untuk pemula.

ternak bebek petelur
Ternak Bebek Petelur

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait ternak bebek petelur, seperti modal yang dibutuhkan, kandang, bibit unggul, biaya pemeliharaan, hingga pasca panen. Kebutuhan tersebut merupakan faktor keberhasilan ternak bebek petelur Anda. Setidaknya kebutuhan yang mengikuti modal, bukan modal yang mengikuti kebutuhan. Lemparan pasar atau tempat penjualan telur Anda juga sudah dipetakan dengan baik, jadi setelah panen langsung bisa Anda jual.

Ternak bebek mudah: Top 10 Rangkuman Penting Dalam Ternak Bebek Pedaging. Wajib Anda Baca…

Syarat Tumbuh Berkembang Itik Petelur

Perkandangan

  • Suhu di dalam kandang harus diatur sedemikian rupa. Suhu yang disukai oleh bebek petelur berkisar antara 35 hingga 40 0
  • Tingkat kelembaban kandang 60%. Tingkat kelembaban tidak boleh melewati dari batas toleransi.
  • Adanya penerangan yang memadai di dalam kandang. Pemberian penerangan disarankan di setiap bagian sudut kandang, sehingga Anda lebih mudah melakukan penataan ketika Anda merasa perlu ditata kembali.
  • Penggunaan bahan dalam kandang tidak harus mahal. Anda bisa mencari bahan murah tetapi memiliki umur ekonomis tinggi.
  • Persiapan kebutuhan dalam kandang setidaknya dipenuhi sebelum bebek dimasukkan.

Pembibitan bebek petelur

Proses pembibitan merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam ternak bebek petelur. Dalam ternak bebek petelur perlu penggunaan bibit bebek yang baik dan berkualitas. Kualitas dapat dilihat dari kesehatan fisiknya.  Bibit yang baik lebih terlihat energik/tidak lemas, dan tanpa memiliki cacat ditubuh. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan bibit yang memuaskan, diantaranya :

  • Belilah indukan bebek yang baik, lakukan perawatan yang baik, dan jika sudah bertelur, telurnya dapat Anda tempatkan di sarang mentok atau ayam.
  • Anda dapat mencari indukan yang terjamin unggul beserta telur tetasnya.
  • Dapat membeli DOD atau bakalan bebek yang berumur 1 hari hingga 1,5 bulan.

Perawatan Bibit Bebek Petelur

Jika Anda sudah mendapatkan bibit bebek petelur, langkah selanjutnya adalah perawatan. Bibit bebek petelur yang dibeli dalam bentuk bakalan, setidaknya harus dilakukan penanganan secara cepat, dengan memasukkannya ke dalam kandang. Pemeliharan bebek meliputi menjaga kestabilan tempratur suhu dalam kandang dan pemberian pakan yang teratur. Agar suhu udara dapat merata, sesuaikan jumlah bakalan dengan luas kandang. Pemberian pakan menyesuaikan dengan umur bakalan. Usahakan berilah pakan yang memiliki vitamin dan mineral yang tinggi.

ternak bebek petelur
Bibit Bebek

Perawatan Calon Induk Bebek

Setelah melewati tahap perawatan bibit, langkah selanjutnya yaitu perawatan calon indukan bebek petelur. Perawatan indukan yang telah  masuk masa kawin akan menggunakan sistem poligami, yaitu 1 ekor bebek pejantan dengan 6 ekor bebek betina. Dalam perawatan indukan Anda harus meningkatkan porsi konsumsi pakan bebek Anda. Kualitas telur dipengaruhi oleh pola makan dari induk bebek itu sendiri. Pada tahap ini juga Anda memilah, mana indukan yang telurnya akan ditetaskan kembali dan indukan yang telurnya langsung dijual.

Baca Analisis bisnis bebek: Analisis Bisnis Ternak Bebek Peking Dengan Jumlah 100 dan 500 Ekor…

Pemeliharaan dan Pemberian Pakan Bebek Petelur

Tahap pemeliharaan merupakan fase yang paling utama dalam proses ternak bebek petelur. Indukan bebek yang unggul tidak akan menghasilkan telur jika metode pemberian pakan dan pemeliharaannya tidak bagus, ataupun sebaliknya. Berikut cara pemeliharaan dan pemberian pakan yang baik dan benar dalam ternak bebek petelur :

  • Anda harus menjaga kebersihan kandang. Pengontrolan dapat Anda lakukan secara berkala, sehingga tahu kapan kandang harus dibersihkan atau tidak. Kandang yang kotor dan jarang dibersihkan rentan terkena serangan peyakit yang dapat membuat bebek Anda sakit hingga mengalami Disamping itu penanganan itik yang terkena penyakit membutuhkan tambahan biaya yang dapat mengurangi pendapatan Anda nantinya ketika panen.
  • Jika bebek Anda terserang penyakit ada baiknya dipisahkan terlebih dahulu agar tidak menyebar pada bebek yang lain. Disamping itu lakukan penanganan secara langsung ke dokter hewan bila diperlukan. Jangan lupa untuk mencatat waktu awal terkena penyakit sehingga perkiraan kesembuhan bebek Anda dapat diketahui.
  • Berilah pakan yang sesuai dengan umur bebek Anda. Umumnya ada tiga fase umur bebek yaitu meliputi strarter, grower, serta layar. Anda dapat memberikan pakan yang bisa dibeli pada toko peternakan ataupun pertanian. Dosis pemberian pakan disesuaikan dengan anjuran yang ada, sehingga kebutuhan pakan bebek terpenuhi dengan pas. Umur 0 hingga 2 minggu, pemberian pakan diletakkan pada wadah yang rata. Diatas 2 minggu, pemberian pakan dengan menaburkan pada lantai. Umur 3 hingga 4 minggu bebek Anda sudah akan terbiasa makan di lantai. Umur 2 bulan keatas Anda hendaknya memberikan pakan tambahan yang bisa Anda buat sendiri atau biasa disebut dengan pakan ransum. Harapannya agar kebutuhan nutrisi bebek Anda dapat terpenuhi serta bebek dapat mulai memproduksi telur. Untuk pemberian air / minum Anda dapat menempatkan pada bagian pinggir kandang. Pada bebek yang berumur 0 hingga 2 minggu diberi air dengan campuran vitamin. Selebihnya pemberian air biasa secara rutin dan teratur. Hindari kekosongan air di dalam kandang bebek Anda.

Panen dan Pasca Panen Ternak Bebek Petelur

Perlu Anda ketahui, bebek pada umumnya akan bertelur pada subuh atau dini hari. Cara pemanen pun cukup sederhana, keluarkan semua bebek dari kandang kemudian Anda bisa memanen telurnya satu per satu. Untuk wadah pemanenan telur, Anda dapat menggunakan keranjang atau ember yang berbentuk cekung. Telur bebek relatif cepat membusuk, maka hindari untuk menyimpan telur terlalu lama. Jika Anda ingin menyimpan telur lebih lama, ada baiknya diawetkan terlebih dahulu. Atau Anda bisa langsung menjualnya ke pasar.

ternak bebek petelur
Panen Telur Bebek

Untuk pasca panen,  kemungkinan besar Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam menjual hasil panen Anda. Selama ini kebutuhan telur bebek di pasar terus meningkat tanpa diimbangi peningkatan produksi telur bebek. Untuk mendapat keuntungan yang lebih Anda bisa mengolah telur bebek Anda menjadi telur asin, sehingga pemasarannya bisa langsung masuk ke warung makan ataupun pasar – pasar besar disekitar Anda.

Tips ternak bebek: 5 Tips Jitu Ternak Bebek Dari Kota Brebes…

Sumber gambar: Komunitaspeternakbebekpetelurdanpedaging

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

bisnis kelinci

Bisnis Kelinci Reza Ini Prospeknya Sangat Menjanjikan Loh

Pemenuhan kebutuhan daging tidak hanya bisa dipenuhi dari hewan ayam dan sapi saja, karena daging …

2 komentar

  1. terima Kasih Informasinya yang sangat bermanfaat semoga web ini dpt sy jadikan alternatif rujukan utk memulai usaha. Mohon kiranya pihak admin dapat meng-email artikel diatas dan semua yang berkaitan dg masalah budi daya bebek. Sekali lagi terima kasih dan salam hormat semoga Info agribisniscom selalu dpt menyajikan artikel2 yang berkualitas.

    • admin-infoagribisnis

      Terima kasih atas atensinya Pak Eddy sudah berkunjung di infoagribisnis.com baik pak, jika ingin berlangganan artikel, silahkan hubungi Admin pak di Info Kontak pak terima kasih.

Rangkuman Ternak Bebek Petelur Dengan Hasil Maksimal


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rangkuman Ternak Bebek Petelur Dengan Hasil Maksimal