Halaman Depan / Pertanian / Segudang Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan Anda

Segudang Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan Anda

Manfaat beras merah bagi kesehatan ternyata sangat banyak. Dengan mengkonsumsi beras merah ada banyak manfaat yang dapat Anda rasakan. Salah satunya adalah adanya peningkatan perkembangan otak serta menekan kolestrol dan tekanan darah. Seperti halnya pada kulit ari yang ternyata kebanyakan berasal dari lemak esensial yang sangat baik untuk tumbuh kembang otak anak.

Dengan manfaat yang segudang tersebut, tentunya harga beras merah jauh lebih mahal dari beras pada umumnya atau beras putih. Hal ini pun pernah menjadi sebuah penelitian dari Experimental Biology Annual Conference di Anaheim, dari penelitian tersebut menyatakan dengan beras merah dapat menurunkan tekanan darah tinggi serta resiko serangan jantung.

Ingin menanam padi dengan untung besar?: Baca Dulu Sukses Dengan 14 Langkah Aplikasi Sistem Mina Padi…

Saat ini beras merah sudah digandrungi masyarakat, mulai dari remaja hingga orang dewasa. Orang dewasa biasanya mengkonsumsi beras merah bertujuan untuk program diet atau menjaga tubuh agar tetap proporsional. Kebanyakan orang dewasa mengkonsumsi beras merah untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan protein di dalam tubuh.

manfaat beras merah
Lahan Budidaya Beras Merah

Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan

  • Menurunkan kolestrol

Beras merah memiliki beberapa bagian yang mampu menurunkan kolestrol. Seperti dedak serta minyak dedak. Sistem kerja ragi yaitu dengan menekan produksi kolestrol di dalam organ hati serta mencegah terjadinya penebalan plak di dalam pembuluh darah. Sehingga Anda terhindar dari sumbatan pembuluh. Untuk dedak sendiri berfungsi untuk menekan pertumbuhan kolestrol jahat di dalam tubuh. Sedangkan minyak dedak sendiri akan menekan resiko terjadinya penyakit jantung. Konsumsilah beras merah minimal seminggu sekali  agar Anda bisa mendapatkan manfaatnya.

  • Mengurangi resiko terjadinya obesitas

Dengan mengonsumsi beras merah akan memberikan tambahan energi lebih kepada Anda. Anda dapat merasa lebih kenyang dalam rentan waktu yang cukup lama dengan sekali konsumsi. Sehingga rasa lapar akan berkurang secara signifikan. Hal tersebut secara tidak langsung membuat Anda terhindar dari resiko kegemukan. Disamping itu dengan mengkonsumsi beras merah secara rutin akan membuat penceraan Anda lebih baik.

  • Menurunkan kadar gula darah yang tinggi

Mengonsumsi beras merah secara rutin juga membantu Anda dalam menekan peningkatan gula darah dalam tubuh. Beras merah sangat disarankan bagi orang yang menderita diabetes. Selain itu beras merah dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Jika Anda membandingkan dengan beras putih maka beras merah adalah pilihan terbaik bagi Anda yang menderita diabetes.

  • Kaya antioksidan

Antosianin adalah pigmen yang berwarna merah yang terdapat pada tegmen dan pericarp beras merah. Antosianin pada beras merah merupakan senyawa fenolik yang dikategorikan dalam kelompok flavonoid dengan fungsinya sebagai antioksidan. Peran antioksidan bagi kesehatan yaitu mencegah stroke, kanker usus, hepatitis (penyakit hati), mencegah penuaan otak, dan diabetes. Selain itu beras ini kaya akan anti oksidan yang sangat bermanfaat bagi kulit Anda. Dengan mengkonsumsi beras merah akan membuat kulit Anda tetap kencang. Terlihat lebih awet muda dan menjaga kesehatan kulit dari sengatan terik matahari langsung.

Panduan menanam padi : Panduan Praktis Cara Menanam Padi Organik. Baca Di Sini…

  • Kaya akan vitamin B

Dalam dunia kesehatan vitamin B merupakan sumber pembentukan energi bagi kesehatan tubuh Anda. Pembentukan energi dilakukan di sel dan dibantu oleh kecukupan vitamin B. Perlu Anda ketahui bahwa satu porsi beras merah setara dengan 23% vitamin B6. Mengkonsumsi beras merah bisa membantu pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Pemberian beras merah pada bayi mampu mencegah penyakit beri – beri. Itu karena beras merah mengandung tiamin ( termasuk vitamin B1 ) yang bisa mencegah penyakit beri – beri. Untuk anak di atas 6 bulan pemberian beras merah sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan zat besinya.

manfaat beras merah
Bubur Dari Beras Merah
  • Kaya Serat

Manfaat serat beras merah untuk kesehatan yaitu untuk menekan kadar gula didalam karbohidrat. Selain itu serat juga berfungsi menggangu penyerapan lemak yang masuk bersamaan dengan makanan yang Anda konsumsi. Beras merah yang kaya akan serat sangat membantu bagi orang yang terkena sembelit.

  • Membantu Penderita asma

Manfaat beras merah dapat membantu bagi penderita asma. Kandungan magnesium pada beras merah dapat menekan atau menurunkan keakutan asma Anda. Satu porsi nasi merah memiliki 21% kadar magnesium. Kadar magnesium tersebut yang mampu memenuhi kebutuhan energi Anda setiap hari. Maka konsumsilah beras merah secara rutin agar stamina tubuh anda tetap fit dan menekan keakutan asma.

 

manfaat beras merah
Tabel Perbandingan Kandungan Beras Merah dan Beras Putih

Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi beras merah. Jika Anda saat ini masih sering mengkonsumsi beras putih sebagai makanan pokok, cobalah untuk mulai mengkombinasikannya dengan mengkonsumsi beras merah. Walaupun mungkin rasa beras merah tidak seenak beras putih, tetapi bisa kami pastikan bahwa manfaat kesehatan yang Anda peroleh akan lebih besar jika mengkonsumsi beras merah secara teratur.

Menanam padi di lahan rawa : Inovasi Teknik Budidaya Padi Apung Di Lahan Rawa…

Sumber gambar : Qraved, google
Sumber artikel : Syamsul R/Humas Bkp

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

buah untuk menurunkan darah tinggi

10 Macam Buah Untuk Menurunkan Darah Tinggi Yang Jarang Diketahui

Buah untuk menurunkan darah tinggi– Buah merupakan sumber vitamin dan gizi yang baik bagi tubuh …

Satu komentar

  1. walaupun awalnya kurang suka karena rasanya tak seenak nasi putih, namun lama kelamaan itu bukan masalah yang besar. karena manfaat dari beras merah sendiri benar benar terasa di tubuh kita.

Segudang Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan Anda


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Segudang Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan Anda