Halaman Depan / Perikanan / Pakan Ikan Mas Ini Bisa Menekan Biaya Produksi Anda. Baca Di Sini…

Pakan Ikan Mas Ini Bisa Menekan Biaya Produksi Anda. Baca Di Sini…

Membudidayakan ikan mas kadang terkendala dengan masalah biaya pakan ikan mas atau biaya makanan ikan mas. Biasanya pakan atau makanan ikan mas yang digunakan secara umum adalah pelet. Akan tetapi dengan naiknya harga pelet membuat ongkos pakan ikan Anda akan terus membengkak.

pakan ikan mas
Aneka Pakan Ikan Mas

Kenaikan harga pelet sudah menjadi sebuah beban tersendiri bagi pelaku bisnis budidaya ikan mas. Untuk menekan pengeluaran yang besar, Anda dibuat berpikir lebih keras untuk mencari jalan keluar atau solusi terkait kenaikan harga pelet sebagai pakan utama. Anda tidak perlu khawatir. Berikut kami berikan ulasan tentang pakan ikan mas yang memiliki harga super murah bahkan gratis.

Cacing

Cacing termasuk hewan yang memiliki kandungan protein tinggi. Sangat cocok untuk hewan khususnya ikan. Dari dulu hingga sekarang  cacing adalah makanan favorit ikan mas. Untuk mendapatkan cacing pun tidak sulit Anda bisa menemukan di halaman sekitar rumah tentunya secara gratis.

Artikel terkait cacing: Budidaya Cacing Tanah Lumbricus Rubellus Untung 3X Lipat..Klik Di Sini.

Kroto

Kroto atau telur semut rangrang sangat cocok dijadikan tambahan makanan atau ekstra food yang sangat baik untuk pemenuhan kebutuhan gizi dan nutrisi ikan mas Anda. Untuk mendapatkan kroto, Anda dapat mencari pada pohon – pohon sekitar rumah Anda. Hindari untuk membeli kroto di warung – warung pakan. Karena harganya sangat mahal.

Artikel terkait kroto : Mau bisnis kroto? Baca Dulu Analisis Bisnisnya Di Sini.

Ulat Daun Pisang

Mungkin sedikit terdengar aneh dan asing, namun ulat daun pisang bisa dijadikan makanan ikan mas. Anda bisa mendapatkan ulat daun pisang di pohon pisang sekitar rumah Anda. Ulat ini biasanya dalam posisi menggulung.

Campuran Sekam Padi Dengan Kotoran Sapi

Membuat makanan ikan mas yang satu ini adalah dengan cara mencampurkan sekam padi dengan kotoran sapi. Dengan cara ini masa panen Anda bisa lebih cepat dan tentunya mendapatkan hasil yang optimal. Caranya terbilang mudah, cukup mencampurkan sekam padi dan kotoran sapi dan aduk hingga merata. Setelah itu tambahkan tetes tebu dan tepung ikan. Jangan lupa menambahkan karbon sebagai penyerap kandungan racun yang ada. Setelah teraduk rata dan berbentuk adonan, cetak adonan berbentuk bulat seperti dengan pakan pabrikan. Setelah dicetak, keringkan dibawah terik matahari langsung.

Selain pemberian makanan pelengkap ikan mas atau ekstra food untuk menekan pemberian pelet, Anda juga dapat membuat sendiri makanan untuk ternak ikan mas Anda. Tentunya dengan teknik yang sangat mudah.

Cara Membuat Makanan Ikan Mas

Bahan Pembuat Pakan Ikan Mas

Bahan pembuat pakan atau makanan ikan mas yang kami maksudkan adalah bahan nabati dan bahan hewani. Bahan nabati merupakan bahan – bahan yang didapatkan dari tanaman/tumbuhan seperti daun, dedak, atau bekatul. Sedangkan bahan hewani merupakan bahan – bahan yang tergolong organik dan berasal dari hewan seperti telur ataupun tepung ikan. Saat ini teknik pemberian pakan model ini sudah populer. Kesadaran masyarakat akan kandungan nutrisi dan protein dari bahan ini membuat banyak yang beralih melakukan teknik membuat pakan ini. Disamping itu bahan – bahan tersebut dapat Anda olah kemudian dijadikan pelet untuk makanan ikan mas Anda. 

pakan ikan mas
Membuat Pakan Ikan Mas

Pembuatan Emulsi Pakan Ikan Mas

Pembuatan emulsi merupakan bentuk pakan ikan mas yang dapat Anda buat sendiri. Untuk jenis pakan ini cocok untuk makanan ikan mas yang dibudidayakan untuk pembenihan. Karena kandungannya sangat baik bagi ikan mas yang berumur berksiar 5 – 21 hari. Bahan yang digunakan dalam pembuatan emulsi diantaranya tepung kedelai yang dicampurkan kuning telur ayam, dengan komposisi 1 : 1. Jika perlu Anda dapat menambahkan vitamin ikan dengan dosis 1%.

Cara pembuatannya cukup sederhana, yaitu :

  • Larutkan kuning telur ayam ke air mendidih 200ml.
  • Tambahkan 40 gr tepung kedelai.
  • Tambahkan 5 gr tepung sagu.
  • Tambahkan vitamin ikan 1 gr.
  • Aduk sampai berbentuk gumpulan.

Untuk pengaplikasiannya juga cukup sederhana yaitu dengan disebarkan diatas air kolam. Penyebaran dilakukan secara berkala yaitu 6 sampai 8 kali dalam sehari.

Membuat Pelet dari Tepung

Untuk membuat pelet dari tepung, bahan yang dibutuhkan terdiri dari tepung ikan, tepung kedelai, dan tepung terigu. Sebagai bahan tambahan adalah kuning telur. Cara pembuatannya adalah campurkan semua tepung di tambah vitamin ikan 1 g. Setelah itu masukkan kuning telur dan aduk hingga merata hingga membentuk adonan. Cetak adonan sesuai dengan selera anda. Pelet yang sudah jadi sebaiknya dijemur dahulu sebelum digunakan atau diberikan sebagai makanan ikan mas.

pakan ikan mas
Pengeringan Pakan Ikan

Pakan Kultur Alami

Membudidayakan plankton adalah alternatif lain untuk menyediakan pakan pada ikan mas. Jenis plankton yang dapat Anda budidayakan adalah daphnia, rotifera dan moina. Anda dapat juga membudidayakan cacing tubifek sebagai alternative pakan ikan mas Anda.

Cacing sutera bisa dijadikan pakan kultur alami ikan mas. Ingin budidaya cacing sutera? Baca: Budidaya Cacing Sutera – Si Kecil Penghasil Rupiah

Itulah beberapa pakan alternatif yang bisa Anda gunakan sebagai makanan pendamping pelet. Semoga bisa menjadikan usaha ternak ikan mas Anda semakin berhasil. Jika ada pertanyaan Anda bisa menanyakan pada kolom komentar di bawah ini.

Sumber gambar : Youtube.google,facebook,mandirikotamobagu

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

Bisnis ikan lele image

7 Hal Dasar Ini Dapat Membuat Bisnis Ikan Lele Makin Berkembang Pesat

Bisnis ikan lele merupakan salah satu usaha budidaya dibidang perikanan yang menguntungkan. Dari segi persiapanya …

Satu komentar

  1. Dari dulu saya prefer pake cacing, dan iya biaya produksinya bisa ditekan sesuai dengan artikel ini.

Pakan Ikan Mas Ini Bisa Menekan Biaya Produksi Anda. Baca Di Sini...


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pakan Ikan Mas Ini Bisa Menekan Biaya Produksi Anda. Baca Di Sini...