Halaman Depan / Perkebunan / Sssttt..Ini Lho Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sssttt..Ini Lho Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat daun mint sudah dirasakan selama berabad – abad untuk mengobati berbagai penyakit. Tanaman herbal ini sangat popular dan paling diminati di seluruh dunia. Asal usul tanaman mint berasal dari Eropa dan Mediterania. Sejak jaman dahulu orang – orang sudah menggunakan daun mint untuk pengobatan herbal. Daun mint pada saat itu sering digunakan untuk penyembuhan insomnia, sakit kepala, nyeri ulu hati, dan gangguan pencernaan.

manfaat daun mint
Daun Mint

Daun mint juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan tambahan pada masakan. Hal ini dikarenakan daun mint mempunyai rasa yang manis dan sensasi rasa yang dingin serta menyegarkan. Selain itu manfaat daun mint adalah dapat dijadikan bahan untuk perawatan tubuh. Mulai dari shampoo, pasta gigi ataupun perawatan tubuh lainnya.

Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan

Manfaat daun mint untuk kesehatan sangat banyak. Salah satunya adalah mampu mengobati dan mengatasi gangguan pernafasan. Kandungan mentol daun mint sangatlah ampuh untuk meringankan pernafasan. Misalnya hidung tersumbat saat Anda mengalami flu. Manfaat daun mint lainnya adalah dapat berguna bagi Anda yang menderita asma. Daun mint bisa melonggarkan kontraksi dari bronkus sehingga mampu membantu melancarkan pernafasan yang tersumbat.

Berikut adalah manfaat daun mint untuk kesehatan

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan kadang disebabkan karena kekurangan serat dalam tubuh. Untuk menanggulanginya, Anda bisa mengkonsumsi daun mint. Konsumsi secara langsung daun mint mampu mengatasi masalah pencernaan Anda. Efek anastesia yang di hasilkan oleh daun mint mampu meringankan rasa saikit seperti kram pada perut. Senyawa dalam daun mint mampu mencegah pembentukan gas di dalam perut.

Manfaat untuk pencernaan baca juga: Manfaat Buah Kolang Kaling Kaya Akan Serat, Baik Untuk Pencernaan…

Mengatasi Gangguan Mulut dan Bau Mulut

Manfaat daun mint selanjutnya adalah mampu mengatasi gangguan pada mulut dan bau pada mulut Anda. Bau mulut yang terjadi bisa disebabkan karena menempelnya sisa – sisa makanan pada rongga gigi dan mulut. Sehingga bakteri berkembang biak dan menyebabkan bau mulut. Cara mengatasinya adalah konsumsilah daun mint yang segar atau daun mint yang kering. Bisa juga dengan menambahkan daun mint pada minuman teh Anda.  Aroma dan rasa daun mint bisa menyegarkan mulut Anda. Sehingga Anda terhindar dari bau mulut yang mengganggu.

manfaat daun mint
Olahan Daun Mint Berbentuk Teh

Mencegah Penyakit Kanker

Kanker adalah penyakit yang sangat berbahaya dan paling ditakuti oleh masyarakat Indonesia. Daun mint mengandung vitamin C dan mengandung antioksidan. Kandungan tersebut mampu menangkal radikal bebas. Salah satunya adalah kanker.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat daun mint lainnya adalah mampu menjaga kondisi kesehatan mata. Karena daun mint mengandung vitamin A dan beta karoten yang mampu menjaga kesehatan mata Anda.

Manfaat Daun Mint Untuk Kecantikan

Bagi wanita manfaat daun mint sangat banyak sekali. Ada beberapa manfaat daun mint untuk kecantikan, antara lain adalah :

Sebagai Anti Inflamasi

Gigitan serangga mampu meninggalkan bekas pada kulit Anda. Seperti noda kemerahan dan gatal – gatal. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa menggosokkan daun mint ke kulit. Sehingga Anda bisa terhindar dari iritasi dan rasa gatal. Sekaligus melembutkan kulit Anda.

Mampu Menghilangkan Kutu Rambut

Kutu rambut merupakan “ Musuh Besar “ bagi Anda para wanita modern. Rasanya akan sangat memalukan jika Anda terserang kutu rambut. Kutu rambut juga bisa merusak kulit kepala dan menimbulkan bau. Cara praktis yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan minyak mint. Oleskanlah minyak mint kerambut Anda secara merata. Sembari Anda memijat kulit kepala. Lakukan perawatan ini secara rutin selama 3 – 4 hari. Jika dilakukan secara teratur niscaya kutu yang bersarang pada rambut Anda akan hilang.

Menghilangkan Bekas Jerawat

Bekas jerawat pada wajah akan membuat wanita menjadi rendah diri. Manfaat daun mint adalah menghilangkan bekas jerawat pada wajah Anda serta mengembalikan kecerahan pada kulit wajah. Caranya adalah dengan mencampurkan oat dan jus dari bahan daun mint. Kemudian oleskan pada wajah sebagai masker. Jika dilakukan dengan rutin maka dapat menyamarkan bekas jerawat pada waja Anda dan menghilangkan sel – sel kulit mati yang bisa menyumbat pori – pori wajah.

Solusi untuk menghilangkan jerawat, baca: Manfaat Buah Pare, Rasa Pahit Dengan Manfaat Yang Manis…

Menghilangkan Komedo

Komedo pada wajah sangat mengganggu penampilan Anda. Untuk mengatasinya maka gunakanlah daun mint untuk menghilangkan komedo Anda. Caranya sangat mudah, haluskanlah daun mint kemudian letakkan pada bagian wajah yang berkomedo. Diamkanlah sekitar 15 menit kemudian bilas sampai bersih wajah Anda.

Mengobati Jerawat

Jerawat adalah hal yang sangat dihindari para wanita. Jika jerawat sudah muncul biasanya Anda akan panik dan bingung. Sehingga Anda sering menghabiskan beberapa macam obat untuk menghilangkan jerawat. Salah satu manfaat daun mint adalah mampu menghilangkan jerawat dan menjadikan muka Anda cerah alami. Caranya adalah dengan mencapur jus daun mint dengan air mawar. Gunakan sebagai masker dan oleskan ke wajah Anda. Diamkan selama kurang lebih 20 – 30 menit. Setelah itu bilas sampai bersih. Gunakan secara teratur untuk hasil yang maksimal.

manfaat daun mint
Olahan Daun Mint Dalam Bentuk Masker

Nah itulah beberapa manfaat daun mint yang bisa Anda dapatkan. Selain tidak memiliki efek samping, daun mint juga merupakan bahan kosmetik yang alami dan sangat murah meriah.

 

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara menanam melon di polybag

7 Langkah Cara Menanam Melon Di Polybag Baca Di Sini

Cara menanam melon di polybag – Melon adalah tanaman yang sangat mudah untuk dibudidayakan. Bahkan …

Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan dan Kecantikan