Halaman Depan / Peluang Usaha / Tips Pembuatan Ransum Pakan Penggemukan Sapi Sederhana

Tips Pembuatan Ransum Pakan Penggemukan Sapi Sederhana

Hewan yang dikenal sebagai hewan ruminansia ini dahulunya diternak untuk membantu aktivitas sehari – hari manusia. Disektor pertanian sendiri sapi sering digunakan sebagai sumber tenaga untuk membajak sawah serta sebagai  transportasi masyarakat. Seiring pergeseran zaman, kini sapi dibudidayakan untuk dimanfaatkan bagian tubuhnya seperti susu, daging, kulit, hingga kotorannya. Sapi diternakkan untuk dibisniskan, khususnya pada bagian daging sapi. Untuk meningkatkan hasil daging sapi secara maksimal maka diperlukan tambahan pakan penggemukan sapi.

Artikel terkait sapi : Cara Beternak Sapi Paling Praktis dan Menguntungkan.. Baca Di sini.

Untuk menghasilkan sapi yang memiliki bobot yang berat atau maksimal tentunya ada penyesuaian pakan. Seperti pakan penggemukan sapi. Saat ini sudah banyak peternak yang memilih untuk membuat pakan penggemukan sapi sendiri dan mengurangi membeli pakan penggemukan sapi dari pabrik. Tentunya hal ini dapat menekan biaya produksi.

pakan penggemukan sapi
Pakan Sapi Untuk Penggemukan

Pembuatan ransum atau formula pakan penggemukan sapi tentunya selaras dengan kebutuhan nutrisi sapi. Diantaranya adalah protein, energi, mineral, dan vitamin. Sehingga produktifitas ternak Anda bisa maksimal. Pakan penggemukan sapi yang Anda buat dapat membantu peningkatan produksi dengan menekan biaya pakan itu sendiri. Dalam pembuatan ransum atau formula pakan penggemukan sapi harus memperhitungkan beberapa aspek penting kebutuhan sapi. Sehingga hasil produksi sapi Anda akan maksimal.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Pembuatan Ransum

Periode Pemeliharaan dan Kebutuhan Zat Makanan

Periode pemeliharaan sangat bergantung pada kebutuhan zat utamanya. Pada konsumsi bahan kering laktasi & non laktasi. Pemberian bahan kering dapat dilakukan dengan kadar 2,5% – 3% dari bobot sapi. Penyesuaian dapat disesuaikan dari segi periode laktasi, bobot badan, tinggi rendah produksi susu, kondisi tubuh, kondisi lingkungan, kualitas dan jenis pakan.

Bahan Pakan

Hal yang perlu diperhatikan untuk masalah bahan pakan diantaranya ketersediaan bahan baku, harga, dan kandungan zat bahan yang akan digunakan dalam pembuatan pakan.

Tipe Ransum yang akan dibuat

Hal ini sangat berhubungan dengan kadar komposisi serta kandungan zat makanan. Semisal pada complete ration (ransum lengkap) yang terbuat dari campuran biji – bijian  dan hijauan pada pakan penggemukan sapi.

Konsumsi Ransum

Faktor yang mempengaruhi konsumsi ransum adalah konsumsi energi, bentuk fisik, serta palatabilitas ransum. Untuk mendapatkan pakan penggemukan sapi yang baik dan berkualitas maka bahan baku atau komponen penyusun ransum harus tetap dievaluasi.  Evaluasi yang sering dilakukan adalah:

pakan penggemukan sapi
Pakan Sapi

Analisis fisik

Analisis fisik yaitu dengan melihat bentuk, aroma, warna agar tidak menyimpang dari yang telah disyaratkan.

Analisis kimia

Sudah banyak metode kimia yang sering digunakan mengukur kadar zat makanan pda bahan pakan. Tapi metode yang paling sering dipakai adalah metode analisis proksimat. Metode proksimat ini dapat memberikan gambaran terkait komposisi kimia dalam bahan diantaranya kandungan air, lemak, protein, karbohidrat, dan vitamin.

Artikel sapi terbaik : Tips Cara Ternak Sapi Dengan Metode Peranakan – Bagian I…

Percobaan daya cerna dan keseimbangan zat makanan

Percobaan ini berfungsi untuk mengukur jumlah bahan pokok pakan penggemukan sapi yang akan dikonsumsi oleh sapi. Pengukuran digunakan pada waktu tertentu yaitu pada saat ereksi feces atau kotoran sapi.

Percobaan pemberian pakan penggemukan sapi

Percobaan ini berfungsi untuk mengukur tingkat produksi yang akan dihasilkan setelah pemberian pakan penggemukan sapi diantaranya produksi susu dan pertumbuhan berat badan sapi. Kualitas pakan sangat menentukan hasil produksi dari sapi. Data hasil percobaan sangat membantu dalam pembuatan ransum pakan penggemukan sapi.

Cara Pembuatan Ransum Pakan Penggemukan Sapi Sapi

Alat dan Bahan

Peralatan

  • Mixer Horizontal
  • Mixer Vertikal
  • Timbangan
  • Karung
  • Mesin jahit
  • Sekop

Bahan

  • Pollard 61,25 kg
  • Bekatul 61,25 kg
  • Bungkil sawit 43,75 kg
  • Promix 20 kg
  • Tetes 12,5 kg
  • Mineral 1,25 kg
  • Bungkil kopra 50 kg
  • Dedak 5 kg
pakan penggemukan sapi
Bungkil Kopra

Cara Kerja

  1. Langkah pertama yaitu timbang semua bahan yang dibutuhkan, penimbangan dilakukan dengan kadar atau dosis yang telah ditentukan.
  2. Langkah kedua yaitu bekatul dengan berat 20 kg dicampurkan dengan tetes. Setelah itu diaduk dengan mixer vertikal. Tambahkan kembali bekatul dengan berat 10 Pencampuran dilakukan selama 10 menit.
  3. Langkah ketiga yaitu masukkan semua bahan kedalam mixer dan diaduk dengan adonan campuran bekatul dan tetes. Penggilingan dilakukan selama 30 menit hingga benar – benar merata.
  4. Langkah keempat masuk pada tahap packing. Caranya masukkan bahan campuran kedalam karung dan dijahit agar tidak tumpah. Packing ramsum didiamkan selama sehari penuh. Setelah itu ransum pakan penggemukan sapi siap digunakan.
pakan penggemukan sapi
Pengemasan Pakan Penggemukan

Dalam pembuatan pakan penggemukan sapi yang terpenting adalah komposisi atau dosis bahan yang digunakan harus pas. Agar kebutuhan – kebutuhan zat yang dibutuhkan sapi dapat terpenuhi dengan maksimal. Penggunaan ransum pakan penggemukan sapi dapat membantu menghemat biaya produksi Anda. Selamat mencoba. 

Artikel tentang sapi lainnya: Cara Ternak Sapi Dengan Metode Peranakan – Bagian II…

Sumber gambar : facebook hewan ternak, sipendik

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

ciri kambing etawa super

Ciri Kambing Etawa Super Bisa Anda Dapatkan Di Sini

Ciri kambing etawa super – Pada dasarnya terdapat dua jenis kambing etawa super yang biasa …

Tips Pembuatan Ransum Pakan Penggemukan Sapi Sederhana


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips Pembuatan Ransum Pakan Penggemukan Sapi Sederhana