Halaman Depan / Peternakan / Mengatasi Kacer Mbagong – Ini 3 Cara Handal Mengatasinya

Mengatasi Kacer Mbagong – Ini 3 Cara Handal Mengatasinya

Mengatasi kacer mbagong – Para penggemar burung kicau pasti sudah sangat mengenal burung kicau jenis kacer. Kacer adalah jenis burung kicau yang menghasilkan suara sangat merdu, lantang dan mempunyai variasi suara yang lebih dibandingkan dengan burung kicau jenis lain. Selain suara kicaunya yang khas, ada gaya khas dari kacer yang menjadi primadona. Yakni gaya ngobra. Ngobra adalah gaya khas yang dipunyai kacer dan cukup popular dikalangan penggemar kicau. Namun ada salah satu sifat alami dari kacer yang justru bisa merugikan seperti mbagong atau bisa juga disebut ngebagong. Untuk mengatasi kacer mbagong para kicau mania biasanya mempunyai beberapa teknik tersendiri. Pada artikel ini kami akan membahas bagaimana cara mengatasi kacer mbagong.

cara mengatasi kacer mbagong
Kacer Mbagong

Mbagong  pada kacer mempunyai istilah lain yaitu mbalon. Burung kacer mbagong mempunyai penampilan yang kurang bagus. Suara yang dihasilkan jadi kurang merdu. Ciri lain yang bisa dilihat jika kacer mbagong adalah bulu mengembang seperti balon, mendongakkan kepala seperti kuda laut, ekor menekuk kebawah dan suara yang tidak bervariasi. Jika kondisi tersebut sudah terdapat pada kacer Anda, maka Anda harus segera mencari cara mengatasi kacer mbagong. Agar kacer kesayangan Anda kembali gacor dan maksimal.

Artikel terkait kacer: Cara Menjinakkan Kacer Dengan 3 Langkah Praktis..Baca Di Sini..

Mbagong pada kacer disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya adalah :

  • Kondisi burung yang tidak fit
  • Mandi yang tidak intesif
  • Tangkringan dan sangkar tidak sesuai
  • Pemberian extra food ( EF ) yang kurang tepat.

Tips Cara Mengatasi Kacer Mbagong

Ada beberapa tips tentang bagaimana cara mengatasi kacer mbagong, antara lain yaitu :

Memulihkan Kondisi Kacer

Mungkin kacer Anda tidak fit. Mbagong yang disebabkan kondisi tubuh tidak fit dapat Anda lihat pada kotorannya. Jika kotoran burung mengandung banyak air atau mencret maka bisa dipastikan bahwa kacer tidak dalam kondisi yang fit. Dapat disimpulan kacer Anda mengalami gangguan pencernaan. Stres adalah salah satu faktor yang bisa mengganggu fungsi pencernaan dari kacer. Stres terjadi dikarenakan kondisi sangkar yang kotor sehingga kacer menjadi kurang nyaman. Sangkar yang kotor juga bisa menjadi sarang bakteri yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Oleh sebab itu kebersihan kandang harus diperhatikan. Kacer yang terkena penyakit cacing juga bisa menyebabkan mbagong. Cara mengatasi kacer mbagong karena cacing adalah dengan segera memberikan obat cacing untuk menanggulanginya.

Pemberian pakan yang berubah – ubah sangat sensitif terhadap pencernaan kacer. Khususnya pada pemberian pakan voer. Seringnya merubah merek pakan voer akan mengganggu pencernaan kacer dan rentan mengalami mbagong. Oleh sebab itu cara mengatasi kacer mbagong adalah dengan memberikan voer dengan satu merk secara konsisten.

Mandikan Kacer Secara Intesif

Kacer yang jarang atau tidak pernah dimandikan secara intensif dapat mengakibatkan mbagong. Mandi secara intensif maksudnya adalah mandi yang dilakukan secara teratur dan tepat waktu. Mandi bisa membuat kacer Anda merasa lebih nyaman karena tubuhnya bersih dan segar. Lakukan mandi pada kacer secara teratur dan tepat waktu agar terhindar dari mbagong.

Ingin ternak kacer? Baca: 6 Tips Cara Beternak Kacer…

Untuk mengetahui waktu mandi ideal pada kacer Anda adalah dengan memasukkan cepuk mandi kacer. Jika kacer nyemplung sendiri sekitar pukul 07.00 berarti waktu mandi idelanya adalah sekitar jam 07.00. Maka Anda akan mengetahui kapan waktu mandi yang diinginkan oleh burung kacer. Lakukan hal ini juga pada sore atau malam hari untuk mengetahui waktu mandi sorenya.

cara mengatasi kacer mbagong
Kacer Mandi Sendiri

Anda juga bisa memasukkan kacer kedalam keramba mandi. Memasukkan kacer ke keramba mandi agar membuatnya lebih nyaman saat mandi dengan waktu yang diinginkannya dan tanpa memaksakan kacer untuk mandi. Jika jadwal mandi kacer sudah berjalan dengan baik maka niscaya kacer tidak akan rentan terkena masalah mbagong. Maka dapat disimpulkan bahwa mandi secara teratur dan tepat waktu dapat mengatasi kacer mbagong.

Sesuaikan Tangkringan dan Sangkar

Pola tangkringan serta sangkar berpengaruh terhadap kacer mbagong. Jika Anda tiba – tiba mengganti tangkringan kacer, maka kemungkinan bisa terjadi mbagong. Itu dikarenakan kacer merasa kehilangan rasa nyaman yang telah didapatkan pada sangkar lamanya. Untuk mengatasi kacer mbagong karena sangkar dan pola tangkringan maka Anda bisa menanganinya dengan cara mengembalikan sangkar dan penempatan tangkringan kacer seperti sedia kala. Seperti suasana yang biasa sudah ditempati oleh kacer untuk bertengger. Sehingga diharapkan dengan mendapatkan suasana yang disukai  oleh kacer maka bisa mengatasi kacer mbagong.

Pengaturan Pemberian Pakan Ekstra Food

Jangan Anda sepelekan soal pemberian ekstra food ini. Karena pemberian ekstra food bisa menyebabkan kacer mbagong. Pemberian ekstra food secara berlebihan bisa mengakibatkan kacer mbagong. Jika biasanya Anda memberikan ekstra food jangkrik sebanyak 4 – 5 ekor pada pagi dan sore hari, maka cobalah Anda mengurangi menjadi 3 ekor pada pagi hari dan sore hari. Penurunan porsi jangkrik ini diharapkan dapat menghilangkan mbagong pada kacer karena kelebihan ekstra food. Lakukan pengurangan porsi ini selama 5 hari.

cara mengatasi kacer mbagong
Jangkrik, Eksra Food Kacer

Setelah 5 hari Anda bisa menambahkan porsi jangkrik menjadi  4 ekor pada pagi dan sore hari. Menginjak 10 hari Anda bisa menambahkan porsi ekstra food jangkrik menjadi 5 ekor pada pagi dan sore hari. Setelah 14 harian kacer bisa dicoba untuk digantang ( dilombakan, diadu dengan kacer lain ). Jika saat dilombakan kacer masih mbagong maka porsi ekstra food jangkrik tetap diberikan sebanyak 5 buah pada pagi dan sore hari. Berikan secara konsisten. Untuk melengkapi gizi kacer dan untuk variasi pemberian pakan ekstra food  maka Anda bisa memberikan  2 – 3 ekor ulat bambu setiap harinya. Para pakar kacer meyakini bahwa pemberian ulat bambu adalah cara mengatasi kacer mbagong paling ampuh.

Dapatkan Ebook kacer: Cara Beternak Kacer dan Pemasteran Burung Jawara. Dapatkan Dengan Harga Spesial. Pesan Di Sini…

Dari artikel di atas maka cara mengatasi kacer mbagong sangatlah sederhana. Akan tetapi Anda diharuskan untuk telaten dan sabar. Jangan paksakan kacer untuk bisa segera gacor lagi. Karena perawatan yang asal – asalan akan menyebabkan kacer Anda menjadi stress dan bisa mengalami kematian.

Sumber gambar: sannymuhammad,elangdjawa,youtbe,google,fb

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tempat minum ayam

Inilah Tips Manajemen Pemilihan Tempat Minum Ayam

Air adalah unsur yang sangat dibutuhkan dalam pengembangan usaha peternakan bisnis ayam. Jika Anda benar …

Mengatasi Kacer Mbagong - Ini 3 Cara Handal Mengatasinya !!!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mengatasi Kacer Mbagong - Ini 3 Cara Handal Mengatasinya !!!